Ilustrasi jasa laundry. (Foto: Dok. SINDOnews)
Ilustrasi jasa laundry. (Foto: Dok. SINDOnews)

JAKARTA, SIAPGRAK.COM - Terdapat 15 usaha rumahan yang patut dicoba sekarang. Banyaknya pilihan usaha ini dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau menjadi usaha utama Anda.

Usaha rumahan tidak harus memiliki modal usaha yang besar atau banyak. Terdapat beragam usaha rumahan yang praktis dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Penting untuk diingat, dalam menjalankan bisnis ini diperlukan kesungguhan. Selain itu, yang harus diperhatikan juga yaitu produktif dan kreatif agar usaha dapat terus berkembang.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 15 usaha rumahan yang patut dicoba sekarang.

1. Jasa Laundry

Jasa laundry merupakan salah satu usaha rumahan yang bisa Anda lakukan. Sebab, saat ini jasa tersebut cukup dibutuhkan oleh orang yang tinggal sendiri atau pekerja kantoran.

Jasa laundry bakal menjadi pilihan bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Terlebih, usaha ini juga cocok dilakukan di rumah atau di pemukiman.

2. Kerajinan Tangan

Usaha ini cocok bagi Anda yang berjiwa kreatif dan hobi membuat kerajinan tangan. Anda bisa mencoba salah satu usaha rumahan yang bisa jadi prospek menjanjikan.

Diperlukan ketekunan, kerajinan, dan kejelian dalam melihat peluang usaha ini. Selain itu, modal yang diperlukan umumnya tidak begitu besar.

3. Bisnis Franchise Minuman

Tidak hanya makanan, bisnis franchise minuman saat ini juga banyak diminati. Sebab, usaha ini menjangkau banyak kalangan, terutama anak-anak.

Sekarang terdapat berbagai macam franchise minuman yang bisa dipilih berdasarkan minat maupun pasar di daerah Anda. Beberapa contoh bisnis minuman, seperti aneka teh dan kopi.

4. Dropshipper

Dropshipper merupakan salah satu pilihan untuk usaha rumahan. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun.

Sebab, Anda tidak perlu memiliki persediaan barang dalam menjalankan usaha ini. Anda hanya perlu menentukan jenis dan produk barang yang akan dijual. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memasarkan produk kepada calon konsumen agar mereka tertarik untuk membeli.

5. Bisnis Pakan Hewan Peliharaan

Bisnis pakan hewan peliharaan menjadi salah satu pilihan usaha rumahan. Sebab, tak dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, mulai dari kucing, anjing, burung, dll.

Anda dapat memanfaatkan satu ruang bagian dari rumah untuk menjual pakan hewan peliharaan.

6. Toko Kelontong

Jika di dekat tempat tinggal Anda jarang ditemui toko kelontong, Anda bisa mempertimbangkan bisnis tersebut. Sebab, salah satu usaha rumahan ini menguntungkan dan tidak membutuhkan tempat yang banyak.

7. Penerjemah

Salah satu pilihan usaha rumahan ini bisa Anda jalani, terutama jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing. Menjadi penerjemah bisa menghasilkan uang yang cukup besar, terutama jika kemampuan Anda telah tersertifikasi.

8. Reseller

Selain dropshipper, reseller bisa menjadi salah satu usaha rumahan untuk dijalankan. Berbeda dengan dropship, reseller biasanya menyimpan persediaan barang sebelum dijual kembali.

Adapun modal yang diperlukan untuk menjadi reseller dapat disesuaikan dengan produk yang berpotensi laris dan dibutuhkan banyak konsumen.

9. Thrift Shop

Bisnis menjual baju bekas yang masih layak pakai ini bisa menjadi usaha rumahan untuk dijalani. Belakangan ini, tren bisnis thrift shop menjadi tren yang sebenarnya mengacu pada sebutan preloved atau barang bekas.

Usaha ini cukup potensial karena Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk memasarkannya, Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Instagram.

10. Isi Ulang Pulsa

Jasa isi ulang pulsa merupakan usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil. Kebutuhan pulsa dan internet saat ini yang cukup tinggi membuat usaha ini diperlukan banyak orang.

Usaha ini bisa Anda jalankan dengan transaksi melalui agen pulsa. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan transaksi daring, seperti mobile banking untuk menjalankan usaha ini.

11. Aneka Kue Kering

Menjual aneka kue kering bisa jadi pilihan untuk memulai usaha. Modal usaha untuk bisnis ini umumnya tidak terlalu mahal.

Namun, Anda memerlukan kemampuan membuat kue untuk menjalankan usaha ini.

12. Jasa Cuci Kendaraan

Usaha ini sangat diminati, terutama saat memasuki musim penghujan. Anda dapat memulai usaha ini dengan modal minim dan bisa memanfaatkan tempat yang kecil.

13. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang desain grafis, maka usaha ini dapat Anda pertimbangkan untuk membuka jasa desain. Pasalnya, saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut untuk keperluan bisnis maupun pribadi mereka.

14. Blogger

Usaha rumahan ini ini cocok bagi Anda yang gemar menulis. Anda hanya memerlukan kemampuan menulis dan seperangkat laptop atau komputer untuk memulai usaha ini.

15. Tanaman Hidroponik

Bisnis tanaman hidroponik menjadi salah satu usaha rumahan yang membutuhkan modal kecil. Selain menambah estetika, hasil dari tanaman hidroponik, baik sayuran dan buah bisa langsung dikonsumsi.

Untuk menjalankannya, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Anda hanya perlu membeli bibit tanaman sayuran atau buah dan dan pipa sebagai wadah tanam.

Itu tadi ulasan mengenai 15 usaha rumahan yang patut dicoba sekarang. Semoga bermanfaat.