7 Fakta Sajin Komamura Bleach, Shinigami Serigala yang Sangat Loyal

Komamura adalah satu-satunya shinigami berpangkat kapten yang berasal dari ras non-manusia, yaitu manusia serigala. Ia sendiri bisa menjadi bagian dari Gotei 13 berkat bantuan Yamamoto yang memahami bakatnya.

Apa saja fakta menarik dari manusia serigala satu ini? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Berasal dari klan manusia serigala

Berbeda dari kebanyakan shinigami yang berasal dari roh manusia yang menyeberang dari dunia manusia, Komamura sendiri berasal dari ras manusia serigala.

Ras satu ini tergolong benar-benar sangat terisolir. Mereka sendiri lebih memilih menghabiskan waktu di balik bayangan tanpa mempedulikan semua hal yang terjadi di Soul Society.

Kaum satu ini bahkan tak peduli jika tatanan dunia roh berubah lagi, seperti saat invasi para Quincy.

Sejauh ini hanya Komamura saja yang berani keluar dari zona nyaman mereka dan mengabdi sebagai shinigami.

2. Berhasil masuk ke Gotei 13 karena bantuan Yamamoto

Perbedaan ras antara roh manusia dan manusia serigala membuat Komamura sempat kesulitan untuk menjadi seorang shinigami.

Untungnya, Yamamoto Genryuusai tergolong bukan orang yang diskriminatif. Saat mengetahui bakat yang dimiliki oleh Komamura,  sang komandan kapten memperbolehkannya bergabung ke dalam Gotei 13.

Sejak saat itulah, manusia serigala tersebut bertekad membalas budi dengan bekerja sepenuh hati.

Berkat dedikasinya, lama-kelamaan karir Komamura semakin menanjak naik hingga berhasil menjabat sebagai kapten divisi ke-7.

3. Zanpakuto miliknya mempunyai ikatan yang sangat kuat

Ada sebuah aturan mutlak, di mana sebuah zanpakuto yang rusak saat mode Bankai tak akan bisa diperbaiki lagi.

Namun hal itu tak berlaku bagi pedang Tenken. Menurut Kurotsuchi, Komamura memiliki ikatan yang sangat kuat dengan pedang tersebut.

Saking kuatnya koneksi tersebut, Komamura akan menerima kerusakan setiap pedangnya terkena serangan ketika dalam mode bankai.

Oleh karena itu, Komamura sendiri sering babak belur jika bankai-nya rusak parah. Untungnya, pedang Tenken yang rusak dalam keadaan bankai bisa pulih kembali jika pemiliknya telah sembuh total.

4. Terkenal sangat jujur dan memiliki keadilan yang sangat tinggi

Pepatah jangan menilai buku dari sampulnya tampaknya benar-benar berlaku di Gotei 13.

Beberapa kapten yang biasanya diidolakan ternyata adalah seorang penjahat. Sementara, mereka yang kurang disukai karena penampilannya justru adalah seorang yang loyal.

Salah satunya adalah Komamura sendiri. Meskipun penampilannya seperti seekor hewan, ia memiliki hati yang baik dan sangat menjunjung tinggi nilai keadilan di Soul Society.

Ia juga tergolong pemimpin yang cukup baik dan tegas meski tak segalak Sui-Feng atau Byakuya. Sayangnya, Komamura sendiri tergolong cukup naif sehingga sempat terseret ke permainan Aizen.

Tidak hanya itu, Komamura juga tergolong sangat pemaaf. Ia bahkan tetap menyambut Tousen sebagai temannya meskipun kawan pertamanya tersebut sudah menjadi pengkhianat.

5. Sangat menghargai persahabatannya dengan Tousen

Selain dengan Yamamoto, salah satu orang yang juga dihormati Komamura adalah Tousen yang sempat kita bahas sebelumnya.

Mereka sendiri bertemu pertama kali tak lama setelah Komamura diterima sebagai prajurit Gotei 13. Kala itu, si manusia serigala tersebut dipuji Tousen karena mampu menyembunyikan hawa keberadaannya.

Saat itulah, Komamura sempat merasa tersentuh karena Tousen adalah orang selain Yamamoto yang menerimanya tanpa memandang asal rasnya. Semenjak saat itu, keduanya pun berteman akrab dan kerap pergi berdua kemanapun mereka pergi.

Sikap Komamura terhadap Tousen bahkan tak pernah berubah meski sudah terkhianati.

6. Menyukai hewan anjing dan sikat bulu

Di balik ketegasannya, Komamura juga memiliki sisi uniknya sendiri.

Entah karena faktor kedekatan antar spesies atau lainnya, kapten divisi ke-7 satu ini rupanya sangat menyukai anjing dan hal-hal lain yang terkait dengannya.

Komamura sendiri diketahui memiliki peliharaan bernama Goro yang biasanya ditempatkan di barak divisinya. Jika tidak ada pekerjaan, ia akan membawa anjingnya tersebut untuk jalan-jalan.

Ia juga mempunyai barang favorit dari dunia manusia berupa sikat bulu anjing. Alasannya mengapa Komamura menyukainya sendiri dikarenakan benda tersebut cukup nyaman dipakai untuk menyikat bulunya.

Selain itu, Komamura juga sering menyempatkan diri menonton acara khusus peliharaan anjing setiap mampir ke dunia manusia.

7. Menguasai teknik Perubahan Manusia hanya untuk mengalahkan para Quincy

Momen penyerangan Wandenreich ke Soul Society benar-benar memaksa para personil Gotei 13 untuk berkembang lebih jauh lagi. Jika tidak, mereka sendiri akan berakhir diinjak-injak para Quincy.

Hal itu juga dialami oleh Komamura sendiri setelah dipercundangi oleh Bambietta. Oleh karena itu, ia rela pulang kampung demi mendapatkan teknik rahasia dari buyutnya.

Dan benar saja, Komamura pun berhasil mendominasi Bambietta dengan wujud barunya tersebut. Ia bahkan tak terpengaruh meski dihujani bom reishi Quincy tersebut.

Sayangnya, teknik perubahan manusia tersebut rupanya memiliki harga besar di mana tubuh Komamura akan berubah menjadi serigala sepenuhnya.

Gara-gara hal itu, Komamura pun digantikan oleh wakil kaptennya, Tetsuzaemon sebagai pemimpin divisi ke-7 yang baru.

Itulah fakta-fakta menarik tentang Sajin Komamura, shinigami serigala yang sangat loyal pada organisasinya.

Bagaimana pendapat kalian? Jangan lupa tulis di kolom komentar, yah!