Krafton menggugat Garena dan Google atas pelanggaran hak cipta

GwiGwi.com –  Karena kesukesannya, banyak rip-off PUBG Mobile dibuat dan dipublikasikan ke Play Store. Dan sekarang, KRAFTON, perusahaan di belakang PUBG Mobile telah menggugat App Store serta saingan terbesarnya Garena. Bagi yang belum tahu, Garena Free Fire adalah salah satu battle royale paling terkenal dan merupakan pesaing berat PUBG Mobile.

Krafton telah menggugat Garena atas pelanggaran hak cipta. Gugatan tersebut menuduh bahwa beberapa bagian dari Free Fire disalin dari PUBG Mobile. Menurut dugaan, Free Fire meniru gameplay, senjata, lokasi, dan bahkan skema warna PUBG Mobile. Tidak hanya itu, Krafton juga menyebut YouTube dalam gugatan karena menghosting video materi yang melanggar. Terutama untuk hosting konten Free Fire adalah apa yang sebenarnya mereka maksudkan. Dengan ratusan juta tampilan konten Free Fire, Krafton tidak dapat mencerna berita ini.

Garena menanggapi tuduhan itu

Krafton juga menggugat game baru bernama Free Fire Max. Sama seperti Free Fire original, versi Max juga mengandung elemen yang disalin dari PUBG Mobile. Kraftons juga mengatakan bahwa “ratusan juta dolar” dibuat oleh Garena karena menggunakan materi yang melanggar.“ PUBG Mobile memperoleh $2,9 miliar pada tahun 2021 sementara Garena Free Fire menghasilkan sekitar $1,2 miliar tahun lalu. Klaim Krafton tidak berdasar.” kata juru bicara Garena. Sekarang, mari kita lihat apa akhir dari gugatan ini.

 

Sumber: (1)