Kisah Sukses Anak Pemulung Jadi Seleb TikTok, Pernah Digaji Rp500 Ribu. (Foto: Instagram/@gelialinn)
Kisah Sukses Anak Pemulung Jadi Seleb TikTok, Pernah Digaji Rp500 Ribu. (Foto: Instagram/@gelialinn)

IDXChannel - Gelia Linda mendadak menjadi perbincangan netizen baru-baru ini. Perempuan cantik yang merupakan seleb TikTok itu menceritakan masa lalunya terlahir sebagai anak pemulung.

Kisah Gelia Linda ini ramai tersebar di Instagram maupun TikTok. Ia menjelaskan kalau yang namanya hidup bisa berubah jika terus berdoa dan berusaha. Doa orangtua pun penting dalam menuju kesuksesan.

"Waktu aku kecil, ayah dan ibuku seorang pemulung," begitu kata Gelia di awal cerita. Ia kemudian menjelaskan kalau dulu saat Gelia masih kecil, dia pernah dimasukkan ayahnya ke gerobak sampah buat cari botol plastik di bawah panasnya langit Jakarta.

Dia pun di video tersebut mengaku bahwa sama sekali tidak malu dengan masa lalunya. Apa yang dilakukan ayah dan ibunya adalah bentuk tanggung jawab mereka membesarkan seorang anak.

"Aku enggak malu sama sekali, malah aku bangga sama ayah dan ibuku," katanya.

Tapi, ada kisah pilu yang diutarakan Gelia di video tersebut. Bahwa ayah dan ibunya meninggal dunia ketika Gelia masih berusia 8 tahun. Ia percaya, itu adalah keputusan Tuhan yang terbaik.

"Allah sayang mereka, Allah ambil ayah ibu waktu aku usia 8 tahun," terangnya.

Momen tersebut diakui Gelia adalah momen paling menyedihkan dalam hidupnya. Dia mengaku rapuh, karena kehilangan orangtua di waktu yang berdekatan.

Gelia kecil pun harus menjalani hidup layaknya perahu yang terombang-ambing ombak. Ia mencoba sekuat tenaga untuk terus hidup.

Waktu terus berjalan hingga akhirnya Gelia mulai tumbuh besar dan lulus dari sekolahnya. Di momen itu, dia hanya bisa lihat teman-teman bahagia merayakan kelulusan, sedangkan Gelia mesti bekerja untuk bayar uang gedung masuk kuliah.

"Kerja gaji Rp500 ribu karena masih honorer. Gaji itu buat bayar kos Rp300 ribu, sisanya buat makan sebulan," cerita Gelia.

Ya, sama seperti kebanyakan karyawan yang tinggal di kos, pertengahan bulan uang menipis dan itu membuatnya sedih. "Jangankan buat makan, ke toilet umum bayar seribu saja aku enggak punya," keluhnya.

Dari kerasnya kehidupan itu, Gelia pun bertekad untuk mengubah nasib. Usahanya membuahkan hasil, dia terpilih sebagai karyawan terbaik se-provinsi, lalu sering mendapat reward, dan gaji yang diterima mulai dikumpulkan untuk modal usaha.

Gelia bercerita kalau dirinya Senin sampai Sabtu bekerja, lalu Minggu kuliah sambil jualan online.

Usahanya pun membuahkan hasil. Gelia mengaku kini sudah punya rumah sendiri dan bisa pergi kemanapun dia mau. Punya kehidupan yang lebih baik walaupun belum sesukses yang lain, tapi sudah ada di level ini bagi Gelia Tuhan sudah amat sangat baik kepadanya.

Video ini di TikTok sudah ditonton 17 juta netizen. Sebanyak 2,3 juta di antaranya menyukai kisah Gelia ini dan komentar yang diberikan netizen untuk Gelia pun kebanyakan angkat topi karena Gelia begitu kuat menjalani hidup dari kecil seorang diri.

"Masyaallah hebat banget," kata RS.

"Please, buat suaminya, jangan sakitin hati kakak ini," komen Nair**.

"Semangat ya kamu," tulis Maya Septha di kolom komentar.

"Sekarang kakak sudah bahagia bersama suami tercinta. Enggak sabar nunggu ponakan lahir," tulis Shafira Ikramina ***.

"Tadinya aku gengsian banget jadi orang. Gara-gara ngeliat TikTok kami, aku jadi terbuka. Enggak usah malu dengan 'siapa aslinya kita' hehehe," kata Macan Ga****. (TYO)