SIAPGRAK.COM - Timnas Putri Australia tampil trengginas ketika menghadapi Timnas Putri Indonesia di laga perdana grup B Piala Asia Wanita 2022. Tim berjuluk The Matildas ini memukul telak Timnas Putri Indonesia dengan skor 18-0.

Timnas Australia memang tampil dengan kekuatan penuh ketika menghadapi Timnas Putri Indonesia. Perbedaan kelas langsung tersaji sejak menit awal pertandingan.

Bintang Timnas Putri Ausyralia, Samantha Kerr, tampil gemilang di laga ini. Pemain yang bermain bersama Chelsea ini membukukan lima gol.

Bermain dengan trengginas ternyata Timnas Australia memiliki alasan kuat. Baginya hal tersebut sebagai bukti mereka menghormati Timnas Putri Indonesia.

"Saya pikir kami telah menunjukkan rasa hormat tertinggi kepada Indonesia hari ini dengan keluar dengan tim terbaik kami," ucap Samantha Kerr.

Buka tanpa alasan, Kerr menambahkan bahwa pihak Timnas Australia lebih dahulu memantau Garuda Pertiwi. Itu juga menjadi bukti bahwa Australia tak menganggap remeh Timnas Putri Indonesia.

"Kami mengintai mereka sebelum pertandingan dan tahu mereka memiliki beberapa pemain yang sulit dan kami tidak akan menganggapnya enteng. Ini adalah Piala Asia dan kami di sini untuk melaju sejauh mungkin di turnamen ini," tambahnya.

1. Skuad Terbaik

Pertandingan antara Australia vs Timnas Indonesia di Asian Cup Women India 2022. Foto: PSSI

Sementara itu, Pelatih Timnas Putri Australia, Tony Gustavsson juga mengamini pernyataan Sam Kerr di balik keputusan menurunkan komposisi terbaik melawan Timnas Indonesia, yang di atas keras memang berada jauh di bawah Australia.

"Saya pikir ada banyak alasan, salah satunya karena ini adalah pertandingan pembuka turnamen dan sangat penting untuk mengatur ritme agar tim memulai dengan baik."

"Saya pernah berada dalam situasi yang sama sebelumnya sebagai pelatih yang pergi ke turnamen melawan tim berperingkat lebih rendah dan tahu betapa pentingnya memperlakukan tim itu dengan hormat, tetapi juga menunjukkan rasa hormat terhadap nilai-nilai dan standar kami," katanya.

Timnas Australia baik pria dan wanita memang dikenal tak segan-segan dalam menghabisi lawannya mengingat banyaknya kemenangan besar yang didapatkan di ajang resmi internasional, termasuk yang teranyar di Piala Asia Wanita.