10 Urutan Nonton Anime Digimon Berdasarkan Tahun Rilis

Siapa yang tidak tahu dengan Digimon? Waralaba game terkenal yang kemudian dibuat animenya itu menjadi salah satu tontonan paling menarik bagi penggemarnya.

Digimon sendiri hingga kini sudah merilis banyak animenya yang pertama kali dirilis pada 1999 silam. Berikut kami tampilkan urutan nonton Digimon dari awal hingga yang terbaru. Simak, ya!

1. Digimon Adventure (1999)

Digimon Adventure adalah anime Digimon pertama yang tayang pertama kali pada tahun 1999. Sebagai yang pertama, Digimon Adventure memiliki plot dasar untuk dikembangkan oleh anime-anime Digimon selanjutnya.

2. Digimon Adventure 02 (2000)

Sesuai judulnya, Digimon Adventure 02 adalah sekuel kedua atau lanjutan dari kisah Digimon Adventure. Sekuelnya ini membuat perubahan pada formula asli yang juga akan digunakan oleh anime Digimon lainnya, seperti membagi waktu antara dua dunia.

3. Digimon Tamers (2001)

Satu tahun berselang, film ketiga Digimon dirilis dengan diberi tajuk Digimon Tamers. Berbeda dengan pendahulunya, Tamers berlatar mirip dengan dunia nyata dan jauh lebih gelap dari anime Digimon lainnya.

4. Digimon Frontier (2002)

Urutan nonton Digimon selanjutnya, kamu bisa saksikan Digimon Frontier yang dirilis pertama kali pada tahun 2002 lalu. Setelah Digimon Tamers mendekonstruksi seri, Digimon Frontier kembali ke dasar originalnya dengan membawa kisah tentang anak-anak yang dibawa ke dunia digital untuk melindunginya dari kejahatan.

5. Digimon Data Squad (2006)

Setelah Digimon Frontier, butuh waktu selama 4 tahun untuk merilis anime Digimon selanjutnya yang diberi tajuk Data Squad. Mirip dengan Digimon Tamers, Data Squad menampilkan organisasi pemerintah yang bertugas menjaga Digimon, namun bukannya berselisih dengan mereka, karakter utamanya justru bagian dari organisasi tersebut.

6. Digimon Fusion (2010)

Anime Digimon selanjutnya ada Digimon Fusion yang rilis perdana pada 2010 lalu. Di anime ini, Digimon kembali ke premis awal dimana anak-anak dibawa ke dunia digital untuk dilindungi, namun dengan tambahan gimmick DigiFuse yang digunakan untuk menggabungkan Digimon ke dalam bentuk berbeda.

7. Digimon Adventure Tri (2015)

Dalam rangka perayaan ulang tahun kelima belas, Digimon Adventure merilis sekuel ketiganya yang diberi judul Digimon Adventure Tri pada 2015 lalu. Animenya sendiri berlatar tiga tahun setelah kekalahan MaloMyotismon di Digimon Adventure 02 dan mengikuti perkembangan para pemerannya yang beranjak remaja.

8. Digimon Universe: App Monsters (2016)

Saat kisah Digimon Adventure Tri masih berlangsung sampai 2018, anime Digimon selanjutnya sudah dirilis kembali pada tahun 2016. Dengan diberi judul Digimon Universe: App Monsters, di seri ini fokus ceritanya tidak pada Digimon melainkan pada Appmon, bentuk kehidupan digital dari Net Ocean yang berasal dari aplikasi telepon.

9. Digimon Adventure (2020)

Selanjutnya ada Digimon Adventure yang merupakan full reboot dari anime Digimon Adventure original pada 1999 silam. Ceritanya sendiri mengikuti premis dasar dan memiliki ending yang terasa potensial dilanjutkan.

10. Digimon Ghost Game (2021)

Anime Digimon terbaru rilis pada 2021 kemarin yang berjudul Digimon Ghost Game. Di anime ini, para karakter utamanya harus berurusan dengan Digimon yang menyebabkan masalah di dunia mereka.

Itulah urutan nonton anime Digimon dari awal sampai yang terbaru. Dari 10 anime tersebut, seri mana yang menjadi favoritmu? Sampaikan di kolom komentar, ya!