Desain istana kepresidenan di ibu kota baru karya Nyoman Nuarta, yang sudah disetujui Presiden Jokowi Foto: Dok. Nyoman Nuarta

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan nama untuk ibu kota baru atau Ibu Kota Negara (IKN). Menurutnya, ibu kota baru yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu akan dinamakan Nusantara.

"Ada dua alternatif ibu kota negara, yang bernama Nusantara adalah satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus," ujar Suharso dalam rapat Pansus RUU IKN yang disiarkan virtual pada Senin (17/1).

"Yang selanjutnya disebut IKN itu dihilangkan menurut ahli bahasa, menjadi ibu kota negara yang bernama Nusantara, adalah satuan pemerintah daerah yang bersifat setingkat provinsi," sambung Suharso.

Pada kesempatan tersebut, Suharso mengungkapkan ada banyak opsi nama untuk pusat pemerintahan yang baru tersebut. Ia membacakan di antaranya Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Pertiwi Pura, Wana Pura, Cakrawala Pura, hingga Kertanegara.

Menurut Suharso, setidaknya ada 80 lebih opsi nama yang disampaikan ke pemerintah. Nama-nama tersebut ditawarkan oleh ahli bahasa, hingga ahli sejarah.

"Akhirnya dipilih kata Nusantara, tanpa ada kata Jaya. Itu nanti saya kira penjelasan lebihnya setelah diskors," jelas Suharso.