Kisah keturunan Belanda hidup di kampung/ Foto: YouTube: Alman Mulyana
Kisah keturunan Belanda hidup di kampung/ Foto: YouTube: Alman Mulyana

Tak sulit menemukan warga keturunan Belanda di Indonesia, bahkan di luar area perkotaan sekalipun. Di sebuah kampung di Garut, Jawa Barat, contohnya.

Tinggal sebuah keluarga keturunan bule Belanda yang hidup sederhana. Padahal usut punya usut, mereka adalah pemilik tanah yang amat luas dan tentu nilainya fantastis.

Hal ini diungkapkan oleh YouTuber Alman Mulyana. Melalui channel YouTubenya, pria tersebut mengunjungi rumah seorang wanita tua yang dibangun di tengah-tengah tanah luas yang berasal dari warisan turun temurun.

"Jadi tuan tanah, tanahnya luas di mana-mana, tapi hidupnya sederhana," tutur Alman, dikutip pada Sabtu (4/9/2021).

"Ini yang lahan kosong saja berapa ribu meter. Luas sampai ke sana," sambil menunjukkan hamparan tanah kosong di depannya.

Alman menceritakan bahwa keluarga ini memang dikenal kaya raya, Bunda. Walau begitu, mereka tak menunjukkannya sama sekali. Keluarga ini bahkan hanya tinggal dalam rumah yang dibangun dengan amat sederhana.

Mereka tinggal di pinggiran sebuah kampung di Garut. Enggak hanya itu, keluarga tersebut bekerja sebagai petani saja untuk bertahan hidup bersama-sama, lho.

"Dahulunya itu kaya raya tetapi yang saya suka karena lebih memilih hidup sederhana dengan rumah minimalis seperti ini ya teman-teman, lihat rumahnya ini," katanya sambil mengarahkan kamera pada bangunan rumah.

Tak lama kemudian, Alman pun bertemu dengan sosok wanita yang memiliki darah Belanda tanpa menyebutkan namanya. Meski keriput mendominasi kulitnya, namun wajah khas bule Belanda pada wanita kelahiran 1953 itu masih terlihat jelas.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga perjuangan pria Jambi menikahi sang istri yang berasal dari Turki, Bunda: