Tidak dapat dibantah jika uang memegang peranan penting dalam kehidupan ini. Uang dibutuhkan untuk banyak sekali hal, mulai dari biaya makan, biaya pendidikan, biaya tempat tinggal, dan lainnya. 

Mengingat banyaknya kebutuhan yang membutuhkan uang, kita perlu mengatur uang dengan baik. Dan cara mengolah uang terbaik adalah dengan menabung. 

Menabung berarti menyimpan sejumlah uang yang kita miliki. Uang yang disimpan ini mungkin bermanfaat di masa mendatang, sebab kita tidak akan pernah tahu hal-hal apa saja yang nanti kita butuhkan.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun perlu belajar menabung sedari dini. Mama dan Papa dapat mulai membiasakan si Kecil menyimpan uang yang mereka dapatkan. Ajarkan mereka untuk menyimpan dan menyisihkan sedikit saja uang mereka. 

Ada kemungkinan anak mama tidak mau menabung, mereka ingin menggunakan uangnya untuk membeli apapun yang mereka mau. Alasannya bisa saja karena anak belum mengetahui pentingnya menabung. 

Ini merupakan salah satu tugas Mama untuk memberitahu anak mengapa mereka perlu menabung. SIAPGRAK.COM akan membantumu memberikan 8 alasan penting mengapa anak perlu menabung sedari dini. 

1. Menabung membantu anak mendapatkan benda yang mereka inginkan

SIAPGRAK.COM/Racool_studio

Anak mama tentunya memiliki banyak hal yang ingin mereka beli, mulai dari sepatu baru, mainan, baju, buku, atau yang lainnya. Menabung dapat membantu anak mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

Si Kecil pastinya pernah menginginkan sesuatu tetapi uang mereka tidak cukup. Daripada menggunakan uang yang ada untuk hal lain, ada baiknya jika Mama mengajarkan anak untuk menyimpan uangnya. 

Sebab secara tidak langsung, ung mereka dapat bertambah, dan tidak lama mereka dapat membeli apa yang diinginkan. 

Dengan menabung, anak mama mengubah kata "aku tidak bisa"  menjadi "aku bisa, tapi nanti". 

2. Menabung memberikan kebebasan di masa depan

SIAPGRAK.COM/jcomp

Melalui menabung, anak-anak dapat lebih sedikit mengeluarkan uang. Meski pengeluaran mereka belum sebanyak itu, namun lebih baik bila anak mama terbiasa menyimpannya bukan. 

Dengan menyimpan uang, si Kecil dapat menggunakan uang yang ada untuk kebutuhan lain. Misalnya dengan membatasi jajan di warung, anak-anak dapat membeli kado untuk keluarga atau sahabatnya. Ini berarti uang yang tadinya Mama akan berikan untuk kado dapat digunakan untuk hal yang lain.

Melalui menabung anak-anak juga memiliki lebih banyak menyimpan uang. Jumlah uang yang lebih banyak menyebabkan mereka lebih bebas menggunakan uangnya. 

3. Menabung membuat si Kecil lebih bahagia

SIAPGRAK.COM/drobotdean

Uang memang tidak dapat membeli kebahagiaan, namun ketika anak-anak memiliki banyak uang mereka akan memiliki lebih banyak pilihan dan kebebasan yang terbuka untuknya. 

Memiliki banyak uang akan membuat kita terhindar dari perasaan khawatir atau kecewa. Uang yang ada juga dapat digunakan untuk berbuat baik yang mana akan menimbulkan rasa bahagia dalam diri anak. 

4. Menabung membantu anak menjadi lebih mandiri dan siap di masa mendatang

SIAPGRAK.COM

Memang saat ini anak-anak mendapatkan dukungan finansial dari kedua orangtua. Mama dan Papa akan selalu memberikan anak uang untuk jajan atau sebagai hadiah. 

Tetapi pasti tidak nyaman jika mereka perlu menunggu kedua orangtua memberikan uang hanya untuk jajan. Ada baiknya anak menyisihkan uang yang mereka punya agar dapat digunakan tanpa perlu menunggu orangtua memberikannya. 

Menabung juga membuat kita lebih siap secara finansial di masa mendatang. Ketika ada liburan atau mainan baru, anak-anak langsung dapat menggunakan uang yang mereka miliki. 

5. Menabung melatih kesabaran anak

Pexels/Skitter Photo

Apakah anak mama termasuk anak yang tidak sabaran? Mungkin Mama dapat mengajarkan anak mengenai kesabaran melalui kebiasaan menabung. 

Menabung melatih anak untuk memahami bahwa semuanya membutuhkan proses dan waktu. Untuk mendapatkan apa yang anak inginkan, mereka perlu mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. 

Melalui cara ini, anak dapat dilatih untuk bersabar ketika berusaha mencapai keinginan atau tujuannya, apapun itu. Memang prosesnya akan terasa lama dan melelahkan, namun hasilnya dapat menjadi sangat memuaskan. 

6. Menabung memberikan kesempatan menolong orang lain

kidsnews.com.au

Rejeki dan berkat yang kita terima dari Tuhan sebaiknya tidak kita simpan untuk diri sendiri, tetapi dibagikan kepada orang lain yang juga membutuhkan.

Menabung bukan hanya membantu anak menyimpan uang untuk keperluannya sendiri, namun dapat digunakan untuk orang lain juga. Coba bayangkan jika si Kecil mampu menyisihkan Rp1.000 saja setiap hari, mereka dapat menyumbang Rp30.000 untuk orang yang membutuhkan melalui tempat ibadah, lembaga sosial, dan lainnya. 

Jumlah tersebut meski tidak besar akan menjadi berkat dan manfaat bagi mereka yang memerlukannya. 

7. Menabung mengajarkan anak menghargai uang

SIAPGRAK.COM

Menabung sedari dini membantu anak-anak memahami betapa berharganya uang dan perjuangan yang perlu Mama dan Papa lakukan untuk memperolehnya. 

Membiasakan menabung uang mengajarkan kita untuk menghargai uang sekecil apapun itu dan tidak menghambur-hamburkannya. Sebab ketika menabung kita merasakan untuk mencapai jumlah Rp100.000 saja dapat menjadi perjuangan yang panjang.

Akan menjadi sayang bukan jika uang yang dikumpulkan dalam waktu yang lama dan membutuhkan jerih payah terbuang sekejap mata untuk hal mahal yang belum tentu anak butuhkan. 

8. Menabung mengajarkan anak berlatih membuat keputusan

SIAPGRAK.COM/Mdjaff

Menabung merupakan sebuah pilihan. Mama dan Papa dapat memberikan anak pilihan ini tanpa paksaan. Apakah mereka rela menyisihkan uangnya untuk kebutuhan mendatang, atau tidak?

Setelah menabung pun anak-anak akan diberikan pilihan lainnya. Yaitu menentukan untuk apa uang tabungan tersebut digunakan. Mama dapat memberikan arahan agar uang tabungan si Kecil tidak digunakan atau dihamburkan pada  hal yang tidak bermanfaat.

Bantu anak memahami hal-hal yang anak inginkan belum tentu mereka butuhkan. Mereka perlu memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu. 

Itulah 8 manfaat yang dapat anak mama peroleh dari kegiatan menabung, banyak sekali ya! Coba mulai kebiasaan baik ini dari sekarang. 

  • 7 Manfaat Mengajarkan Sikap Disiplin Sejak Dini

  • 10 Alasan yang Membuat Orangtua Gagal saat Mendisiplinkan Anak

  • Bagaimana Cara Mendisiplinkan Anak dengan Lembut? Yuk Cari Tahu!