Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Gerak Tutup TPL melakukan aksi di depan Kementerian Koordiator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Rabu, 24 November 2021. Aksi tersebut menyampaikan tuntutan agar Kemenko Kemaritiman dan Investasi mencabut izin konsesi PT Toba Pulp Lestari (PT TPL) dari wilayah adat serta menghentikan kriminalisasi kepada masyarakat adat Tano Batak. TEMPO/Muhammad Hidayat
Berita terpopuler bisnis kemarin dimulai dari tuntutan masyarakat adat Tano Batak ke Menteri Luhut Pandjaitan untuk menutup PT Toba Pulp Lestari.

SIAPGRAK.COM, Jakarta - Berita terpopuler ekonom dan bisnis sepanjang Rabu, 24 November 2021 dimulai dari tuntutan masyarakat adat Tano Batak ke Menteri Luhut Pandjaitan untuk menutup PT Toba Pulp Lestari.

Berikutnya ada berita tentang aturan lengkap PPKM Level 3 dan Pemkot Bogor yang menerima hibah aset sitaan BLBI. Lalu ada berita Ahok yang menolak rencana akuisisi perusahaan mobil listrik Jerman dan Luhut menegaskan kerja sama tak hanya dilakukan dengan Cina.

Kelima berita tersebut terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan dari lima berita trending tersebut.

1. Masyarakat Adat Tano Batak Minta Luhut Cabut Izin PT Toba Pulp Lestari

Puluhan perwakilan masyarakat adat dari Tano Batak yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Rakyat (Gerak) Tutup TPL (PT Toba Pulp Lestari) bersama jaringan di nasional berunjuk rasa di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta Pusat, pada Rabu, 24 November 2021.

Aksi tersebut menuntut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk mencabut investasi dan menutup PT. TPL.

“Kehadiran investasi seharusnya memberikan kemakmuran bangsa dan negara Indonesia serta kesejahteraan rakyat, sayangnya justru menjadi sumber malapetaka bagi Tano Batak," kata Ketua Aliansi Gerakan Tutup TPL Benget Sibuea pada Rabu, 24 November 2021.

Simak lebih jauh tentang masyarakat adat di sini.

2. Simak Aturan Lengkap PPKM Level 3 Natal Tahun Baru, Berlaku Sampai 2 Januari

Pemerintah resmi menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2022. Keputusan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022," demikian tertulis dalam aturan tersebut yang diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Senin, 22 November 2021.

Simak lebih jauh tentang PPKM Level 3 di sini.

3. Pemkot Bogor Terima Hibah Aset Sitaan BLBI, Ini Rincian dan Rencana Pemanfaatannya
Pemerintah Kota Bogor akan menerima hibah aset sitaan obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI. Rencananya ada tiga aset yang diserahkan oleh Kementerian Keuangan kepada Kota Bogor yang meliputi lahan di area Katulampa dan BNR Empang.

"Nilai bukunya sekitar Rp 400 miliar. Hari ini penyerahan di Gedung Mezanin Kementerian Keuangan," ujar Wakil Wali Kota Borog Dedie A. Rachim saat dihubungi Tempo, Rabu, 24 November 2021.

Adapun tiga aset itu meliputi enam hektare lahan di Katulampa; 3,2 hektare lahan di BNR Empang; dan satu hektare lahan di area R3 Katulampa. Didie mengatakan pemerintah kota telah memiliki rencana untuk pemanfaatan aset-aset hibah tersebut.

Simak lebih jauh tentang BLBI di sini.

4. Ahok Tolak Rencana Akuisisi Produsen Mobil Listrik Jerman: Narasinya Untuk Apa?

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok angkat bicara soal rencana akuisisi salah satu produsen mobil listrik di Jerman oleh Indonesia Battery Corporation.

Ahok menilai rencana tersebut tak masuk akal. Apalagi jika tujuannya untuk mengincar pasar penjualan mobil listrik global. Rencana serupa sebelumnya, kata dia, pernah diutarakan oleh PT Pertamina Power Indonesia kepada jajaran dewan komisaris Pertamina.

Adapun Ahok punya alasan tersendiri dalam menilai akuisisi itu tidak berbasis valuasi yang kuat untuk bisa direalisasikan. Sebab, menurut dia, di Amerika Serikat sudah ada pemain mobil listrik Tesla yang telah memiliki pangsa pasar besar. Sementara di Cina, sudah ada Wuling Motors yang bahkan sudah mampu menjual mobil listrik dengan harga murah.

Simak lebih jauh tentang Ahok di sini.

5. Luhut: Jangan Pikir RI Hanya Kerja Sama dengan Cina, Itu Tidak Betul

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah membuka peluang kerja sama dengan berbagai negara, salah satunya untuk mendorong hilirisasi di Indonesia.

Misalnya saja, rencana kerja sama dengan Inggris untuk produk baterai, katode, hingga prekursor. "Jadi sekarang jangan berpikir kita hanya bekerja sama dengan Cina, itu tidak betul. Kita juga kerja dengan negara mana saja," ujar Luhut dalam sebuah acara daring, Rabu, 24 November 2021.

Luhut mengatakan rencana kerja sama juga akan dilakukan dengan Abu Dhabi yang akan membawa industri alumunium ke Integrated Green Industrial Park, Kalimantan Utara. Peletakan batu pertama proyek kawasan industri itu akan dilakukan pada 16 Desember 2021.

Simak lebih jauh tentang Cina di sini.