SIAPGRAK.COM – Sempat dilepas beberapa waktu lalu usai berakhirnya Liga 1 2021/2022, PSS Sleman akhirnya merekrut kembali bek kiri Syaiful Ramadhan.

Wakil Daerah Istimewa Yogyakarta di Liga 1 2021/2022, PSS Sleman, menutup musim tersebut dengan finis di posisi 13 klasemen akhir.

Hasil itu membuat manajemen klub tak puas, sehingga perombakan besar-besaran pun dilakukan menyambut musim 2022/2023.

Di kursi kepelatihan, Super Elang Jawa mendepak I Putu Gede Swisantoso dan memulangkan mantan pelatih mereka, Seto Nurdiyantoro.

Sementara itu di sektor pemain, tim yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo itu melakukan cuci gudang besaran-besaran.

Tercatat ada sedikitnya 20 pemain musim lalu yang akhirnya dilepas, dalam 3 gelombang kepergian yang berbeda.

Di gelombang pertama pada 19 April, PSS Sleman melepas 9 pemain. Kemudian pada 28 April dan 4 Mei, Super Elang Jawa kembali melepas 7 dan 4 pemain.

Sebagai gantinya, sejumlah nama baru pun didatangkan, di antaranya Todd Rivaldo Ferre, Dedy Gusmawan, Try Hamdani Goentara, dan terbaru Miftahul Hamdi.

Meski demikian, langkah unik kini diambil oleh PSS Sleman dalam menambah kekuatan mereka menjelang Liga 1 2022/2023.

Pasalnya, mereka memutuskan untuk merekrut lagi satu pemain yang sejatinya baru saja dilepas. Sosok tersebut adalah bek kiri Syaiful Ramadhan.

1. Baru Dilepas Sebulan yang Lalu

Logo PSS Sleman.

Kepastian perekrutan kembali Syaiful Ramadhan ini diumumkan oleh PSS Sleman melalui akun Instagram resmi mereka, Rabu (18/05/22).

Dalam unggahannya, PSS Sleman menampilkan video lawas ketika Syaiful diumumkan dilepas, yang kemudian video tersebut digeser dan digantikan video selamat datang kembali.

View this post on Instagram

A post shared by PSS Sleman (@pssleman)

Dalam captionnya pun PSS Sleman menuliskan “pergi untuk kembali” dilengkap dengan emoticon berupa burung elang yang merupakan maskot tim.

Seperti diketahui, Syaiful Ramadhan sebelumnya termasuk dalam jajaran 11 pemain yang dilepas di gelombang pertama pada 19 April lalu bersama 8 pemain lainnya seperti Miswar Saputra.

Respons positif pun ditunjukkan oleh mantan kapten PSMS Medan itu terkait dengan kembalinya dirinya ke Maguwoharjo.

“Alhamdulillah bisa bergabung kembali ke PSS Sleman di musim ini. Kemarin bergabung ketika memasuki putaran kedua. Pastinya ada rasa senang bisa dipercaya lagi bisa membela tim kebanggaan warga Sleman,” tuturnya seperti dilansir laman resmi klub.

“Kenapa saya pilih PSS karena kita semua tahu di PSS ini suporternya luar biasa dalam memberikan dukungan dan fanatisme terhadap tim kebanggaannya. Itulah yang menjadi alasan saya bergabung disini,” sambungnya.

Faktor keluarga dan restu dari istri menjadi salah satu pertimbangan utama sang bek kiri dalam menerima kepercayaan manajemen PSS untuk kembali mengenakan jersi lambang candi di dada.

“Saya pun memilih tim dengan banyak pertimbangan. Saya berkomunikasi dengan istri, selain itu ada tim yang sudah siap bekerja sama dengan, saya pun tunda demi PSS Sleman. Mudah-mudahan saya bisa lebih baik lagi di Sleman ini,” urainya.

“Target pribadi tentu saja bermain lebih baik lagi untuk tim ini dibandingkan musim kemarin. Untuk tim, mudah-mudahan saya bisa mengangkat tim PSS lebih baik lagi, yakni menaikan tingkat klasemen yang lebih tinggi dari sebelumnya,” pungkas Syaiful Ramadhan.

2. Usai Todd Rivaldo Ferre, PSS Sleman Boyong Satu Lagi Pemain Berlabel Timnas Indonesia

Miftahul Hamdi saat masih membela Persiraja.

PSS Sleman menjadi tim yang aktif di bursa transfer menyambut Liga 1 2022/2023. Tak hanya memboyong pelatih baru dalam diri Seto Nurdiyantoro, tim berjuluk Super Elja alias Super Elang Jawa itu juga mendatangkan sejumlah pemain baru.

Salah satu yang menjadi perbincangan adalah kedatangan Todd Rivaldo Ferre. Gelandang serang muda itu didatangkan dari klub Persipura Jayapura, yang terdegradasi ke Liga 2.

Pada November lalu, Todd Rivaldo Ferre sempat terkena larangan bermain 1 tahun karena bertingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan di laga Persipura Jayapura melawan Bali United.

Namun, manajemen PSS Sleman menyebut bahwa komite banding PSSI sudah menerima banding yang diajukan Persipura Jayapura dan hukuman itu akan berakhir pada bulan ini.

Usai Todd Rivaldo Ferre, PSS pun bergerak cepat dengan kembali mendatangkan pemain berlabel timnas. Namun, alih-alih timnas kelompok umur seperti Todd Ferre, pemain yang dimaksud merupakan pemilik caps di timnas senior.
Baca selengkapnya: Usai Todd Rivaldo Ferre, PSS Sleman Boyong Satu Lagi Pemain Berlabel Timnas Indonesia