iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max
iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max (Foto: Apple Newsroom).

SIAPGRAK.COM, Jakarta - Apple memimpin daftar smartphone terlaris global dengan seri iPhone 13 berada di posisi tiga besar di daftar itu.

Selain Apple, perusahaan lain yang menempati daftar itu adalah Samsung dan Xiaomi. Demikian menurut Global Monthly Handset Sales Tracker untuk April 2022 dari Counterpoint Research.

Sepuluh besar model smartphone teratas berkontribusi pada 89 persen total penjualan pada bulan itu. Mereka adalah sebagai berikut:

  • Apple iPhone 13 - 5,5%
  • Apple iPhone 13 Pro Max - 3,4%
  • Apple iPhone 13 Pro - 1,8%
  • Apple iPhone 12 - 1,6%
  • Samsung Galaxy S22 Ultra 5G - 1,5%
  • Samsung Galaxy A13 - 1,4%
  • Apple iPhone SE 2022 - 1,4%
  • Samsung Galaxy A03 Core - 1,4%
  • Samsung Galaxy A53 5G - 1,3%
  • Redmi Note 11 LTE - 1,3%

Lima smartphone Apple di daftar itu, menurut Counterpoint secara akumulatif menyumbang 89% dari total penjualan pada April 2022.

Karena lini produknya yang sedikit, Counterpoint menilai Apple selalu memiliki banyak di model dalam daftar tersebut.

Sebaliknya, dengan lini produk lebih luas dan lebih beragam, model teratas Samsung hanya menghasilkan 22% dari total penjualannya.

Daftar terlaris pada bulan itu menunjukkan peningkatan jumlah smartphone yang mendukung 5G. Smartphone 5G di dalam daftar itu mewakili sepertiga dari total penjualan smartphone 5G.

Kemampuan 5G, menurut Counterpoint, telah menjadi penawaran standar di perangkat flagships dan kehadirannya meningkat di rentang harga yang lebih rendah juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta SIAPGRAK.COM 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

iPhone 15 Bakal Jadi Ponsel Terakhir Apple dengan Lightning Port

Beberapa waktu lalu Komisi Uni Eropa dan negara-negara Eropa berusaha untuk menggolkan aturan standarisasi port USB Type-C.

Dengan aturan ini, maka seluruh antarmuka pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone harus menggunakan port bertipe tersebut.

Berhubung mayoritas perangkat Android saat ini sudah memakai port USB Type-C, bagaimana nasib Apple yang masih menggunakan Lightning?

Sebelumnya, Apple menentang penggunaan unifikasi USB Type-C oleh Uni Eropa. Namun perusahaan merilis iPad dan Mac dengan port USB Type C.

Kini, beberapa informasi menyebutkan Apple sepertinya akan mengikuti aturan tersebut dengan merilis iPhone dengan port USB Type-C.

Analis

Terkait hal ini, leaker @LeaksApplePro mengatakan, Apple akan menyematkan port USB Type-C di iPhone 15 Pro.

Mengutip cuitan LeaksApplePro, Selasa (14/6/2022), iPhone 15 akan menjadi model ponsel terakhir Apple yang menggunakan port Lightning.

Dia juga menyebutkan, Apple bakal pakai USB Type C atau tanpa port di iPhone 16 series.

Sebelumnya, analis Ming-Chi Kuo juga mengatakan, Apple akan meninggalkan port Lightning pada paruh kedua tahun 2023 dan beralih ke port USB Type-C.

Kabar ini juga diperkuat dengan informasi yang diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg. Dia berkata, Apple sedang mengujicoba iPhone pakai USB Type-C.

Patuhi Regulasi

Menurut laporan, negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa akan bertemu pada Selasa 7 Juni untuk membahas dan mencapai kesepakatan.

Komisi Uni Eropa akan berupaya menyatukan antarmuka pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone. Antarmuka terpadu akan menjadi USB Type -C yang kini banyak digunakan di Android.

Alasan hal ini diatur dan diterapkan karena alasan lingkungan. Pasalnya, antarmuka terpadu bisa dipakai kembali, mengurangi limbah, dan membuat pengguna hemat sekitar 250 juta euro per tahun.

Perlu diketahui, Uni Eropa juga sudah membahas proposal untuk menyatukan antarmuka perangkat digital selama lebih dari 10 tahun. Sebelumnya, Uni Eropa menerapkan kebijakan sebagian perangkat dengan port USB micro.

Menurut laporan, Uni Eropa tidak terbuka untuk adanya lobi. Uni Eropa bakal melaksanakan aturan ini dalam skala besar, termasuk penggunaan port USB Type-C untuk mengisi daya laptop.

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)