CNET
ilustrasi iOS 15

SIAPGRAK.COM - Apple menggelontorkan pembaruan software iOS 15.2.1 dan iPadOS 15.2.1, untuk perangkat iPhone dan iPad.

Melalui pembaruan ini, Apple membawa sejumlah perbaikan untuk mengatasi celah dan bug yang ditemukan di iOS 15.2.

Salah satunya adalah perbaikan bug yang membuat foto dari iCloud Link gagal dimuat jika dikirim melalui pesan.

iCloud Link sendiri merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video melalui iPhone, iPad, iPod touch, dan situs iCloud.com.

Layanan ini bersifat sementara, sehingga seluruh foto yang dibagikan melalui iCloud Link akan terhapus secara otomatis setelah 30 hari.

Setelah berhasil disimpan di iCloud Link, pengguna bisa menyalin tautan (link) dari foto atau video untuk dibagikan melalui pesan di layanan Messages atau Mail.

Namun dikarenakan adanya bug, pengguna iOS yang menerima foto melalui tautan di layanan Messages kerap kali tidak dapat memuat foto yang dimaksud.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan karena pengguna tidak bisa melihat foto yang dicantumkan pada pesan singkat yang dikirim orang lain.

iOS 15.2.1 ini juga mengatasi bug yang ditemukan dalam protokol HomeKit. Bug tersebut merupakan celah yang dapat membuat iPhone atau iPad tidak berfungsi.

Melalui celah tersebut, individu jahat dapat mengubah nama perangkat yang kompatibel dengan HomeKit menjadi lebih dari 500.000 karakter. Hal inilah yang dapat membuat perangkat tidak berfungsi.

Perbaikan lainnya fokus pada layanan aplikasi CarPlay pihak ketiga yang terkadang kesulitan untuk merespons input pengguna.

Kehadiran bug yang satu ini nampaknya cukup menjengkelkan, mengingat tingginya laporan dari pengguna iPhone yang mengeluhkan masalah serupa.

Biasanya, pembaruan iOS bisa didapatkan secara otomatis. Hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi khusus di perangkat

Namun apabila tidak mendapatkannya, pengguna bisa memperbarui sistem secara manual. Caranya, pengguna dapat mengakses menu Settings > General > Software update.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (15/1/2022), update iOS 15.2.1 berukuran sekitar 970 MB.

Penulis : Kevin Rizky Pratama Editor : Yudha Pratomo