Tanda ASI tak bernutrisi/ Foto: iStock
Tanda ASI tak bernutrisi/ Foto: iStock

Jakarta - ASI disebut-sebut sebagai pilihan asupan paling sehat untuk bayi. Semua kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi tercakup dalam ASI. Sehingga di awal kelahirannya, bayi sebenarnya cukup hanya diberikan ASI saja.

Namun sayangnya, ada anggapan bahwa ASI bisa juga tak bernutrisi nih, Bunda. Wah, seperti apa ya tanda-tanda ASI tak bernutrisi? Hal ini tentu harus dipahami agar tak mengganggu tumbuh kembang Si Kecil ya.

Memang, sedianya ASI mengandung jumlah nutrisi yang tepat untuk Si Kecil. Apalagi, ada penguat antibodi yang mencegah Si Kecil sakit terkandung dalam ASI. Jadi, hampir tak terpikirkan bahwa ASI yang dihasilkan ibu mungkin tidak cukup bernutrisi untuk bayinya.

Namun, kenyataannya hal itu mungkin saja bisa terjadi ya, Bunda. Artinya, ada juga ASI yang memang tak cukup bergizi meskipun hal ini sangat disayangkan. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara kerja ASI diproduksi.

ASI sendiri dibuat oleh kelenjar susu, kumpulan jaringan khusus di dalam payudara. Ada banyak kantung produksi susu yang disebut alveoli, terletak di dalam kelenjar ini. Susu yang diproduksi di alveoli kemudian berjalan melalui saluran susu sebelum dikeluarkan di puting susu.

Kelenjar susu menghasilkan susu dengan memberi sinyal ke tubuh bahwa nutrisi tertentu diperlukan. Ketika tubuh menerima sinyal ini, ia berkewajiban untuk mematuhi, terkadang dengan mengorbankan ibu.

Sebab, produksi ASI ialah prioritas tertinggi untuk nutrisi. Terkadang, tubuh pun akan mengambil nutrisi dengan mengorbankan ibu, hanya untuk memastikan bahwa ada cukup nutrisi di dalam ASI. Karena itu, ibu dengan diet rendah nutrisi juga dapat menghasilkan susu yang bergizi.

Namun, ada banyak faktor yang berperan juga. Mekanisme ini mungkin berbeda antara ibu yang satu dengan lainnya, sehingga jarang terjadi kasus di mana tubuh akan memprioritaskan kesehatan ibu daripada ASI, terutama ketika dia tidak mendapatkan cukup nutrisi tertentu, seperti dikutip dari laman Babygaga.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi mengenai ASI tak bernutrisi lebih lengkap.

Simak juga pantangan makanan untuk ibu menyusui dalam video di bawah ini: