Surah Al Ikhlas merupakan surah dalam Al-Qur'an ke-122 yang tergolong dalam surah Makkiyah. Surah ini diturunkan di kota Makkah dan terdiri dari empat ayat yang berisi tentang keesaan Allah SWT.

Dalam sejumlah hadis, disebutkan bahwa surah ini memiliki makna yang sangat dalam dan mempunyai banyak manfaat bila sering diamalkan dalam kegiatan sehari-hari. Sebagaimana surat Al Ikhlas sepanjang 4 ayat ini berbunyi:

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

Qu huwallahu ahad

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

Allahus samad

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

Lam yalid wa lam yuulad

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Wa lam yakullahu kufuwan ahad

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Melalui surah pendek ini, Allah SWT menunjukkan kebesaran dan sifat-sifatnya, sehingga jika kita sering membaca surah Al Ikhlas ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh.

Berikut SIAPGRAK.COM rangkumkan manfaat dan keutamaan dari membaca surah Ikhlas di bawah ini. Simak sampai habis ya, Ma!

1. Dijauhkan dari kemiskinan dan bisa mendatangkan rezeki

Pexels.com/Monstera

Memiliki empat ayat pendek, siapa sangka surah Al Ikhlas sanggup menjauhkan kamu dari kemiskinan dan mendatangkan rezeki apabila sering diamalkan.

Diriwayatkan Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya.”

2. Dishalati oleh 70.000 malaikat ketika meninggal dunia

SIAPGRAK.COM.com/Rawpixel.com

Sebuah kisah diriwayatkan Anas bin Malik. Pada suatu pagi, Rasulullah SAW bersama dengan sahabatnya Anas bin Malik r.a. menjumpai suatu keanehan yakni matahari yang bersinar terlihat lebih redup dari biasanya padahal tidak mendung.

Malaikat Jibril pun lantas menyampaikan pada Rasulullah SAW, "Sesungguhnya itu Muawiyah Ibnu Muawiyah Al-Laisi, dia telah meninggal dunia pada hari ini di Madinah, maka Allah mengirimkan kepadanya 70.000 malaikat untuk mensalatinya.”

Rasulullah SAW bertanya lagi kepada malaikat Jibril, "Apa yang telah dilakukan oleh Muawiyah sehingga saat ia meninggal mendapatkan kemuliaan yang sangat luar biasa ini?"

Malaikat Jibril menjawab, "Ketahuilah wahai Rasulullah, sesungguhnya Muawiyah itu semasa hidupnya banyak membaca surah Al Ikhlas di waktu malam, siang, pagi, waktu duduk, waktu berjalan, waktu berdiri, bahkan dalam setiap keadaan selalu membaca Surah Al Ikhlas."

3. Mendapat kelimpahan pahala senilai sepertiga Al-Qur'an

SIAPGRAK.COM

Membaca surah Al Ikhlas diyakini setara dengan sepertiga Al-Qur’an. Oleh sebab itu, banyak membaca surah Al Ikhlas sebanyak 100 kali secara rutin pun dapat menjadi bekal amal untuk keselamatan di akhirat nanti.

Ibnu Umar meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, “Qul huwallahu ahad setara dengan sepertiga Al Qur’an, dan Qul yaa ayyuhal kaafiruun setara dengan seperempat Al Qur’an.” (HR. Ath-Thrabani).

Begitupun dengan hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

“Apakah salah satu di antara kalian sanggup membaca sepertiga Al-Qur’an pada malam hari?” Hal ini membuat para sahabat terasa berat, maka mereka bertanya-tanya: “Siapa di antara kita yang sanggup melakukannya, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Qul huwa-llahu ahad, Allahush sham ad (surat Al Ikhlas) adalah sepertiga Al-Qur’an,” (HR Bukhari).

4. Diampuni dosa dan dilunasi utangnya ketika wafat

SIAPGRAK.COM

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda:

يغفر للشهيد كل ذنب الا الدين

Artinya: "Semua dosa orang yang mati syahid pasti diampuni kecuali dosa akibat utang." (HR. Muslim, no. 1886)

Kemudian, terdapat sebuah kisah menarik saat Rasulullah SAW enggan menshalati jenazah laki-laki yang masih meninggalkan utang ketika wafat. Kisah ini disampaikan oleh Imam Muhammad Bin Abu Bakar dalam kitabnya, Al-Mawaidh Al-Ushfuriyah. 

Namun, tidak lama dari Nabi mengucapkan keengganannya untuk menyalati jenazah tersebut, Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk menyampaikan kepada Rasulullah agar menshalati jenazah tersebut.

“Wahai Rasulullah saw., Allah Swt. mengirimkan salam padamu. Salatilah orang itu, dia sudah diampuni. Aku sudah melunasi utangnya atas perintah Allah Swt. Katakan pada mereka, siapa saja yang ikut menyalatinya, maka ia juga akan diampuni."

Rasulullah pun merasa takjub dan bertanya alasannya kepada malaikat Jibril. Lantas, malaikat Jibril pun menjawab, “Itu semua karena keistiqomahannya dalam membaca Surah Al Ikhlas tiap hari sebanyak 100 kali. Karena di dalamnya terdapat penjelasan tentang sifat-sifat Allah Swt. dan pujian untuk-Nya."

Meski demikian, hal tersebut tidak lantas menjadi alasan manusia untuk bermalas-malasan dalam membayar utangnya selama di dunia. Kisah ini justru menunjukkan tentang karomah bagi orang-orang yang istiqomah mengamalkan surat Al-Ikhlas.

5. Sebagai pembuka pintu surga

SIAPGRAK.COM.com

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW pernah menyampaikan saat mengetahui sahabatnya yang menjadi imam salat tidak pernah meninggalkan surat Al Ikhlas, “Kecintaanmu pada surat itu akan membantu memasukkanmu ke dalam surga.”

Kemudian, dituturkan oleh Abu Hurairah. Suatu hari ia sedang bersama Rasulullah, lalu beliau mendengar seseorang membaca surah Al Ikhlas. Maka Rasulullah bersabda:

“Telah wajib”.

Abu Hurairah bertanya, “Apa yang wajib?”

Rasulullah bersabda, “(Telah wajib baginya) surga.” (HR.Tirmidzi).

Itulah manfaat dan keutamaan membaca surah Al Ikhlas sebanyak 100 kali. Apabila diniatkan sebagai ibadah dan meminta perlindungan kepada Allah SWT maka membaca surah Al Ikhlas sebanyak 100 kali ini pun tidak akan terasa berat.

Yuk, mulai amalkan dari sekarang Ma!

  • 5 Keutamaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Penuh dengan Manfaat
  • Bacaan Surat An-Nasr: Arti dan Tafsirannya untuk Anak Pahami
  • Bacaan Surat At Takatsur, Arti, dan Tafsirannya dalam Alquran