Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat

Masih banyak hal-hal yang kerap dipertanyakan tentang kesehatan vagina, salah satunya tentang elastisitasnya. Disebut-sebut vagina dapat menjadi kendur dan terasa longgar jika terlalu sering berhubungan seks.

Dikutip dari Healthline, vagina memiliki sifat elastis. Ini berarti area tersebut dapat meregang dan menyesuaikan. Kendati demikian, perlu diketahui bahwa vagina memerlukan waktu untuk dapat kembali pada bentuk semula. 

Elastisitas vagina dapat mengalami perubahan, biasanya karena seiring bertambahnya usia atau setelah melahirkan. Namun secara keseluruhan, otot-otot vagina dapat kembali rapat sesuai kondisi. 

Mitos 'vagina longgar' karena seks

Seperti disebutkan sebelumnya, vagina mungkin memang akan mengalami perubahan karena usia dan persalinan, tetapi area ini tidak akan kehilangan peregangan secara permanen.

Vagina 'longgar' tidak berkaitan dengan frekuensi hubungan seks yang dilakukan oleh seorang wanita. Sebab penetrasi tidak akan menyebabkan vagina meregang secara permanen.

Penyebab peregangan pada vagina

Ada dua hal yang dapat memengaruhi elastisitas vagina: usia dan persalinan. Ingat, hubungan seks yang sering tidak akan mengurangi elastisitas vagina. 

Seiring waktu, persalinan dan usia berpotensi menyebabkan sedikit kelonggaran alami pada vagina. Wanita yang pernah melahirkan secara normal lebih dari satu kali cenderung memiliki otot vagina yang melemah. 

1. Faktor usia

Perubahan elastisitas vagina biasanya mulai terjadi pada usia 40-an. Penyebabnya karena kadar estrogen akan mulai turun saat wanita memasuki tahap perimenopause.

Berkurangnya estrogen berarti jaringan vagina akan menjadi lebih tipis, kering, dan terasa kurang elastis.

2. Faktor persalinan

Wajar jika vagina mengalami perubahan setelah persalinan normal. Bagaimanapun, otot-otot vagina Bunda meregang untuk menjadi jalan lahir bayi. 

Setelah itu, Bunda mungkin memperhatikan bahwa vagina akan terasa sedikit lebih longgar dari biasanya. Ini sangat normal, namun otot vagina secara bertahap akan mengencang kembali. Demikian dikutip dari Medical News Today.

Apabila Bunda merasa tak nyaman dengan perubahan elastisitas vagina, ada beberapa jenis latihan penguatan otot dasar panggul yang bisa dicoba. Simak ulasannya di halaman berikut.

Rutin seks di musim hujan baik untuk kesehatan, simak penjelasannya di video berikut: