Pulau Jeju merupakan salah satu provinsi dengan pulau terbesar di Korea Selatan dan menjadi tempat liburan terbaik. Tidak hanya wisatawan asing, tetapi juga bagi wisatawan lokal.

Dengan keindahan alam yang menakjubkan, tidak heran Pulau Jeju banyak diburu. Bahkan, para produser drama dan film Korea pun turut berburu keindahan Pulau Jeju untuk diabadikan sebagai latar syuting drama maupun film.

Bagi Mama dan keluarga yang ingin berkunjung ke Pulau Jeju, tidak perlu khawatir. Sebab, Pulau Jeju adalah satu-satunya destinasi bebas visa bagi warga negara Indonesia. Akan tetapi, bebas visa tersebut hanya berlaku apabila Mama terbang menuju Pulau Jeju langsung tanpa melalui Seoul.

Nah, kali ini SIAPGRAK.COM telah merangkum 15 spot instagramable di Pulau Jeju, Korea Selatan yang bisa Mama dan keluarga kunjungi saat liburan. Disimak sampai akhir yuk, Ma!

1. Jeju Swiss Village

Instagram/seokz_15

Meskipun sedang di Korea Selatan, Mama juga bisa menikmati pemandangan dengan gaya bangunan Eropa.

Jeju Swiss Village merupakan desa wisata yang dibangun dengan gaya Eropa.

Cat yang didominasi dengan warna merah dan kuning pada dinding-dinding bangunan tampak sangat atraktif, sehingga memberikan kesan ceria yang instagramable.

Selain itu, Mama juga bisa menikmati berbagai hidangan yang disediakan dan tidak perlu susah payah mencari penginapan. Sebab, bangunan Jeju Swiss Village ini digunakan sebagai restoran, kafe, dan pertokoan di lantai pertama, serta penginapan atau tempat tinggal di lantai dua.

2. Jeju Folk Village

Instagram/jejufolk

Jeju Folk Village dikenal sebagai tempat klasik alias Jeju tempo dulu. Saat Mama berkunjung ke Jeju Folk Village, Mama tidak hanya dimanjakan dengan keindahannya saja, tetapi juga kekayaan peninggalan budaya Jeju.

Terdapat 117 bangunan dan fasilitas umum yang dibangun dengan tema suasana perkampungan Jeju pada periode 1890-an. Kelima tema tersebut adalah Sanchon (pemukiman keagamaan), Eochon (pemukiman nelayan), Tosoksinangchon (pemukiman keagamaan), Jeju Yeongmun (bangunan pemerintahan di masa Dinasti Joseon), dan rumah pengasingan.

Selain itu, ada pula ribuan peralatan kuno yang terbuat dari bambu, tanah liat, porselen, dan besi. Di dalam Jeju Folk Village juga terdapat Gwangjang Waterfall atau air terjun yang disertai taman indah dengan beragam warna bunga.

3. Gimnyeong Maze Park

Instagram/gimnyeong _maze_park

Mau liburan yang menantang, tetapi tetap aman, Ma? Gimnyeong Maze Park bisa jadi pilihan. Gimnyeong Maze Park merupakan sebuah labirin yang didesain oleh perusahaan terkenal Adrian Fisher Minotaur Maze Designs, dan didanai oleh seorang profesor Amerika di Universitas Nasional Cheju, Frederic H. Dustin. 

Labirin ini akan memberikan sensasi keseruan akibat terjebak di dalamnya. Uniknya, labirin ini terdiri dari tumbuh-tumbuhan dari seluruh Asia dan memiliki tujuh gambar yang digabungkan menjadi satu, yakni seekor ular, yang merupakan objek yang disembah sampai pertengahan tahun 70an; kuda asli Pulau Jeju, yang dibawa ke tempat itu oleh orang Mongolia pada tahun 1276; kapal Sparrowhawk; dan dolmen yang menjadi peninggalan jaman perunggu. 

Gambar-gamber tersebut merupakan simbol terkenal sekaligus landmark Pulau Jeju.

Kalau Mama dan keluarga berfoto di labirin Gimnyeong Maze Park, pasti akan instagramablebanget, bukan?

4. Seopjikoji Hill

justgola.com

Seopjikoji Hill adalah padang bunga canola kuning.

Ketika bulan April datang, bunga-bunga canola kuning akan bermekaran dengan cantik, sehingga menjadi tempat favorit para wisatawan karena spot hijau kekuningannya yang instagramable.

Saat memasuki musim gugur, warna bunga tersebut akan berubah menjadi kecokelatan.

Seopjikoji Hill menjadi salah satu destinasi yang digunakan sebagai tempat syuting drama, seperti drama Warm and Cozy, All In, dan My Girl.

5. Jungmun Tourist Complex

visitjeju.net

Salah satu resort yang wajib Mama dan keluarga kunjungi saat liburan ke Pulau Jeju adalah Jungmun Tourist Complex. Sebab, resort tersebut menawarkan banyak tempat rekreasi, wahana, dan tourist attractions lainnya yang seru.

Mama dan keluarga bisa mengunjungi Teddy Bear Museum, Ripley’s Believe It or Not Museum, Chocolate Land, hingga The Jungmun Beach.

Saat berada di sana, Mama akan dimanjakan dengan transportasi yang mudah ditemui dan penginapan unik. Salah satunya adalah Lotte Hotel yang di dalamnya penuh dengan dekorasi Hello Kitty.

6. Secret Forest

Instagram/blume.y

Secret Forest adalah sebuah hutan dengan luas 49.500 meter yang dipenuhi dengan pohon aras dan cemara Jepang.

Pohon-pohon yang menjulang tinggi dengan jalanan setapak tersebut tidak hanya dapat menyejukkan pengunjung, tetapi juga menjadikan spot yang instagramable sebagai latar berfoto.

Secret Forest juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama When I Was The Most Beautifull pada tahun 2020 lalu.

Setiap bulan November, buckwheat flower atau gandum kuda di Secret Forest ini akan bermekaran lho, Ma.

7. Seongsan Sunrise Peak

Instagram/trazy_korea

Destinasi yang instagramable lainnya adalah Seongsan Sunrise Peak atau Seongsan Ilchulbong Peak.

Di sana Mama akan menemukan keindahan kawah hasil letusan gunung berapi 100.000 tahun lalu.

Namun untuk sampai di puncak, Mama harus menaiki tangga yang telah disediakan. Begitu sampai di puncak Seongsan Sunrise Peak, Mama akan disuguhkan dengan pemandangan kota dan lautan Jeju yang indah, serta menikmati matahari terbit.

Seongsan Sunrise Peak sendiri telah menjadi salah satu warisan dunia, Ma. Jadi, harus tetap dilindungi dan dilestarikan.

Seongsan Sunrise Peak juga pernah menjadi lokasi syuting drama Queen In Hyun’s Man.

8. Hallasan National Park

Instagram/sora_bread_da

Hallasan National Park merupakan sebuah taman nasional yang berada di gunung berapi Hallasan.

Ada berbagai jenis tanaman di Hallasan National Park ini. Uniknya, tanaman tersebut memiliki suhu yang berbeda-beda, Ma. Selain itu, panorama Hallasan National Park di semua musim juga sangat mengagumkan.

Terdapat lebih dari 1.800 jenis tanaman dengan 4.000 jenis binatang, termasuk 3.300 jenis serangga yang bisa Mama temui.

Untuk melihat tanaman dan hewan di Hallasan National Park, Mama harus mendaki sekitar 10 km dengan jalur pendakian yang cukup mudah. Meski begitu, Mama harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaki ya.

Begitu sampai di sana, lelah pendakian akan terbayar kok, Ma.

Hallasan National Park sendiri telah ditetapkan sebagai cagar biosfer UNESCO tahun 2002 dan termasuk ke dalam wistus warisan dunia pada tahun 2007.

9. Gallery White Block

koreandramaland.com

Gallery White Block merupakan sebuah gedung pameran dan kesenian yang artistik dan unik.

Spot-spot yang ada di dalamnya sangat instagramable dengan dinding kaca yang tinggi, sehingga menghasilkan lighting keren.

Tidak heran, Gallery White Block ini sering dijadikan tempat syuting beberapa drama, seperti Introverted Boss, Suspicious Partner, Legend of the Blue Sea, While You are Sleeping, Still 17, dan On the Way to the Airport.

Selain itu, Mama juga bisa berbelanja di lebih dari 165 toko dengan diskon yang cukup besar.

10. Bomnal Cafe

Instagram/jejubomnal

Bomnal Cafe adalah cafe yang terletak di pinggir pantai Aewol. Bagian luar dan dalam kafe yang unik, colorful, dan instagramablemenciptakan daya tarik yang kuat, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung.

Ada banyak beragam kopi, es krim, minuman dan makanan ringan yang disediakan Bomnal Cafe.

Tidak hanya itu, ada pula toko souvenir dengan berbagai macam barang yang bisa Mama beli sebagai cendera mata, mulai dari mug, lilin aroma terapi, gelas, biji kopi, hingga kartu pos.

Selain dapat menikmati minuman dengan santai, Mama dan keluarga juga bisa menikmati pemandangan pantai saat matahari terbenam.

Bomnal Cafe pernah menjadi lokasi syuting juga lho, Ma. Drama-drama tersebut adalah Warm and Cozy.

11. Analog Citrus Field

inikpop.com

Spot instagramable selanjutnya ada di Analog Citrus Field. Mama bisa menemukan buah jeruk yang menggantung di pohon-pohon sepanjang jalan. Buah jeruk tersebut jadi tren di Korea Selatan lho, Ma.

Akan tetapi, buah jeruk ini tidak seperti jeruk pada umumnya. Dagingnya tidak mengandung banyak air dan rasanya asam.

Selain Mama bisa bersantai dengan pemandangan kebun jeruk dan mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan, Mama juga bisa memetik buahnya untuk dibawa pulang. 

Analog Citrus Field ini sangat hits di kalangan anak muda Korea.

12. Eco Land Theme Park

visitjeju.net

Eco Land Theme Park sangat cocok dikunjungi bersama keluarga nih, Ma.

Mama dan keluarga bisa menaiki kereta dan berkeliling menjelajahi beberapa stasiun yang berbeda, seperti Stasiun Lakeside, Stasiun Eco-bridge, Stasiun Picnic Garden, hingga Stasiun Lavender.

Selain itu, Eco Land Theme Park juga menawarkan padang rumput dengan berbagai macam bunga cantik di musim semi.

Ada pula bangunan kincir angin dan spot-spot foto menarik yang biasa digunakan sebagai spot foto oleh pengunjung. Tidak hanya itu, Mama juga bisa menemukan berbagai tempat makanan di Eco Land Theme Park, lho.

13. Osulloc Tea Museum

Instagram/2tnnd

Osulloc Tea Museum adalah museum teh pertama di Korea. Selain Mama bisa menikmati teh khas Korea, Mama juga bisa memanjakan mata dengan pemandangan kebun teh yang indah dan sejuk.

Osulloc Tea Museum dibangun dengan memadukan desain Timur dan Barat, di mana tradisi dan modern disatukan. Uniknya, bangunan museum ini bentuk menyerupai cangkir teh hijau.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang bisa Mama lakukan saat berkunjung ke Osulloc Tea Museum, misalnya melihat-lihat perkakas minum teh dari masa ke masa, mengikuti kelas minum teh, hingga menikmati berbagai menu yang terbuat dari teh.

Tidak hanya itu, di museum ini juga terdapat kolam teratai di sebuah taman yang bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

14. Camellia Hill

livingnomads.com

Camellia Hill adalah arboretum dari pohon camelia dengan luas mencapai 172.000 meter persegi.

Terdapat 6.000 pohon camilia yang bisa Mama temui di kebun raya terbesar di Asia Tenggara ini.

Selain itu, ada beberapa zona foto yang instagramable dengan kursi dan bangku taman di tengah bunga-bunga.

Uniknya, Camelilla Hill dikenal sebagai kebun bunga yang memiliki arti “Aku sayang kamu dan hanya kamu seorang”, sehingga sangat cocok untuk kalangan remaja yang memiliki kekasih.

15. Dodubong Peak

Instagram/melie.summer

Dodubong Peak merupakan sebuah bukit yang terbentuk dari letusan gunung berapi dengan tinggi 65 meter.

Untuk mendapatkan spot instagramable, Mama perlu mendaki selama 10-15 menit dengan jalur yang tidak terlalu ekstrem.

Setibanya di sana, Mama tidak hanya mendapatkan spot yang instagramable, tetapi juga pemandangan Kota Jeju yang sangat indah. Rasa lelah Mama akan terbayarkan deh.

Itu dia 15 spot instagramable di Pulau Jeju, Korea Selatan yang bisa Mama kunjungi bersama keluarga saat liburan dan pandemi sudah mereda. Semoga informasi ini dapat menambah daftar tempat-tempat favorit Mama dan keluarga ya! Ajak anak remaja mama untuk foto bersama jika ke sana ya, Ma!

  • 6 Rekomendasi Kuliner Mewah di Jakarta
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif di Singapura untuk Anak-Anak
  • 11 Rekomendasi Cafe di Ubud yang Instagramable dengan View Bagus