Suporter Vietnam ikut menyaksikan duel antara Indonesia U-23 melawan Filipina di Stadon Viet Tri, Jumat (13/5/2022)
Suporter Vietnam ikut menyaksikan duel antara Indonesia U-23 melawan Filipina di Stadon Viet Tri, Jumat (13/5/2022). (SIAPGRAK.COM?Muhammad Adiyaksa)

SIAPGRAK.COM, Hanoi - Kepopuleran Liga Inggris tidak terbantahkan. Premier League menjadi kompetisi yang paling menarik di banyak negara, termasuk Vietnam selaku tuan rumah SEA Games 2021.

Masyarakat Vietnam memang identik dengan sepak bola. Istilahnya gila bola. Kegiatan nonton bareng (nobar) kerap digelar di kafe-kafe pinggir jalan.

"Saya suka sepak bola. Saya adalah pendukung Arsenal," kata Thuang, seorang pramusaji restoran hotel di Hanoi kepada SIAPGRAK.COM, Jumat (20/5/2022).

Di tengah gelaran SEA Games 2021, sepak bola kembali menjadi olahraga yang sangat digandrungi masyarakat Vietnam.

Charlie, pramusaji lainnya membenarkan, bahwa warga Vietnam begitu antusias dengan Premier League. Pria bertubuh besar itu mengatakan bahwa sejumlah kafe di Hanoi sudah pasti menyiapkan nobar Premier League pada akhir pekan ini.

"Nanti sudah pasti ada nonton bareng di kafe-kafe Hanoi. Mereka telah rutin menggelar acara seperti itu, terutama Liga Inggris," imbuh Charlie yang menggemari Manchester United.

SIAPGRAK.COM

Suporter Vietnam ikut menyaksikan duel antara Indonesia U-23 melawan Filipina di Stadon Viet Tri, Jumat (13/5/2022)
Suporter Vietnam ikut menyaksikan duel antara Indonesia U-23 melawan Filipina di Stadon Viet Tri, Jumat (13/5/2022). (SIAPGRAK.COM?Muhammad Adiyaksa)

Masyarakat Vietnam memang sangat menggandrungi olahraga sepak bola. Terutama saat mendukung dengan total kiprah Timnas Vietnam, termasuk di ajang SEA Games 2021 kali ini.

Selain Liga Inggris, masyarakat setempat juga militan dalam mendukung Timnas Vietnam. Belasan hingga puluhan ribu suporter selalu berbondong-bondong ketika tim berjuluk Golden Stars itu berlaga.

Bukti dari gila bolanya warga Vietnam terjadi dalam babak semifinal SEA Games 2021. Masyarakat Kota Nam Dinh memenuhi partai Thailand kontra Timnas Indonesia U-23 pada Kamis (19/5/2022) di Stadion Thien Truong. Padahal, bukan tuan rumah yang bertanding.

Persaingan Musim Ini

Foto: 7 Musim Terketat di Liga Inggris, Gelar Juara Harus Ditentukan Hingga Pekan Terakhir
Musim 2021/2022. Serupa dengan musim 2018/2019, Manchester City dan Liverpool kembali bersaing memperebutkan gelar juara Liga Inggris hingga pekan terakhir. Hingga pekan ke-37, Man City mengoleksi 90 poin dan The Reds mengumpulkan 89 poin. Menarik untuk ditunggu apakah sejarah musim 2018/2019 akan terulang, atau Man City justru terpeleset di pekan terakhir dan justru Liverpool yang merebut gelar juara dengan kemenangan di pekan pamungkas?

Liga Inggris akan mempertandingkan pekan terakhir atau ke-38 pada Minggu (25/5/2022). Dua tim masih bersaing untuk menjadi juara. Keduanya adalah Manchester City dan Liverpool.

Namun, Manchester City masih terdepan dalam perburuan trofi Liga Inggris. Tim berjuluk The Citizens itu memiliki 90 poin, unggul sebiji angka dari Liverpool.

Dalam matchday terakhir Premier League, Manchester City akan menjamu Aston Villa sementara Liverpool bakal meladeni perlawanan Wolverhampton Wandereres.

Timnas Vietnam ke Final SEA Games 2021

SEA Games - Ilustrasi Cabor Sepak Bola

SEA Games - Ilustrasi Cabor Sepak Bola (SIAPGRAK.COM/Adreanus Titus)

Masyarakat Vietnam sedang dalam euforia tinggi menyambut kiprah Timnasnya di SEA Games 2021. Timnas Vietnam berhasil melaju ke partai final untuk menantang Thailand.

Mereka sukses mengatasi Malaysia di babak semifinal, Kamis (19/5/2022). Gol semata wayang Tien Linh pada babak perpanjangan waktu, cukup membawa Vietnam menang 1-0 atas Malaysia.

Sementara Thailand berhasil menyingkirkan Timnas Indonesia U-23 di semifinal.

Jadwal Final SEA Games 2021

SEA Games - Ilustrasi SEA Games Vietnam 2
SEA Games - Ilustrasi SEA Games Vietnam 2 (SIAPGRAK.COM/Adreanus Titus)

Final Cabang Sepak Bola SEA Games 2021

  • Thailand Vs Vietnam
  • Minggu, 2 Mei 2022
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Pukul: 19.00 WIB

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca SIAPGRAK.COM bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

View this post on Instagram

A post shared by SIAPGRAK.COM (@bolacomid)