gempa-banten.jpg

Parents yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, serta kawasan Banten dan Jawa Barat dikejutkan oleh guncangan gempa bumi pada Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16:05 WIB. Menurut informasi yang disampaikan oleh akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, pusat gempa bermagnitudo 6,7 tersebut terdeteksi pada kedalaman 10 km, pada koordinat 7.01 LS-105.26 BT, yang berjarak 52 kilometer sebelah Barat Daya Sumur-Banten.   Menurut pengakuan seorang warga di Tangerang, gempa dirasakan hingga sekira 1 menit lamanya.    “Wah lumayan lama ini gempanya, kira-kira satu menit, dari sejak sadar ada gempa, lari keluar kamar, sampai buka pintu dan sampai di luar, duduk di bawah gazebo taman, masih kerasa gempanya,” tutur Ratna seorang warga Tangerang.   Beruntung Parents, menurut BMKG, gempa yang terjadi di Banten ini tidak berpotensi tsunami.

Mengutip keterangan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. yang diterima theAsianparent.com, menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempa bumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kabarnya, warga setempat berlarian keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan. Dari sejumlah foto yang disertakan dalam laporan, terlihat pula sejumlah rumah yang mengalami kerusakan pada bagian depannya. 

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan bahwa guncangan gempabumi itu juga sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

Adapun BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal yang sama, bahwa guncangan gempabumi dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Lampung Barat tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dan kerugian materiil masih dalam proses pendataan.

:

Sama-Sama Sultan, 5 Potret Persahabatan Maharani Kemala dan Shandy Purnamasari

Potret Sylvia Fully Hamil Anak Ketiga dan Jejak Kariernya di Industri Hiburan

Ajukan Damai, Doddy Ingin Perwalian Gala Sky Jatuh pada Keluarganya