Ardiansyah Runtuboy dan kawan-kawan rayakan kemenangan tim futsal di SEA Games 2021.
Ardiansyah Runtuboy dan kawan-kawan rayakan kemenangan tim futsal di SEA Games 2021.

Hanoi, Vietnam – Tim nasional futsal Indonesia sudah membuat sejarah baru dengan meraih minimal medali perak SEA Games di Vietnam 2021. Timnas futsal mengumpulkan nilai penting dalam perolehan poin sesudah menahan imbang Thailand dengan skor 1-1 pada pertandingan Rabu (18/05/2022).

Indonesia memimpin sementara perolehan poin cabang olahraga futsal putra yag berlangsung di Ha Nam, Vietnam. Timnas futsal menahan imbang Thailand dengan skor 1-1, sebelum tuan rumah Vietnam menang telak 4-0 atas Myanmar pada pertandingan selanjutnya, Rabu (18/05/2022).

Dua hasil membuat Indonesia yang memimpin tabel nilai sementara futsal putra. Dengan format round robin, timnas futsal mengumpulkan 8 poin dari empat pertandingan. Sambil menunggu laga Vietnam versus Thailand, Jumat (20/05/2022), Tim Merah-Putih minimal akan menempati urutan kedua.

Sebelum laga Jumat, Vietnam menempati posisi kedua di atas Thailand karena keunggulan selisih gol, yakni surplus 10 berbanding surplus 5, meski dua tim sama-sama memiliki 7 poin. Indonesia menyimpan selisih gol surplus 9.

Secara matematis, Vietnam hanya butuh hasil imbang melawan Thailand untuk melompati Indonesia dan meraih medali emas. Thailand justru wajib menang untuk merebut keping juara.

Bagi Indonesia, raihan medali perak di Vietnam menjadi torehan bersejarah karena merupakan peningkatan prestasi sejak tampil di SEA Games 2007 dengan meraup medali perunggu, begitu pun pada edisi 2011 dan 2013.

Asisten pelatih tim nasional futsal Indonesia, Sayan Karmadi, memuji timnya yang akan meraih minimal medali perak SEA Games 2021. "Kami dipastikan meraih medali perak. Anak-anak sudah bermain bagus," ujar Sayan yang menegaskan bahwa staf pelatih tetap akan mengevaluasi performa tim.

Timnas futsal Indonesia tidak bisa berleha-leha setelah SEA Games 2021 karena harus mengikuti Piala Asia Futsal AFC 2022 di Kuwait pada 25 September-20 Oktober 2022. (ant/raw)