ilustrasi probiotik. authoritynutrition.com
Manfaat probiotik membantu keseimbangan bakteri usus yang sehat dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa keseimbangan atau ketidakseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan, berkaitan dengan kesehatan dan penyakit secara keseluruhan.

Manfaat probiotik berperan banyak bagi kesehatan. Manfaat probiotik bahkan bisa menjaga jantung hingga pencernaan. Probiotik ialah bakteri. Dalam tubuh terdapat sejumlah bakteri yang dikatakan melebihi jumlah sel tubuh dengan rasio 10 banding 1. Namun, sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa rasionya mendekati 1 banding 1.

Menurut perkiraan ini, berarti ada 39–300 triliun bakteri yang hidup di dalam tubuh. Sebagian besar bakteri ini berada di usus, dan sebagian besar tidak berbahaya. Beberapa bakteri memberikan manfaat, dan beberapa lainnya dapat menyebabkan penyakit. Salah satu yang memberi manfaat kesehatan bagi tubuh ialah probiotik.

Probiotik sendiri merupakan jenis bakteri ramah yang memberikan manfaat kesehatan. Probiotik biasanya berbentuk bakteri dan jenis ragi tertentu juga dapat berfungsi sebagai probiotik. Anda bisa mendapatkan manfaat probiotik dari suplemen, serta dari makanan yang disiapkan dengan fermentasi bakteri.

Manfaat probiotik membantu keseimbangan bakteri usus yang sehat dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa keseimbangan atau ketidakseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan, berkaitan dengan kesehatan dan penyakit secara keseluruhan.

Berikut ini SIAPGRAK.COM sampaikan apa saja manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh yang dirangkum dari Healthline.

Membantu Menyeimbangkan Bakteri Baik di Sistem Pencernaan

Manfaat probiotik yang pertama adalah untuk membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam pencernaan. Probiotik termasuk bakteri "baik". Ini adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan manfaat kesehatan ketika dikonsumsi. Manfaat ini diduga hasil dari kemampuan probiotik untuk mengembalikan keseimbangan alami bakteri usus.

Ketidakseimbangan menandakan ada terlalu banyak bakteri jahat dan tidak cukup bakteri baik. Ini bisa terjadi karena penyakit, obat-obatan seperti antibiotik, pola makan yang buruk dan banyak lagi. Konsekuensinya dapat berupa masalah pencernaan, alergi, masalah kesehatan mental, obesitas dan banyak lagi.

Mencegah dan Mengobati Diare

©Shutterstock.com/ Alliance

Manfaat probiotik yang kedua yaitu untuk mencegah diare. Probiotik memiliki kemampuan untuk mencegah diare atau mengurangi tingkat keparahannya. Diare adalah efek samping dari penggunaan antibiotik. Kondisi ini terjadi karena antibiotik dapat berdampak negatif pada keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus.

Beberapa penelitian menunjukkan penggunaan probiotik dikaitkan dengan penurunan risiko diare terkait antibiotik. Dalam satu penelitian, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi probiotik mengurangi diare terkait antibiotik sebesar 42%. Probiotik juga dapat membantu mengatasi bentuk diare lain yang tidak terkait dengan antibiotik.

Meningkatkan Kondisi Kesehatan Mental

Manfaat probiotik yang ketiga yakni untuk meningkatkan kondisi mental. Sebuah tinjauan dari 15 penelitian pada manusia menemukan bahwa suplementasi dengan strain Bifidobacterium dan Lactobacillus selama 1-2 bulan dapat menurunkan tingkat kecemasan, depresi, autisme, gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dan memori.

Satu studi yang diikuti 70 pekerja kimia selama 6 minggu, yang mengonsumsi 100 gram yogurt probiotik per hari atau mengonsumsi kapsul probiotik setiap hari mengalami manfaat untuk kesehatan umum, depresi, kecemasan, dan stres.

Menjaga Kesehatan Jantung

©www.canadianliving.com

Manfaat probiotik yang keempat adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol LDL ("jahat") dan tekanan darah. Bakteri penghasil asam laktat tertentu dapat mengurangi kolesterol dengan memecah empedu di usus.

Empedu, cairan alami yang sebagian besar terbuat dari kolesterol, membantu pencernaan. Dengan memecah empedu, probiotik dapat mencegahnya diserap kembali di usus, di mana ia bisa masuk ke darah sebagai kolesterol.

Mengurangi Alergi dan Eksim Tertentu

Manfaat probiotik yang kelima yakni untuk mengurangi alergen dan eksim tertentu. Strain probiotik tertentu dapat mengurangi keparahan eksim pada anak-anak dan bayi. Satu studi menemukan gejala eksim yang membaik dari bayi yang diberi susu suplemen probiotik, dibandingkan dengan bayi yang diberi susu tanpa probiotik.

Studi lain dilakukan dengan mengikuti anak-anak dari wanita yang mengonsumsi probiotik selama kehamilan. Anak-anak tersebut memiliki risiko 83% lebih rendah terkena eksim dalam dua tahun pertama kehidupan.

Namun, hubungan antara probiotik dan pengurangan keparahan eksim masih lemah dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat probiotik yang terakhir adalah untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda dan menghambat pertumbuhan bakteri usus yang berbahaya. Selain itu, beberapa probiotik terbukti meningkatkan produksi antibodi alami dalam tubuh. Mereka juga dapat meningkatkan sel kekebalan seperti sel penghasil IgA, limfosit T dan sel pembunuh alami.

Sebuah tinjauan besar menemukan bahwa mengonsumsi probiotik mengurangi kemungkinan dan durasi infeksi pernapasan. Namun, kualitas buktinya rendah. Studi lain termasuk lebih dari 570 anak-anak menemukan bahwa mengambil Lactobacillus GG dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan infeksi pernapasan sebesar 17%.