Jurusan yang akan banyak diincar perusahaan - Teknik Informatika (Foto: nd3000/Elements Envato)
Jurusan yang akan banyak diincar perusahaan - Teknik Informatika (Foto: nd3000/Elements Envato)

JAKARTA, SIAPGRAK.COM - Apa saja jurusan yang akan banyak diincar perusahaan? Bagaimana prospek lulusan jurusan tersebut?

Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan di perguruan tinggi, calon mahasiswa biasanya akan mempertimbangkan prospek kerjanya terlebih dahulu. Alasannya tentu agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan setelah menyelesaikan studi.

Adapun 5 jurusan yang lulusannya banyak diincar perusahaan adalah sebagai berikut.

Jurusan yang akan banyak diincar perusahaan

1.Teknik Informatika

Era industri 4.0 membuat berbagai bisnis melebur dengan teknologi digital dan internet. Semua data saat ini bahkan telah didigitalisasi sehingga posisi lulusan jurusan teknik informatika begitu krusial dalam menyokong keberhasilan bisnis tersebut.

Dengan demikian, lulusan jurusan teknik informatika akan sangat dibutuhkan di masa kini.

Selain itu, peluang lulusan jurusan teknik informatika untuk mendirikan startup digital, bekerja sebagai konsultan IT, atau pendiri software house juga lebih banyak.

2.Sistem Informasi

Berbeda dengan teknik informatika, Sistem Informasi mempelajari tak hanya tentang aspek teknis, tetapi juga ilmu mengenai manajemen dan bisnis.

Jurusan sistem informasi ini dianggap sangat aplikatif sehingga bisa memudahkan lulusannya untuk beradaptasi di lingkungan kerja. Lulusan jurusan sistem informasi akan menjadi jembatan antara programmer dan user dalam membangun sebuah sistem.

Maka dari itu, peluang lulusan jurusan sistem informasi menjadi lebih banyak untuk diterima di perusahaan saat ini.
Tak hanya perusahaan swasta, institusi pemerintah juga begitu membutuhkan lulusan jurusan ini.

3.Manajemen Bisnis

Mahasiswa manajemen bisnis mempelajari pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur-prosedur dalam bisnis, wirausaha, pembukuan, marketing, perekrutan sumber daya, hingga kepemimpinan. Maka tak heran jika lulusan jurusan manajemen bisnis begitu diincar perusahaan.

Biasanya, lulusan jurusan manajemen bisnis dapat bekerja sebagai direktur operasional, pengembang bisnis, manajer pemasaran, hingga konsultan manajemen bisnis di perusahaan-perusahaan swasta maupun milik negara.

Jika ingin independen, lulusan jurusan manajemen bisnis bisa menjadi pebisnis. Mereka diyakini dapat menjalankan berbagai ide dan rencana bisnis yang strategis.

4.Teknik Industri

Mahasiswa jurusan teknik industri mempelajari proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan. Selain itu, mahasiswa teknik industri juga diajarkan ilmu dasar dalam mengelola data besar.

Menariknya, manajemen bisnis juga dipelajari dalam jurusan teknik industri. Dengan demikian, lulusan jurusan tersebut dapat bekerja di berbagai sektor, diantaranya adalah ritel, manufaktur, teknologi, produsen alat-alat kesehatan, hingga pertanian.

5.Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Mengingat kampus-kampus di Indonesia masih sangat sedikit yang memiliki jurusan ini, maka lulusan teknik perminyakan dan pertambangan menjadi lulusan yang cukup ‘eksklusif’. Tak heran jika lulusannya biasanya menjadi incaran perusahaan-perusahaan migas.

Mahasiswa lulusan teknik perminyakan dan pertambangan mempelajari seluk beluk lapangan minyak, dari reservoir, produksi, pengeboran, hingga manajemennya.

Gaji dari lulusan jurusan ini yang bekerja di perusahaan migas tentu sudah tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena berprospek cerah, 5 jurusan yang akan banyak diincar perusahaan tersebut tentu saja memiliki daya saing yang sangat tinggi. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan strategi tertentu untuk dapat masuk ke salah satu dari 5 jurusan tersebut.