SIAPGRAK.COM

Tahukah Mama bahwa ada beberapa kejadian aneh tapi normal yang dialami ibu hamil saat kontraksi? Meskipun mengalaminya, beberapa ibu hamil mungkin mengabaikan kejadian tersebut karena sibuk menahan rasa sakit saat kontraksi.

Kontraksi, khususnya menjelang persalinan, memang menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan bagi setiap Mama. Nah, jika kamu sedang menanti persalinan pertama, sebaiknya kamu memahami beberapa kejadian aneh tapi normal yang akan dibahas kali ini.

Nah, untuk mengetahui apa saja kejadian aneh tapi normal yang dialami ibu hamil saat kontraksi, yuk, kita simak artikel dari SIAPGRAK.COM berikut ini! Ada apa saja, ya?

1. Ingin berteriak

SIAPGRAK.COM/user15285612

Ingin berteriak, menangis, atau bahkan mengumpat adalah respon yang wajar dari rasa sakit yang tak tertahankan selama kontraksi. Apalagi, jika ibu hamil belum diberi pengurang rasa sakit oleh dokter.

Namun dari pada berteriak, menangis, atau mengumpat, ibu hamil lebih baik menyimpan energinya dan menyalurkan perasaannya dengan rintihan pelan sambil mengatur napas. Ini memang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya mencoba.

2. Kaki terasa sakit

Romper.com

Saat kontraksi terjadi, ibu hamil biasanya akan merasakan sakit di perut dan punggung bagian bawah. Nah, rasa sakit tersebut tak jarang jadi menjalar ke bagian kaki ibu hamil, khususnya paha atas.

Jika merasakan ini selama kontraksi, ibu hamil bisa mencari posisi senyaman mungkin yang bisa mengurangi rasa sakitnya. Sebab setelah mulai merasakan kontraksi, ibu hamil akan terus merasakannya hingga proses persalinan selesai.

3. Merasa pusing

@user15285612

Saat persalinan, banyak ibu hamil yang merasakan pusing. Hal ini dikarenakan pembukaan sudah lengkap dan prosesnya sangat menguras tenaga ibu hamil.

Nah, jika mengalami hal ini, ibu hamil sebaiknya minum air dingin, mengatur napas agar tetap tenang, dan meminta seseorang untuk mengipas wajahnya. Tiga tindakan tersebut bisa membantu meredakan pusing saat persalinan.

4. Mual bahkan muntah

SIAPGRAK.COM/Dragana_Gordic

Saat persalinan, kontraksi tentu membuat ibu hamil kesakitan. Namun, tak jarang juga ditemukan ibu hamil yang merasakan mual dan muntah saat menunggu bukaan lengkap atau bahkan saat bersalin.

Mual dan muntah ini ternyata terjadi karena proses pencernaan makanan terhenti selama persalinan, Ma. Jadi saat merasakan mual dan ingin muntah, ibu hamil sebaiknya minta kantong plastik kepada petugas medis terdekat, ya.

5. Pergerakan serviks

SIAPGRAK.COM/frimufilms

Tahukah Mama tentang istilah 'perlebaran' dan 'penipisan' menjelang persalinan? Serviks atau leher rahim adalah bagian dari rahim yang memiliki jaringan yang berbeda.

Saat mendekati waktu persalinan, rahim akan menarik serviks ke bagian dalam dan membuatnya semakin tipis. Inilah yang disebut dengan istilah 'penipisan' menjelang persalinan.

Selain serviks akan tertarik ke dalam dan menjadi semakin tipis, ia juga akan terbuka lebar atau disebut dengan istilah 'pelebaran'. Nah, kedua pergerakan serviks ini terjadi menjelang persalinan.

6. Perut terasa keras

SIAPGRAK.COM/dashu83

Mendekati persalinan, perut ibu hamil akan terasa semakin keras dan ketat. Apalagi, saat kepala janin mulai terasa bergerak melalui jalan lahirnya.

Saat kontraksi, perut ibu hamil akan semakin keras dan akan kembali rileks setelah kontraksi berakhir. Jadi saat merasakan kontraksi, ibu hamil harus pintar mengatur napas untuk mengurangi rasa sakit saat perut terasa keras.

7. Tiba-tiba ingin mengejan

SIAPGRAK.COM/DC Studio

Beberapa ibu hamil memiliki insting dan dorongan untuk mengejan saat kontraksi, sementara ada juga yang tidak merasakannya. Dorongan ini ternyata bisa membantu ibu hamil menahan rasa sakit saat kontraksi lho, Ma.

Hal ini umumnya disebabkan karena bayi mendorong ke saraf Plexus Ferguson, sehingga menciptakan reflek Ferguson atau keinginan ibu hamil untuk mengejan saat kontraksi.

Nah, itu dia tadi kejadian aneh tapi normal yang dialami ibu hamil saat kontraksi, Ma. Kejadian mana saja, nih, yang pernah Mama alami menjelang persalinan?

  • Jessica Iskandar Mulai Sering Kontraksi, Akan Melahirkan Normal
  • Cara Cepat Kontraksi setelah Air Ketuban Pecah agar Cepat Melahirkan
  • 6 Metode Induksi Alami untuk Merangsang Kontraksi Persalinan