foto: .ixbt.com & indiatimes.com
Pria ini ogah pasrah. Dia punya cara untuk mendapatkan haknya yang sebenarnya, iPhone 12.

SIAPGRAK.COM - Meski dianggap mudah, belanja online memiliki tantangan dan memberi rasa khawatir tersendiri bagi pembeli. Pasalnya jika tidak teliti dan hati-hati, bisa saja seseorang jadi korban penipuan. Seperti yang dialami seorang pria asal India ini.

Dilansir SIAPGRAK.COM dari indiatimes.com, Selasa (19/10), pria bernama Simranpal Singh begitu girang karena sudah membeli iPhone 12 di platform belanja online. Ketika barang pesanannya tiba, dia pun tidak sabar untuk membuka paket tersebut.

Namun tahukah kamu, bukan iPhone 12 yang datang, melainkan dua bungkus sabun yang dibungkus dengan karton. Bisa dibayangkan betapa kecewanya Simranpal Singh tersebut.

foto: indiatimes.com

Meski begitu, Simranpal bisa dikatakan penikmat belanja online yang cerdas. Dia menggunakan metode pengiriman dengan 'Opsi Kotak Terbuka', pembeli dapat membuka paket terlebih dahulu saat sedang dikirim dan jika barangnya baik-baik saja, pembeli harus memberikan nomor OTP kepada agen pengirim barang.

Dalam kasus ini, Simranpal Singh pun dengan cepat menandai pengiriman parcel 'tidak berhasil' dan segera menghubungi layanan pelanggan. Paket tersebut diduga masih ditandai sebagai 'out for delivery'.

Setelah beberapa hari mengajukan komplain dan merasa sudah tertipu, Simranpal akhirnya mendapatkan kembali uangnya sebesar Rs 53.000 atau sekitar Rp 9,9 juta.

Kejadian ini menjadi pelajaran untuk setiap pembeli lewat platform online. Simranpal pun meminta agar semua pembeli di platform belanja untuk memilih 'Pengiriman Kotak Terbuka' sebagai tindakan pencegahan terhadap upaya penipuan oleh penjual atau agen pengiriman.