Kenapa Jiraiya Menolak Jadi Hokage di Naruto? Ini Alasannya

Jiraiya adalah salah satu sosok yang sangat berpengaruh dalam Naruto, baik untuk perkembangan cerita maupun perkembangan karakter Naruto Uzumaki.

Satu hal yang berkaitan dengan Jiraiya adalah dia selalu dekat dengan jabatan Hokage, tapi tidak benar-benar menjadi Hokage. Lalu sebenarnya kenapa Jiraiya menolak jadi Hokage di Naruto?

1. Jiraiya sudah beberapa kali diminta menjadi Hokage, tapi selalu menolak

Sebagai anggota Sannin, Jiraiya jelas salah satu tokoh penting dan ninja terkuat Konoha sehingga posisinya sebagai Hokage bukan tidak mungkin.

Dia pun beberapa kali ditawarkan posisi Hokage, spesifiknya adalah Hokage Kelima, tapi dia selalu menolak.

Kenapa Jiraiya menolak posisi Hokage Kelima?

2. Jiraiya merasa tidak pantas menjadi Hokage

Di manga dan anime, setelah Orochimaru mengivasi Konoha dan Hiruzen alias Hokage Ketiga mati, Konoha tidak memiliki pemimpin.

Saat itu tetua desa menyarankan Jiraiya yang saat itu kembali ke desa untuk menjadi Hokage Kelima.

Tapi di sini Jiraiya mengatakan kalau dia tidak mau, alasannya karena dia merasa bukan orang yang tepat untuk menjadi Hokage.

Karena menolak, dia pun mencari Tsunade yang menurutnya adalah kandidat yang lebih tepat untuk Hokage Kelima.

3. Alasan kenapa Jiraiya merasa dirinya tidak layak karena baginya sendiri, kehidupannya penuh dengan kegagalan

Apakah kamu ingat dulu Naruto pernah mengatakan jika dia tidak bisa menolong Sasuke, sahabatnya kembali ke jalan yang benar maka dia tidak layak menjadi Hokage?

Jiraiya mengalami hal yang serupa, bedanya Jiraiya tidak sesukses Naruto. Di manga, Jiraiya mengatakan kalau sepanjang hidupnya adalah "kegagalan".

Dia gagal mendekati Tsunade sejak kecil, tidak bisa menyelamatkan gurunya (Hiruzen) dan muridnya (Minato) dari kematian, dia juga gagal menyelamatkan Orochimaru dan temannya itu menapaki jalan yang salah. Belum lagi fakta kalau murid-muridnya dari Ame kini menjadi Akatsuki.

Di manga juga Jiraiya membandingkan dirinya dengan Hokage terdahulu. Jiraiya mengatakan dibandingkan prestasi Hokage terdahulu, Jiraiya tidak punya prestasi apa-apa dan hanya kegagalan sepanjang hidupnya.

Ini alasan utama kenapa Jiraiya merasa tidak layak menjadi Hokage, karena bagi dia sepanjang hidupnya hanya kegagalan, tidak sebanding dengan Hokage terdahulu.

Itulah 3 alasan kenapa Jiraiya menolak jadi hokage di Naruto. Kalau menurutmu sendiri, bagaimana jadinya jika Jiraiya menjadi Hokage Kelima?