Rachel Vennya ketika berlibur di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto: Instagram @rachelvennya

Rachel Vennya seolah tak henti-hentinya menyita perhatian publik. Terbaru, ia menjadi sorotan lantaran dikabarkan menyalahi ketentuan karantina usai pulang dari luar negeri.

Selebgram berusia 26 tahun itu disebut-sebut sempat berusaha kabur saat berada di bandara sepulang dari Amerika Serikat pada September lalu. Salah seorang netizen menguaknya melalui kicauan di Twitter. Netizen tersebut mengaku menginput data Rachel Vennya di Wisma Atlet Pademangan.

"Disuruh karantina di hotel, eh keburu ketahuan sama petugas. Jadinya bilang, 'Kita memang mau karantina di Wisma Atlet kok,' wkakakkwka. Eh selang berapa 3 hari gataunya sudah keluar dan bikin story lagi ngerayain ulang tahun di rumahnya, ada Keanu dll, apa itu karantina di hotel," kicau netizen itu.

Rachel Vennya. Foto: Instagram/@rachelvennya

Ya, setiba di Indonesia, seharusnya Rachel Vennya melakukan karantina mandiri di hotel. Namun, masih menurut netizen tadi, ia beralasan hendak karantina di Wisma Atlet Pademangan. Kemudian, dirinya juga disebut hanya menjalani karantina selama tiga hari, alih-alih delapan hari sesuai ketentuan.

Keputusan Rachel Vennya untuk menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan nyatanya menyalahi ketentuan. Demikian pula jika benar ia tak menjalani karantina selama delapan hari. Hal itu menjadi perhatian Kodam Jaya selaku Kogasgabpad COVID-19.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS selaku Pangkogasgabpad COVID-19, melalui siaran pers, menyebutkan pihak-pihak yang berhak menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan. Rachel Vennya tak termasuk di dalamnya.

"Keputusan Kasatgas COVID-19 No.12/2021 tanggal 15 September 2021 menyatakan bahwa yang berhak mendapat fasilitas repatriasi karantina di RSDC Wisma Pademangan adalah 1) Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia dan menetap minimal 14 hari di Indonesia, 2) Pelajar/mahasiswa Indonesia setelah mengikuti pendidikan atau melaksanakan tugas belajar dari luar negeri, dan 3) Pegawai Pemerintah RI yang kembali ke Indonesia setelah melaksanakan perjalanan dinas dari luar negeri," tutur Kolonel Arh Herwin BS.

Rachel Vennya. Foto: IG @rachelvennya

"Pada kasus selebgram Rachel Vennya menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak berhak mendapat fasilitas tersebut. Pada saat pendalaman kasus, ditemukan adanya dugaan tindakan non prosedural oleh oknum anggota Pengamanan Bandara Soetta (TNI) berinisial An. FS, yang telah mengatur agar selebgram Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri," lanjutnya.

Seperti telah disinggung, Rachel Vennya seharusnya menjalani karantina di hotel karantina terpusat yang telah ditentukan Satgas COVID-19. Tentunya dengan biaya mandiri. Sementara itu, biaya karantina di Wisma Atlet Pademangan ditanggung pemerintah.

Rachel Vennya Dikenal sebagai Selebgram Tajir

Rachel Vennya rasa-rasanya sangat sanggup jika harus menjalani karantina di hotel karantina terpusat dengan biaya mandiri. Sebab, ia dikenal sebagai selebgram tajir.

Salah satu bukti betapa kaya rayanya Rachel Vennya adalah ketika ia salah transfer saat membeli donat pada 2017 lalu. Saat itu, ibu dua anak tersebut seharusnya membayar Rp 64 ribu. Namun, ia mentransfer Rp 64 juta dan tidak menyadarinya sebelum si penjual memberi tahu.

Rachel Vennya. Foto: Instagram/@rachelvennya

"Pengin beli donat 64.000 rupiah, 0-nya kelebihan 3. Masih ada orang baik yang ngasih tahuin duluan, padahal akunya belum sadar, masha Allah baik banget. Semoga rezeki mbaknya ngalir terus ya Allah aamiin," tulis Rachel Vennya pada kolom caption unggahan Instagram kala itu.

Pada 2020, Rachel Vennya juga pernah diam-diam mentransfer puluhan juta ke rekening milik sahabatnya, Vicky Alaydrus. Hal tersebut dilakukannya tanpa alasan tertentu.

Rachel Vennya Ditagih Klarifikasi

Lantas, mengapa Rachel Vennya memilih karantina gratisan di Wisma Atlet Pademangan, alih-alih di hotel karantina terpusat sesuai dengan ketentuan? Benarkah ia sempat berusaha kabur dari kewajiban karantina saat baru tiba di Indonesia? Bagaimana dengan dirinya yang disebut hanya menjalani karantina selama tiga hari?

Jawaban Rachel Vennya telah amat dinanti oleh banyak netizen. Mereka ramai menagih klarifikasi melalui kolom komentar unggahan Instagram mantan istri Niko Al Hakim alias Okin tersebut.

"Buna bansos langsung klarifikasi sama yang soal temen-temen circle-nya juga langsung klarifikasi, kok soal karantina belum ada klarifikasi? Jangan-jangan bener ya? Kamu nakal ih," tulis salah seorang netizen.