Menparekraf Sandiaga Uno Usul 2 Pulau Merak Jadi Pusat Ekonomi Kreatif di Cilegon
Menparekraf Sandiaga Uno. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

SIAPGRAK.COM, Jakarta - Postingan cuplikan wawancara Doddy Sudrajat, yang dibagikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di laman media sosial miliknya menarik perhatian warganet.

Cuplikan wawancara tersebut berisi pernyataan Doddy Sudrajat saat mengunjungi Gala Sky di kediaman ayah mendiang Bibi Ardiansyah, H. Faisal pada Minggu (16/1/2022).

Dalam video itu, ayah mendiang Vanessa Angel tersebut membeberkan niatnya mengajak sang cucu jalan-jalan.

"Meminta izin sama pak Faisal, untuk saya ajak jalan (Gala). Tujuannya hari ini sebenarnya sudah di-schedule-kan kita mau ke Ancol," kata Doddy Sudrajat dalam video itu.

Sandiaga Uno ternyata memiliki tujuan unik ketika mengunggah cuplikan wawancara tersebut.

Dia memanfaatkan pernyataan Doddy Sudrajat untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

      View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

"Tuh guys, Gala saja mau diajak berwisata ke Ancol. Masa kalian ke luar negeri?!," ujar Sandiaga Uno di laman Instagram-nya, dikutip Senin (17/1/2021).

Ia pun mengajak masyarakat untuk mengeksplorasi destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif di dalam negeri.

"Kita bangkitkan ekonomi dan lapangan kerja di sektor ini. Banyak lho destinasi wisata yang seru, menarik dan berkesan. Salah satunya adalah Ancol yang berada di kawasan Jakarta Utara," tulisnya.

"Di sana kita bisa menemukan berbagai tempat wisata seperti Dufan, Atlantis, Faunaland, Ancol Beach City dan masih banyak lagi. Ada yang berencana mengajak teman atau keluarganya ke Ancol?," tambah Sandiaga Uno.

Untuk Pulihkan Ekonomi, Sandiaga Uno Minta Event Olahraga Lebih Banyak Digelar di Bali

Anugerah Desa Wisata Bangkitkan Perkenomian Indonesia
Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif Sandiaga Uno memberi sambutan pada ADWI 2021 di Jakarta, Selasa malam (7/12/2021). Ada tujuh kategori penilaian yang ditetapkan, yaitu homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif, serta daya tarik wisata. (SIAPGRAK.COM/Fery Pradolo)

Dalam lain kesempatan, Menparekraf Sandiaga Uno juga menyerukan agar lebih banyak event-event berbasis olahraga atau sport tourism yang diselenggarakan di Bali.

Langkah itu didukung guna menggerakkan kembali perekonomian masyarakat dan terbukanya penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya.

"Hari ini kita baru saja berpartisipasi dalam kebangkitan pariwisata dan ekonomi Bali. Dan kami juga berkontribusi pada kegiatan charity cup Piala Gubernur dan melihat antusiasme dari para pelaku parekraf, yang ternyata 70 persen datang dari luar Bali," kata Menparekraf, saat menghadiri kegiatan Turnamen Golf Piala Gubernur Bali 2022 for Charity, di Bali National Golf Club, Nusa Dua, Bali, dikutip Senin (17/1/2022).

Sandiaga Uno membeberkan, Pemerintah Provinsi Bali tengah mempersiapkan pengembangan sirkuit sprint rally dan speed rally yang akan dibangun di atas tanah seluas 150-200 hektare, yang dikelola Perusahaan Daerah Perkebunan Sangiang di Kabupaten Jembrana.

Hal ini dikarenakan Bali memiliki perpaduan alam yang indah dan kekayaan budaya yang unik, sehingga sangat potensial jika dikembangkan sport tourism.

Ia mengungkapkan, satu sirkuitnya diproyeksikan dapat menyerap sekitar 300 lapangan kerja.

Hal ini tentunya sangat dibutuhkan terutama di masa pandemi, guna menggeliatkan kembali ekonomi dalam rangka mempersiapkan perhelatan G20.

"Selain itu, saya diberi tahu bahwa Oceanman akan kembali di gelar pada Juni di Sanur, tapi yang paling menarik adalah World Cup For Ocean Open Water Swimming, saya diberitahu ini akhir tahun, ini kelasnya dunia dan kemungkinan hadir di Bali. Jadi sekaligus sebagai bagian dari pada kebangkitan ekonomi untuk Bali seiring dengan pengendalian pandemi COVID-19 yang lebih baik," terangnya.