Monika Wisniewska/shutterstock

Apakah Anda suka memberi kucing atau anjing Anda camilan ekstra? Meskipun mereka tampaknya menikmatinya, itu bukan merupakan langkah yang tepat untuk mereka.

Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga bisa mengalami masalah berat badan. Dan itu menjadi masalah, ketika melihat hewan peliharaan bertambah gemuk. Dalam survei dokter hewan baru-baru ini, 73% mengatakan bahwa obesitas adalah “salah satu kondisi paling umum” yang mereka lihat. Survei menunjukkan setengah dari anjing peliharaan dan 44% kucing membawa kelebihan berat badan.

Ini merupakan trend yang mengkhawatirkan. Meskipun kita menganggap bahwa hewan peliharaan gemuk itu lucu, masalah berat badan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang signifikan dari diabetes hingga masalah kardio respirasi seperti kesulitan bernafas saat tidur) dan bahkan kemungkinan menderita sengatan panas.

Obesitas – yang didiagnosis ketika hewan peliharaan memiliki berat badan 15% -20% lebih banyak dari berat badan idealnya – juga meningkatkan risiko terkena osteoartritis dan beberapa jenis kanker

Kita semua ingin hewan peliharaan kita hidup selama mungkin. Jadi, inilah beberapa cara untuk menjaga anjing atau kucing Anda dalam kondisi prima.

1. Buat mereka tetap aktif

Banyak anjing tidak berolahraga secara teratur – dan terkadang itu disebabkan oleh cuaca buruk, atau mungkin karena masalah perilaku, seperti cemas saat bertemu anjing atau orang lain. Jika kita bandingkan kucing yang berada di luar ruangan umumnya tetap bugar dan aktif, sementara kucing dalam ruangan dapat memiliki lemak tubuh setidaknya 5% lebih tinggi dari kucing luar ruangan, dan jauh lebih rentan terhadap obesitas.

Olahraga adalah kunci untuk menjaga berat badan yang sehat, dan juga untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk melatih anjing Anda setidaknya sekali sehari, karena idealnya lebih dari sekali. Berhati-hatilah untuk memastikan panjang dan jenis latihan sesuai dengan usia dan kemampuan mereka, dan tingkatkan latihan secara perlahan.

Baca juga: Five things to consider before getting a feline companion

Anjing menyukai “aroma” atau “latihan” yang dapat dilakukan di ruang tamu Anda. Dan ada banyak mainan kucing untuk mendorong kucing Anda untuk membakar kalori saat bermain.

Anda juga dapat membuat waktu makan lebih aktif dengan menyebarkan makanan – tempat Anda menyebarkan makanan anjing ke tanah (setelah memastikannya bersih dan aman) – atau memberi umpan, yang mendorong anjing Anda untuk bekerja mencari makanan dan camilan.

Anjing membutuhkan setidaknya satu kali jalan kaki sehari agar tetap bugar dan ramping. Syda Productions/shutterstock

Hidroterapi, yang melibatkan kegiatan untuk membuat anjing Anda berenang atau berjalan di kolam renang atau treadmill air, bisa menjadi pilihan yang bagus untuk latihan riingan. Ini terutama berlaku untuk anjing yang lebih tua atau mereka yang baru pulih dari cedera.

Bahkan kucing dapat dilatih untuk berjalan-jalan dengan petunjuk. Tetapi jika kucing Anda tidak mau bekerja sama, Anda dapat mencoba permainan di dalam ruangan atau taman untuk meningkatkan aktivitasnya.

2.Perhatikan diet mereka

Beberapa hewan peliharaan sangat menikmati makanan mereka sehingga mereka bisa menjadi sedikit gemuk berapa pun usianya. Atau, sama seperti manusia, “fenomena usia paruh baya” dapat terjadi pada hewan peliharaan yang secara alami melambat seiring bertambahnya usia.

Diet mereka mungkin perlu diubah untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Penurunan berat badan harus dilakukan secara bertahap, jadi selalu gunakan pedoman pemberian makan yang direkomendasikan pada kemasan makanan – atau menggunakan kalkulator kalori online – sebagai titik awal untuk mengetahui berapa banyak Anda memberi makan hewan peliharaan.

Cobalah untuk mencatat asupan makan dalam sebuah buku setiap hari. Dan, jangan lupa untuk menimbang makanan hewan peliharaan Anda secara akurat dengan menggunakan timbangan. Sendok sangat tidak akurat dan memungkinkan kita untuk memberi makan berlebihan.

Obesitas pada kucing dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan bahkan memperpendek umur mereka. Andriy Blokhin

Jika berat badannya terlalu berat – atau bahkan mendekati proporsi obesitas – mungkin yang terbaik adalah memulai program penurunan berat badan hewan peliharaan Anda dengan pergi ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan lengkap dan melakukanpemeriksaan kondisi tubuh. Dokter juga akan dapat memberikan target berat badan dan kerangka waktu untuk mencapainya.

3. Waspadai risiko lain

Terkadang risiko obesitas ada dalam gen. Beberapa anjing Labrador retriever, misalnya, memiliki mutasi genetik yang membuat mereka cenderung menjadi “pecinta makanan” dan penambahan berat badan. Dan hewan peliharaan yang dikebiri dapat mengurangi kebutuhan kalori harian, jadi jika diet mereka tidak diubah mereka dapat secara tidak sengaja menambah berat badan.

Memahami kebutuhan diet hewan peliharaan Anda dan berat badan ideal adalah kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. Gladskikh Tatiana/shutterstock

Jadi, penting untuk mengenali berat dan bentuk tubuh yang sehat untuk kucing atau anjing Anda – dan faktor-faktor yang dapat memengaruhinya. Percayai dokter hewan dan profesional lainnya, untuk memudahkan mereka melakukan konsultasi dengan Anda tentang cara terbaik untuk membantu hewan peliharaan Anda menurunkan berat badan.

4. Singkirkan camilan berkalori tinggi

Makanan dan camilan berlemak mengandung banyak kalori meski dalam jumlah kecil, sehingga Anda dapat dengan mudah memberi makan hewan peliharaan Anda secara berlebihan tanpa disadari. Dan makanan “manusia” yang menggemukkan, seperti sisa makanan, juga dapat menyebabkan berat badan bertambah, di samping peningkatan risiko pankreatitis – dan berpotensi lebih buruk jika makanan beracun, termasuk bawang dan beberapa pemanis buatan, tertelan.

Tetapi mengelola berat badan hewan peliharaan Anda tidak berarti Anda tidak dapat memberikan makanan yang mereka suka. Kunjungi toko hewan peliharaan terdekat dari rumah Anda untuk carilah alternatif rendah kalori yang sehat.

Baca juga: How to train your dog in basic 'life' skills - and why it's important

Atau coba cek lemari es Anda. Banyak anjing menyukai wortel atau mentimun, terutama jika dipotong-potong sebagai makanan untuk melatih mereka. Kucing suka sedikit tuna atau ayam, keduanya tinggi protein tetapi rendah kalori.

Jangan lupa untuk melihat cara lain merawat hewan peliharaan Anda juga – seperti berolahraga, bermain, dan sekadar menghabiskan waktu bersama mereka akan bermanfaat bagi hewan dan manusia.

Semua tips memang membutuhkan sedikit usaha. Tetapi menjaga tubuh hewan peliharaan Anda tetap ramping dan sehat akan membantu memperpanjang hidup mereka. Dan siapa di antara kita yang tidak ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi dengan hewan peliharaan kesayangan kita?

Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

Jacqueline Boyd berafiliasi dengan The Kennel Club (UK) melalui keanggotaan, sebagai Ketua Subgrup Kesehatan dan Kesejahteraan Aktivitas, anggota Grup Kesehatan Anjing dan Ketua Heelwork to Music Working Party. Jacqueline juga menulis, berkonsultasi, dan melatih masalah anjing secara independen, di samping peran akademisnya.

Anne Carter tidak bekerja, menjadi konsultan, memiliki saham, atau menerima dana dari perusahaan atau organisasi mana pun yang akan mengambil untung dari artikel ini, dan telah mengungkapkan bahwa ia tidak memiliki afiliasi selain yang telah disebut di atas.