Tips Memilih Informasi di Era Digital ala dr. Reisa Broto Asmoro
Tips Memilih Informasi di Era Digital ala dr. Reisa Broto Asmoro

Era digital memang memberi kemudahan bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. Tak terkecuali untuk para ibu yang juga sedikit banyak tentu mendapatkan informasi tentang kesehatan anak, pengasuhan anak atau parenting, serta informasi lainnya yang mereka butuhkan dari internet.

Begitupun dengan dr. Reisa Broto Asmoro,praktisi kesehatan, yang merasa diuntungkan dengan kemudahan dalam mendapatkan informasi seiring berkembangnya teknologi di era digital ini. Dalam acara virtual Parentversary by Modernparent yang dipersembahkan Mothercare, sebelumnya ia mengaku mendapatkan informasi dari buku atau kelas parenting.

“Pengalaman saya waktu pertama kali menjadi ibu, informasi terkait pengetahuan cara mengasuh ataupun tumbuh kembang anak belum begitu mudah didapatkan secara online, dan saya bergantung dengan buku-buku yang cukup tebal dan juga kelas parenting. Kini, dengan berkembangnya teknologi, sangat mudah bagi ibu baru untuk mendapatkan informasi melalui smartphone-nya,” ujarnya.

Meski kesannya dimudahkan, nyatanya banyak informasi yang beredar di internet atau media sosial lainnya tak jarang menimbulkan kebingungan atau malah menyesatkan. Apalagi saat ini semakin banyak hoaks yang tentunya perlu diwaspadai dan dicari kebenarannya. Untuk menyiasati hal ini, para Moms diharapkan bisa dengan cermat dalam memilah-milih informasi di era digital ini.

“Kita tahu memang sekarang sudah lebih mudah mendapatkan informasi. Namun di negara dengan beribu-ribu hoaks ini, hal tersebut tidaklah mudah. Kita harus menyaring mana informasi yang tepat, mana yang bukan hoaks dan bukan misinformasi, dan mana yang bisa dipercaya,” ujar dr. Reisa.

Selain menyaring mana informasi yang tepat, wanita yang berprofesi sebagai dokter serta ibu dua orang anak ini juga mengingatkan para Moms untuk memvalidasi segala informasi yang didapat dari internet atau media sosial lainnya.

“Pastikan Moms memilih informasi yang sudah divalidasi kebenarannya. Dan kita harus benar-benar memastikan informasi tersebut berasal dari sumber yang kredibel dan reliable. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa informasi yang kita terima akurat, baik, dan ada landasannya,” tambahnya.

Mothercare berikan solusi untuk orang tua masa kini lewat blog Modern Parent

Seperti telah disinggung dr. Reisa sebelumnya, Moms juga perlu mencari informasi dari sumber kredibel dan reliable. Salah satunya adalah blog Modern Parent yang dipersembahkan oleh Mothercare.

Tak hanya menghadirkan produk berkualitas tinggi, Mothercare juga ingin memberikan layanan pendukung, yaitu informasi bermanfaat yang dapat diterapkan orang tua pada saat kehamilannya ataupun setelah melahirkan dan ketika mengasuh anak.

“Berangkat dari pemikiran tersebut, tahun 2020 lalu Mothercare Indonesia melahirkan sebuah blog bernama Modern Parent yang berisi tentang informasi terkait kehamilan, menyusui, dan mengurus anak. Blog ini dapat diakses melalui web Mothercare Indonesia.” ujarVasudev Kataria, Senior Vice President Mothercare Indonesia.

Konten yang disuguhkan Modern Parent bersifat ringan sehingga mudah untuk dipahami. Untuk menjaga kredibilitas konten, Modern Parent juga bekerja sama dengan para ahli dan bermitra dengan beberapa rumah sakit ternama, seperti RS Brawijaya dan RS Omni.

Selain Modern Parent, tentunya informasi seputar kesehatan bayi, balita, kehamilan, persalinan, dan parenting lainnya, juga bisa Moms dapatkan di www.motherandbaby.co.id. (Vonda Nabilla/SW/Dok. SIAPGRAK.COM, Mothercare)