Wild Rift/Riot Games

Sejak dirilis pada bulan Oktober 2020 lalu, League of Legends: Wild Rift telah mengadakan berbagai event menarik yang terus berdatangan seiring waktu berjalan. Beberapa event berhasil sukses besar & membekas dan lainnya hadir untuk terus meramaikan game. Beberapa waktu lalu komunitas bertanya perihal apakah Wild Rift akan mengulang kembali event-event yang telah diadakan untuk kembali meramaikan game, ini jawaban dari pihak developer:

“Mengadakan kembali event lama akan kurang seru karena konten yang mereka promosikan sudah tidak segar lagi,” ujar Juno Blees selaku pimpinan bagian event & produk. Dalam cuitannya di Twitter ia menjelaskan mengenai topik tersebut. Dalam isi threadnya ia menyampaikan kurang lebih bahwa jika sebuah event diulang, meskipun dulunya sangat sukses, event tersebut akan menjadi membosankan bagi para pemain yang sudah memaikan eventnya.

"Are you planning to bring back the K/DA event or other events in the past?"
We understand why this gets asked so often and I want to discuss my thoughts behind the topic of rerunning previous events.

— Juno Blees (@RiotJunosaur) January 17, 2022

Poin lain yang disampaikan oleh Blees adalah bahwa sebuah event biasanya digunakan untuk mempromosikan sesuatu mulai dari Champion, skin, ataupun konten baru di dalam game. Mengulang event yang digunakan sebagai media promosi dirasa tidak akan menciptakan kesuksesan yang sama dan tujuannya pun sudah berbeda. Contoh dari hal ini adalah event K/DA yang banyak sekali ditanyakan oleh komunitas. Meskipun sangat sukses di perilisan awalnya, event K/DA memiliki kecil kemungkinan untuk diulang.

Event K/DA All Out

Kebanggaan atas penyelesaian event tertentu juga jadi pertimbangan pihak developer. Jika para pemain dengan susah payah menyelesaikan sebuah event maka mereka akan merasa senang jika eventnya berhasil diakhiri dengan baik. Dengan mengulang event lama maka rasa pencapaian tersebut akan terenggut dan para pemain tidak akan menganggap sebuah event sebagai sesuatu yang spesial lagi. Contohnya pada event Sentinels of Light para pemain bisa mendapatkan berbagai pernak pernik khusus yang tidak bisa ditemukan kembali dimanapun setelahnya.

Event Sentinels of Light

“Banyak event yang bersifat sementara karena kami ingin pemain yang berpartisipasi di dalamnya merasa istimewa. Mengulang event itu akan mengurangi upaya yang telah mereka lakukan,” kata Blees. Meski begitu, Blees juga menyampaikan bahwa meski event-event besar tidak akan diulang, akan ada beberapa event dengan tema sama namun dengan bentuk yang berbeda.

“Daripada mengulang event, kami sampai pada kesimpulan untuk mengambil elemen desain dari event sebelumnya yang sukses dan memasukkannya ke dalam event baru,” kata Blees. “Kami juga mencari peluang untuk membuat beberapa hadiah acara sebelumnya dapat diakses oleh pemain baru,” tutupnya.

Selain berfokus pada event, beberapa mode game yang sebelumnya hadir juga kemungkinan akan kembali bisa dimainkan oleh para pemain dalam jangka waktu tertentu. Salah satunya mode Ultra Rapid Fire (URF) dari event Ultra Rapid Bingo. Event tersebut sebelumnya hanya tersedia dalam waktu singkat dan Blees menyampaikan bahwa event ini akan segera kembali ke dalam permainan.

Patch selanjutnya dari League of Legends:Wild Rift akan segera dimulai. Event apakah yang akan mereka hadirkan untuk meramaikan permainan? Kita tunggu saja ya Sobat Esports.