Cara-Memasak-Daging-Kerbau-yang-Baik-dan-Benar.-Empuk-Lezat-dan-Bebas-Bau-Prengus-4.jpg

Tahu tidak Parents, kalau ternyata daging kerbau itu kualitasnya lebih bagus karena rendah kolesterol dibanding daging sapi. Yang pasti jangan lupa perhatikan cara memasak daging kerbau agar rasanya lebih nikmat.

Daging kerbau memang masih jarang dikonsumsi di Indonesia. Namun kuliner terkenal berbahan daging kerbau salah satunya adalah Soto Kudus.

Daging kerbau harganya jauh juga lebih murah dibandingkan daging sapi yang sudah begitu terkenal di dunia perkulineran. Tapi daging kerbau juga sangat bagus loh Parents untuk dikonsumsi.

Artikel Terkait : Memiliki Banyak Manfaat, Ini Kandungan Gizi Susu Kerbau

Buat Parents yang sedang diet, mengkonsmsi daging kerbau sangat bagus loh! Ini karena daging kerbau sangat rendah kandungan lemak dan kolesterolnya. Jadi tentu lebih sehat untuk dimakan dibanding daging sapi.

Cara Memasak Daging Kerbau yang Baik dan Benar

Cara Memasak Daging Kerbau yang Baik dan Benar. Empuk, Lezat dan Bebas Bau Prengus! (3)

Memasak daging kerbau susah susah gampang. Jika tak benar cara mengolahnya, daging kerbau bisa keras dan berbau prengus.

Penasaran caranya? Berikut tips lengkap cara memasak daging kerbau ya Parents!

1. Jangan pernah mencuci daging kerbau sebelum diolah

kerbau buffalo

Setelah mendapat daging kerbau, pertama wajib tidak mencucinya agar pembusukan tidak terjadi begitu cepat. Lebih baik segera bersihkan lemak yang menempel pada daging agar bau busuk hilang. Jika susah memotong lemak, bekukan dalam freezer sehingga mengeras nanti akan mudah membuang lemak di pinggir daging.

2. Pakai rempah-rempah alami untuk bumbu daging kerbau agar tidak berbau

bumbu jahe

Gunakan bumbu rempah Indonesia yang tepat untuk mengatasi bau prengus dari daging kerbau. Bumbu rempah akan menyamarkan bau yang menyengat pada daging kerbau. Bisa gunakan bumbu dapur yang memiliki aroma wangi seperti jahe, daun jeruk, daun salam, kemangi dan daun serai.

Yang sering digunakan biasanya jahe, karena selain bisa menutupi bau daging kerbau juga bisa membuat tekstur daging lebih cepat empuk. Ini berkat enzim proteolitik jahe yang bisa memecah ikatan protein daging dengan cepat. Daging kerbau jadi tidak apek dan cepat lunak.

3. Bisa gunakan air jeruk nipis

daging kerbau lezat

Parents bisa menggunakan air jeruk nipis agar bau tak sedap di daging kerbau berkurang. Air jeruk nipis bisa meminimalisir bau amis dan membasmi kuman yang bersarang di lapisan daging.

4. Gunakan nanas halus

Sebenarnya bisa diparut dan disebar pada daging kerbau, tapi bila Anda mau, bisa menghaluskan nanas dengan cara diblender. Getah pada nanas akan melunakkan daging kerbau yang alot dan menyamarkan bau daging yang amis.

5. Cara memasak daging kerbau harus pakai api kecil

cara memasak daging kerbau

Daging kerbau ini darahnya sangat banyak, karena itu bila dimasak dengan api kecil atau slow cooking akan sangat cocok. Daging tidak akan pecah saat pengolahannya dan tingkat kematangan yang menyebar sempurna. Jangan lupa diaduk ya Parents saat masak dengan api kecil itu!

6. Bungkus dengan daun pepaya

Gunakan daun pepaya untuk membungkus daging kerbau selama kurang lebih 20 menit. Jangan terlalu lama ya Parents biar tidak pahit. Daging kerbau akan lebih empuk berkat enzim papain dalam daun pepaya.

7. Potongan daging kerbau jangan terlalu besar

daging kerbau burger

Jangan lupa potong daging kerbau yang melawan serat ya dan tidak terlalu besar potongannya biar daging mudah empuk. Bila potongan tipis maka akan lebih mudah memasak dalam temperatur rendah.

Resep Pilihan Cara Memasak Daging Kerbau Menu Semur

resep semur daging kerbau

Paling gampang memang daging kerbau dibuat masakan semur. Berikut resep semur daging kerbau yang bisa Parents coba!

Bahan yang diperlukan :

  • 1 kg daging kerbau potong sesuai selera
  • 1 ruas jahe digeprek
  • 2 butir cengkeh
  • 1/2 biji pala
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 kentang, potong sesuai selera dan goreng
  • 1 sdt garam
  • 7 sdm kecap manis
  • 600 ml air panas

Bumbu halus :

5 siung bawang merah
5 siung bawang putih

Cara memasak daging kerbau menjadi semur :

makan daging kerbau
  • Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan cengkeh pala, lada dan jahe, aduk dan masak sampai harum, masukkan daging.
  • Masak sampai berubah warna, masukkan kecap manis, aduk dan masak sampai keluar air, tambahkan air panas, tutup panci dan kecilkan api, masak sampai daging empuk.
  • Masukkan kentang goreng, masak sampai bumbu meresap (air surut),
  • Koreksi rasa
  • Siap disantap dan sajikan saat hangat

Bagaimana Parents? Tertarik untuk mencoba cara memasak daging kerbau untuk menu keluarga? Jangan lupa ikuti tipsnya ya! Semoga berhasil!

Makan Daging Kambing Bisa Sebabkan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

Sejarah dan Resep Sop Konro, Kuliner Tradisional Khas Makassar

Ini Dia Makanan Khas Terkenal di ASEAN, Wajib Parents Coba