Tim dokter RSUP Mohammad Husein Palembang berhasil melakukan operasi kelahiran bayi dengan dua kepala dan satu jantung, Jumat (14/1/2022). (Foto: Ist)
Tim dokter RSUP Mohammad Husein Palembang berhasil melakukan operasi kelahiran bayi dengan dua kepala dan satu jantung, Jumat (14/1/2022). (Foto: Ist)

PALEMBANG, SIAPGRAK.COM - Berita mengejutkan datang dari RSUP Mohammad Husein Palembang. Seorang perempuan melahirkan bayi dengan kondisi satu badan dan jantung, namun dua kepala, Jumat (14/1/2022). 

Informasi ini pertama kali diketahui dari kanal Youtube RSMH Info Public. Operasi kelahiran bayi tersebut dipimpin oleh dokter Abarham. Sejauh ini kondisi ibu stabil dan dalam perawatan, sedangkan bayi dalam perawatan intensif.

Dikatakan oleh Dokter Abraham Martadiansyah, bahwa operasi ini pertama kali di tahun 2022, dan untuk organ bayi lainnya masing-masing dua (double) seperti ginjal dan paru-paru. 

“Hari ini kita membantu kelahiran bayi Conjoined Twins. Setelah operasi kondisi ibu dan bayi stabil dan saat ini masih dalam tahap pemulihan,” katanya.

Ditambahkan Abraham, bayi ini akan mendapatkan perawatan intensif  dan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan secara menyeluruh seperti pemeriksaan jantung dan lainnya.

“Sedangkan untuk dipisahkan dengan satu jantung tidak memungkinkan. Oleh karenanya akan diobservasi lagi kelengkapan organ dan janin,” katanya.

Tim akan melihat lagi apakah dengan satu jantung bisa memenuhi suplai nutrisi dan oksigenasi untuk kedua anak itu. Kemudian juga akan dilihat lagi kemampuan hidup dari bayi ini.