newborn-lead.jpg

Merawat bayi yang baru saja dilahirkan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang. Apalagi bagi orang tua baru, mungkin masih ada banyak hal yang tidak diketahui tentang bayi sehingga perlu mencari tahunya agar lebih mudah dalam memahami kebutuhan si kecil. Nah, beberapa hal di bawah ini adalah fakta-fakta unik mengenai bayi baru lahir yang jarang diketahui orang. Apa saja?

Fakta Unik Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui Orang

1. Bentuk Kepala Bayi Akan Berubah Seiring Usianya Bertambah

fakta unik bayi baru lahir

Ketika bayi lahir, beberapa orang tua merasa cemas saat menyadari kepala bayinya yang terlihat aneh, seperti tidak berbentuk bulat atau terlalu lonjong. NamunParents tidak perlu khawatir karena hal ini adalah normal.

Bentuk kepala bayi yang tidak proporsional disebabkan oleh posisinya ketika berada di dalam kandungan. Kepala bayi terjepit oleh tulang panggul dalam waktu yang lama. Seiring bertambahnya usia, kepala bayi Anda akan kembali normal dan menjadi bayi yang cantik.

2. Mudah Tersentak, Fakta Unik Bayi Baru Lahir

fakta unik bayi baru lahir

Parents mungkin akan sering melihat bayi tersentak atau bergerak secara tiba-tiba ketika ia berada di minggu-minggu pertama usia kelahirannya. Faktanya, kejadian seperti itu adalah hal yang normal. Hal ini dikarenakan bayi yang baru lahir belum sepenuhnya mampu mengendalikan tubuhnya di ruang bebas setelah berbulan-bulan berada di dalam rahim.

Sistem sarafnya yang masih berkembang mengirimkan impuls listrik ke anggota tubuhnya lebih banyak dari seharusnya sehingga membuat gerakan-gerakan tersentak pada kaki, tangan, atau kepalannya. Gerakan refleks tersebut biasanya akan hilang setelah beberapa minggu dan akan hilang sepenuhnya setelah ia berusia 3 bulan.

Artikel terkait: 10 Nasihat Terburuk untuk Merawat Bayi Baru Lahir

3. Bayi Baru Lahir Cenderung Selalu Lapar

fakta unik bayi baru lahir

Pada minggu-minggu pertama usia kelahiran, Bunda mungkin merasa si kecil selalu lapar dan menyusui sepanjang waktu. Sebenarnya, ini adalah hal yang normal karena bayi baru lahir membutuhkan banyak kalori untuk pertumbuhannya yang sangat pesat.

Sampai bayi berusia 6 bulan, bobotnya akan naik dua kali lipat. Namun, Parentsjuga tetap harus memperhatikan apabila yang diinginkannya hanyalah kenyamanan dari orang tuanya.

4. Tangan dan Kaki Bayi Baru Lahir Selalu Terasa Dingin

fakta unik bayi baru lahir

Jika Parentsmerasakan tangan dan kaki bayi terasa dingin jangan langsung panik, hal tersebut bisa jadi normal. Hal pertama yang harus Parents lakukan ketika mendapati situasi seperti ini adalah memeriksa suhu tubuhnya secara keseluruhan. Perhatikan warna kulitnya secara menyeluruh, apabila berwarna pinkdan terasa hangat, berarti bayi tidak kedinginan.

Hal ini dapat disebabkan sistem peredaran darah bayi masih berkembang, sehingga darah lebih sering dialirkan ke organ dan sistem vital lainnya yang paling membutuhkan. Jari tangan dan kaki adalah tempat terakhir yang akan menerima suplai darah. Biasanya, dibutuhkan 3 bulan sampai sirkulasi bayi dapat beradaptasi secara sempurna dengan dunia luar.

5. Tidak Mengeluarkan Air Mata Ketika Menangis

Beberapa orang tua akan merasa panik atau khawatir ketika mendapati bayi mereka menangis dengan keras tetapi tidak mengeluarkan air mata. Sebenarnya, ini juga terbilang normal karena umumnya bayi baru akan mengeluarkan air mata ketika ia telah berusia 1 bulan.

6. Beberapa Tanda Lahir Akan Hilang dengan Sendirinya

Beberapa bayi lahir dengan tanda di bagian tubuh tertentu. Tanda lahir bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan atau membahayakan, tetapi terkadang orang tua cukup terganggu apabila tanda lahir muncul di tempat-tempat mencolok seperti di wajah. Beberapa tanda lahir akan hilang dengan sendirinya ketika bayi berusia 6 bulan.

Artikel terkait:

7. Bayi Baru Lahir Tidak Punya Tempurung Lutut

fakta unik bayi baru lahir

Sebelum panik dan berpikiran macam-macam ketika menemukan si kecil tidak memiliki tempurung lutut, Parentsharus mengetahui fakta bahwa bayi memang dilahirkan tanpa tempurung lutut atau disebut tulang patella. Sejatinya, tulang ini sudah ada, tetapi masih berbentuk tulang rawan dan belum berkembang dan berbentuk sempurna. Tempurung lututnya baru akan mengeras dan terbentuk sempurna setelah ia berusia tiga sampai lima tahun.

Artikel terkait:

8. Tampak Berhenti Bernapas Saat Tidur, Fakta Unik Bayi Baru Lahir

Tentu akan sangat mengejutkan jika mendapati si kecil berhenti bernapas, ya, Parents. Sebelum mengambil tindakan apa pun, sebaiknya Parents memperhatikan terlebih dahulu apa yang terjadi.

Terkadang bayi bisa menahan napas 5 sampai 10 detik saat sedang tidur. Ini terjadi karena bayi baru lahir belum memiliki pernapasan yang teratur, pusat kendali napas di otaknya belum matang sempurna. Namun demikian, Parents tetap harus waspada apabila sewaktu-waktu dibutuhkan tindakan medis terkait pernapasan si kecil.

Nah, itu dia beberapa fakta unik bayi baru lahir. Pernahkan buah hati Parents mengalaminya?

Artikel telah ditinjau oleh:
dr. Gita Permatasari
Dokter Umum dan Konsultan Laktasi

Jika Parents ingin berdiskusi seputar pola asuh, keluarga, dan kesehatan serta mau mengikuti kelas parenting gratis tiap minggu bisa langsung bergabung di komunitas Telegram theAsianparent.

:

Skincare Aman untuk Bayi Baru Lahir & Urutan Penggunaannya

Cara tepat memandikan bayi baru lahir (disertai gambar)

Bolehkah bayi baru lahir diberikan kurma? Ini penjelasannya