Waduh! 8 Orang Ingin Bunuh Diri Karena Kripto Terra LUNA Anjlok
Belakangan sempat viral kabar bahwa 8 orang bakal bunuh diri lantaran anjloknya kripto terra LUNa. Hal tersebut terungkap dari beberapa forum besar kripto LUNA.

SIAPGRAK.COM, Harga aset kripto Terra LUNA telah turun 100,00% dalam 7 hari terakhir. Harga turun 99,47% dalam 24 jam terakhir. Saat ini nilainya berada di Rp 41,3. Padahal, pada 5 April 2022, LUNA menyentuh level tertinggi Rp 1,6 juta per koin.

Akibat dari jatuhnya harga koin Terra LUNA, sempat viral kabar bahwa 8 orang bakal bunuh diri. Hal tersebut terungkap dari beberapa forum besar kripto luna.

Beberapa pengguna Twitter seperti @JohnBrownlow membagikan tangkapan layar mereka beberapa orang mencoba bunuh diri akibat dari anjloknya Luna.

"Forum reddit Luna penuh dengan posting bunuh diri. Pengingat bahwa crypto mungkin nilainya menjadi nol dalam hal keuangan, tetapi tidak dalam hal manusia," kata @JohnBrownlow dikutip Jumat (13/5/2022).

The Luna reddit forum is full of suicidal posts. Reminder that the crypto space may be zero sum (dollars in = dollars out) in financial terms, but not human terms. pic.twitter.com/iWmEqQbXdk

— John Brownlow (@JohnBrownlow) May 11, 2022

Terlihat dalam tangkapan layar tersebut berapa investor kirpto mengaku kehilangan banyak uang akibat kripto tersebut anjlok hingga jatuh miskin dan ingin bunuh diri.

Selain itu berita 8 orang bunuh diri ini juga menyebar di beberapa akun forum kripto seperti @Cryptocraziac.

"Rupanya sudah ada 8 konfirmasi bunuh diri karena anjloknya harga $LUNA. Tetap kuat dan peduli pada mereka yang sedang berjuang sekarang," kata akun @Cryptocraziac.

Apparently there has been 8 confirmed suicide due to the $Luna crash.Stay strong and reach out to those struggling right now

— #BabyDoge & #MetrixCoin - Việt Nam (@Cryptocraziac) May 11, 2022

Namun demikian beberapa media online menyebutkan bahwa 8 orang bunuh diri merupakan kabar tidak benar atau hoaks.

thereportertimes.com misalnya menyebutkan berita yang ciral di media sosial tersebut merupakan berita bohong.

Informasi tersebut awalnya mulai viral di media yang berbasis di Pakistan dan kemudian diambil oleh akun terkait Crypto terkemuka di Twitter.

Setelah berita "8 Bunuh Diri yang Dikonfirmasi karena Kecelakaan Luna Coin" di Twitter, outlet Media Internasional Utama mulai membuat informasi di portal mereka, dan mengutip tweet tersebut.

Namun, Dalam penyelidikan Thereporttimes, menemukan sumber pertama yang mengklaim ada 8 orang yang bunuh diri berasal dari “@republicdotpk” yang dimana ditemukan menyebarkan berita tak berdasar.[]