Penonton berfoto di depan Jakarta International Stadium (JIS) usai menyaksikan pertandingan International Youth Championship (IYC), Jumat (15/4/2022). Stadion megah milik warga Jakarta berkapasitas 82 ribu penonton ini digunakan perdana dengan menghadirkan penonton secara terbatas. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Wacana JIS Jadi Lokasi Reuni 212, Ini Kata Pemprov DKI Jakarta

SIAPGRAK.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluruskan pemberitaan di media massa terkait rencana Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi kegiatan reuni 212.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat ini diutamakan untuk kegiatan olahraga.

“Perlu saya tegaskan bahwa JIS utamanya dibangun untuk kegiatan olahraga, mendorong lahirnya atlet-atlet kebanggaan Indonesia kelak. Ini untuk mengoreksi pemberitaan di media massa baru-baru ini mengenai rencana reuni 212 yang memakai JIS,” ujar Wagub Ariza dikutip dari situs PPID DKI Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

SIAPGRAK.COM

Foto udara memperlihatkan Jakarta International Stadium (JIS) yang baru selesai dibangun untuk menggelar pertandingan sepak bola dan konser musik, di Jakarta Utara, Minggu (17/4/2022). AFP/ADEK BERRY (AFP/ADEK BERRY)

Ahmad Riza Patria menjelaskan, JIS memang akan diperuntukkan sebagai ruang publik.

Hanya, untuk kegiatan yang bersifat non-olahrga, aturannya masih disusun oleh pihak pengelola JIS.

“Memang benar, ke depan JIS akan menjadi ruang publik, tempat warga bertemu dan berinteraksi dalam hal keagamaan, sosial, dan kebudayaan. Namun, untuk kegiatan non-olahraga tersebut, regulasi dan ketentuannya masih disusun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sehingga, untuk saat ini, belum bisa digunakan sebagai lokasi reuni 212,” terangnya lebih lanjut.

Dia menambahkan, seperti Gelora Bung Karno yang dapat dijadikan lokasi dari berbagai kegiatan, baik itu olahraga, sosial, hingga kampanye politik, ke depan JIS pun terbuka untuk kegiatan yang bersifat positif oleh berbagai kalangan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (DPD RI)

Akan tetapi, segala regulasi dan ketentuannya penggunaan JIS untuk kegiatan publik itu kini masih dimatangkan.

Tak hanya itu, sambungnya, JIS saat ini pun tengah dalam tahap finalisasi.

Stadion tersebut juga belum dilakukan grand launching, sehingga masih perlu dilakukan penjagaan serta pengawasan yang ketat.

"Pemprov DKI Jakarta turut mengajak seluruh masyarakat yang kelak akan menggunakan JIS sebagai tempat berkegiatan ke depannya untuk tetap menjaga seluruh fasilitas yang terdapat di JIS. Dengan begitu, JIS akan terus menjadi stadion kebanggaan di Jakarta dan memukau di mata dunia,".