SIAPGRAK.COM.com/karlyukav

Jika kamu sedang mengusahakan kehamilan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk kesuburan.

Meski tidak secara langsung, mengonsumsi suplemen atau vitamin ini bisa meningatkan peluang kehamilan. Tapi ingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Berikut SIAPGRAK.COM telah rangkum vitamin untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Apa saja?

1. Suplemen Omega-3 untuk membantu tingkatkan kesuburan

SIAPGRAK.COM/Bulygin

Omega-3 dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis asam lemak sehat ini tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan otak, tetapi juga untuk meningkatkan kesuburan.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa Omega-3 dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan meningkatkan kesuburan.

Terlebih lagi, asam lemak omega-3 juga telah terbukti meningkatkan mood, yang dapat mengurangi risiko ketidaksuburan dan kemandulan akibat stres .

2. Vitamin C untuk melawan radikal bebas yang dapat memengaruhi kesuburan

Pinterest/afoodrevolution

Beberapa penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kesuburan seseorang. Hal ini disebabkan karana adanya antioksidan dalam vitamin C.

Antioksidan yang terkandung di vitamin C dapat membantu melawan molekul perusak DNA yang disebut radikal bebas. Kadar radikal bebas yang tinggi dalam tubuh dapat menurunkan tingkat kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan.

Selain itu, vitamin C juga disebut dapat menguatkan dinding pembuluh darah dan melawan infeksi yang dapat mengganggu proses ovulasi.

3. Suplemen Vitamin E untuk menebalkan dinding rahim

SIAPGRAK.COM.com/jcomp

Seperti vitamin C, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas.

Mengonsumsi vitamin E juga dapat membantu menebalkan dinding rahim yang tipis. Ketebalan dinding rahim yang ideal merupakan hal yang penting bagi pembuahan dan kehamilan.

Tak hanya itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa vitamin E dapat meningkatkan motilitas sperma (kemampuan sperma untuk bergerak melalui saluran sperma).

4. Suplemen yang mengandung Vitamin D dapat membantu perkembangan folikel

Pexels/pixabay

Selain menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kesuburan dan kesempatan hamil.

Ketika kadar vitamin D terpenuhi dengan baik, maka folikel (kantung dalam ovarium berisi sel telur yang belum matang) akan lebih mudah melepaskan sel telur yang lebih optimal dan siap dibuahi.

5. Suplemen atau vitamin untuk kesuburan dari Vitamin B

Pexels/Anna Shvets

Vitamin B khususnya vitamin B6 dan B9 dapat membantu meningkatkan kesuburan. Mengonsumsi vitamin B6 dapat membantu menurunkan kadar homosistein di dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi dapat memengaruhi masa subur seseorang.

Sedangkan vitamin B9 dapat membantu fase luteal (rentang waktu dari ovulasi menuju awal menstruasi) menjadi normal dan teratur.

6. Suplemen atau vitamin yang mengandung kalsium

mayoclinichealthsystem.org

Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi kalsium secara rutin akan menghindari seseorang dari endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi yang dapat membuat perempuan lebih sulit untuk hamil.

Nah, itu dia beberapa jenis vitamin untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Semoga bermanfaat. Tetap semangat menjalani program kehamilannya, ya!

  • 10 Cara Meningkatkan Kesuburan di Usia 30 Tahun
  • 11 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan agar Bisa Cepat Hamil
  • 5 Merek Vitamin yang Dapat Mengoptimalkan Program Hamil