6 Potensi Manfaat Beras Kencur untuk Ibu Hamil
Kandungan kencur dalam jamu beras kencur ternyata memiliki sejumlah potensi manfaat untuk ibu hamil

Tak hanya sebagai bumbu masak, kencur atau Kaempferia galanga telah lama digunakan untuk pengobatan herbal. Kencur memiliki kandungan senyawa alami yang berkhasiat untuk tubuh, tak terkecuali ibu hamil.

Sebenarnya, bolehkah ibu hamil minum jamu beras kencur? Apa saja manfaat beras kencur untuk ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini.

Bolehkah ibu hamil minum jamu beras kencur?

Secara umum, ibu hamil dilarang minum obat herbal atau suplemen, tanpa rekomendasi dari dokter. Ini berkaitan dengan keamanannya bagi ibu dan janin.

American Pregnancy Associationmenyatakan bahwa meski bersifat alami, tidak semua produk herbal aman dikonsumsi selama hamil. Ada kemungkinan kandungan dalam produk herbal memiliki efek yang merugikan terhadap kehamilan.

Jadi, meski beras kencur telah dipercaya sebagai pengobatan tradisional dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jamu beras kencur saat sedang hamil.

Potensi manfaat beras kencur untuk ibu hamil

Beras kencur adalah minuman tradisional dari campuran kencur, beras, dan rempah lainnya yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk ibu hamil.

Sebagai bahan utama jamu beras kencur, beberapa potensi manfaat kencuruntuk ibu hamil yang bisa Anda diskusikan dengan dokter antara lain:

1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin

Salah satu potensi manfaat beras kencur untuk ibu hamil adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Hal ini dikarenakan, kencur mengandung antioksidan yang mampu membantu melindungi sel-sel tubuh ibu hamil dari radikal bebas dan stres oksidatif.

Penelitian terdahulu dalam jurnal Plos One menyatakan bahwa kekurangan antioksidan dapat meningkatkan risiko kerusakan DNA yang berkaitan dengan gangguan pertumbuhan janin.

2. Mencegah infeksi

Selama hamil, kemungkinan besar sistem imun tubuh berkurang. Itulah sebabnya, ibu hamil termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap penyakit, seperti infeksi mikroorganisme.

Salah satu potensi manfaat jamu beras kencur untuk ibu hamil adalah bisa membantu mengurangi risiko terkena infeksi bakteri, jamur, dan parasit lainnya.

Dari hasil sejumlah penelitian tabung reaksi, kencur memiliki kemungkinan untuk membunuh bakteri membahayakan, seperti E. coli, Staphyloccocus Aureus, dan Salmonella Thypi. Akan tetapi, tingkat efektivitasnya masih bervariasi di setiap penelitian.

3. Menguatkan rahim selama kehamilan dan nifas

Salah satu manfaat beras kencur untuk rahim adalah membantu menguatkan rahim selama masa kehamilan dan nifas.

Penelitian terdahulu dalam jurnal Biosaintifika menyatakan bahwa tanaman tradisional seperti kencur berkhasiat menguatkan rahim selama kehamilan dan pasca melahirkan, serta membantu proses pemulihan.

4. Mencegah anemia

Dikutip dari Toxicology Reports, kencur memiliki kandungan mineral yang mampu menunjang kesehatan selama kehamilan, termasuk mencegah anemia.

Manfaat beras kencur untuk ibu hamil ini berasal dari kandungan zat besi, mangan, seng, kobalt, dan nikel di dalamnya.

5. Menjaga kesehatan tulang ibu dan janin

Kebutuhan nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan pembentukan tulang janin meningkat selama kehamilan. Kencur juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tulang.

Jurnal yang sama menyatakan bahwa kencur memiliki kandungan kalium, fosfor, dan magnesium yang berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang.

6. Mengurangi kaki bengkak saat hamil

Perubahan hormonal dan fisiologis tubuh saat hamil terkadang menyebabkan retensi atau penumpukan cairan, khususnya di bagian kaki. Ini bisa menyebabkan edemaatau pembengkakan akibat penumpukan cairan pada kaki ibu hamil.

Salah satu potensi manfaat kencur untuk ibu hamil adalah mengurangi pembengkakan di kaki.

Hal ini sebagaimana penelitian dalam Journal of Community Health Provision yang menyatakan bahwa berendam air hangat dengan campuran kencur bisa mengurangi edema kaki pada ibu hamil trimester ketiga.

Catatan dari SehatQ

Kencur atau Kaempferia galanga adalah bahan utama jamu beras kencur yang dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan. Ada pendapat yang menyatakan beras kencur boleh dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan telah mendapat izin dari dokter dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Beberapa potensi manfaat beras kencur untuk ibu hamil antara lain membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, menjaga kesehatan tulang ibu dan bayi, menguatkan rahim, mencegah anemia, mencegah infeksi, hingga mengurangi edema kaki.

Sementara itu, pendapat lain menyatakan bahwa beras kencur termasuk ramuan herbal lain tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dengan alasan keamanan dan kemungkinan kontraindikasi dengan kondisi kehamilan atau obat-obatan lain.

Hal terpenting adalah ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jamu beras kencur, ramuan herbal, atau suplemen apa pun. Ini berkaitan dengan kondisi ibu dan kehamilan tiap individu yang mungkin berbeda.

Jika masih ada pertanyaan seputar manfaat beras kencur untuk ibu hamil, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Playsekarang!