Banyak yang Melarang, Benarkah Tak Boleh Memotong Kuku saat Menstruasi?
Tidak ada dalil atau hadis yang melarang seorang perempuan yang sedang menstruasi untuk memotong kuku.

Selama ini masih banyak perempuan yang menganggap bahwa pantang memotong kuku atau rambut bila sedang haid atau menstruasi. Sebab, saat menstruasi kita dalam keadaan najis.

Karena seluruh anggota tubuh dianggap tidak suci, maka para perempuan dilarang untuk memotong kukunya. Lantas, benarkah memotong kuku saat menstruasi tidak diperbolehkan?

Tidak ada dalil atau hadis yang melarang seorang perempuan yang sedang menstruasi untuk memotong kuku. Bisa dibilang, isu yang beredar selama ini hanyalah mitos.

Dikutip dari An-Nur.ac.id, adapun larangan bagi perempuan yang sedang menstruasi yaitu shalat, puasa, thawaf, berdiam diri di masjid, membaca Alquran, menyentuh dan membawa mushaf hingga diceraikan.

Justru Rasulullah sendiri memperbolehkan ummul Mukmini Aisyah radhiyallahuanha untuk mengurai dan menyisir rambutnya saat Aisyah sedang haid.

Padahal, menyisir rambut sendiri bisa membuat tercabutnya rambut. Jadi, sama sekali tidak benar bahwa seorang perempuan tidak boleh memotong rambut atau mencuci rambut saat sedang menstruasi.

Justru saat mandi suci usai menstruasi semua bagian tubuh diharuskan tersiram air secara merata, termasuk sampai ke pangkal rambut dan kuku. Sebelum mandi, kuku harus dipotong.

Tak seperti isu yang beredar selama ini, potongan kuku tersebut boleh dibuang tanpa harus diikutkan dalam mandi suci.