Menurut ahli diet, sayuran hijau yang baik untuk penurunan badan bukan cuma bayam, tapi beberapa sayuran ini juga. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Povozniuk
Menurut ahli diet, sayuran hijau yang baik untuk penurunan badan bukan cuma bayam, tapi beberapa sayuran ini juga. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Povozniuk

Sayuran hijau adalah asupan penting untuk mendukung tercapainya berat badan ideal melalui program diet. Bukan hanya mengandung vitamin, mineral, dan serat, sayuran hijau juga dapat dengan mudah diolah dan dikonsumsi dengan hampir setiap makanan.

Dikutip dari Eat This, Pedoman Diet 2020-2025 Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan agar pelaku diet, khususnya orang Amerika, memberi variasi pada sayuran yang mereka konsumsi. Sayuran hijau tua menjadi salah satu concern utama.

Bayam adalah sayuran hijau yang disebut-sebut baik untuk program diet, dan itu terbukti melalui banyak penelitian. Namun, bukan cuma bayam saja, sayuran hijau yang mengandung kebaikan.

tips diet hemat dan sederhana
Tips Diet Hemat dan Sederhana

Ilustrasi sayuran hijau. / Foto: Getty Images

Ada beberapa sayuran hijau lain yang mengandung kebaikan sama baik dengan bayam dan perlu kamu konsumsi setiap hari menurut ahli diet Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, and Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT kepada Eat This.

Pakcoy

Pakcoy adalah sayuran yang masih keturunan dari sawi dan satu keluarga dengan brokoli, kubis Brussel, dan kubis. "Sayuran silangan mengurangi risiko kanker dan mengandung nutrisi penangkal karsinogen seperti vitamin C, E, beta-karoten, folat, dan selenium, yang telah terbukti memperlambat pertumbuhan tumor," kata Tammy dan Lyssie, yang dikenal dengan The Nutrition Twins.

157335297
Sayuran hijau untuk diet

Sayuran hijau untuk diet. / Foto: Getty Images/GomezDavid

Selain mengandung vitamin, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan vitamin K, pakcoy juga kaya akan quercetin-flavonoid yang berkaitan dengan pengurangan peradangan dan perlindungan terhadap penyakit kronis.

The Nutrition Twins menyarankan untuk mengonsumsi pokcoy dengan ditumis sebagai makanan padat nutrisi. Apakah kamu pernah mencobanya?

Kecambah Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau. Namun, kalau kamu merasa bosan mengonsumsinya, kamu bisa memilih kecambah brokoli atau broccoli sprouts sebagai alternatif. Sayuran yang satu ini adalah cikal bakal brokoli yang baru berumur 3 hingga 5 hari dengan daun hijau kecil serupa kecambah.

Meski kecambah brokoli mengandung jumlah kalori dan makronutrien yang sama dengan brokoli per ons, tapi kecambah brokoli memiliki 100 kali lebih banyak glukoraphanin.

1359862768
Sayuran hijau untuk diet.

Sayuran hijau untuk diet./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Madeleine_Steinbach

"… ketika dikunyah atau dipotong, glucoraphanin diubah menjadi sulforaphane fitokimia superstar, yang memiliki efek anti-kanker yang kuat, termasuk mempromosikan kematian sel kanker [dan] menurunkan peradangan dan kerentanan terhadap racun penyebab kanker," kata The Nutrition Twins.

Di sisi lain, sulforaphane meningkatkan enzim detoksifikasi di organ hati dan membantu mematikan gen tertentu yang memicu kanker.

Selada Air

Oleh CDC, selada air dinobatkan sebagai sayuran yang paling padat nutrisi. Hal ini berarti selada air mengandung nutrisi paling banyak dalam jumlah kalori paling sedikit. Oleh karena itu, selada air sangat membantu dalam penurunan berat badan dan pencegahan penyakit

The Nutrition Twins juga mengatakan selada air mengandung beberapa kandungan yang baik untuk tubuh, di antaranya adalah serat yang meningkatkan pencernaan, vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh, dan glukosinat sebagai pencegah penyakit.

1169757551
Selada air untuk diet.

Selada air untuk diet./ Foto: Getty Images/iStockphoto/justhavealook

"Salah satu yang menonjol dari sayuran pembangkit tenaga listrik ini adalah vitamin K-nya, nutrisi penting yang sangat penting untuk kesehatan tulang," kata The Nutrition Twins.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan membuat selada air ini sebagai salad, sup, tumisan, dan bahkan pizza.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!