Irfan Jaya Bersinar, Shin Tae-yong Tak Masalah Ditinggal Egy Maulana Vikri
Winger PSS Sleman, Irfan Jaya, tampaknya bisa menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan Egy Maulana Vikri di Timnas Indonesia.

ANTALYA – Winger PSS Sleman, Irfan Jaya, tampaknya bisa menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan Egy Maulana Vikri di Timnas Indonesia. Keyakinan ini didapat setelah Irfan tampil impresif membela Tim Garuda melawan Timnas Myanmar di laga uji coba, Kamis (25/11/2021) malam WIB.

Kepastian Egy untuk bergabung ke skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 masih belum jelas. Klub Egy, FK Senica, diketahui tidak mengizinkan pemain kelahiran Medan tersebut untuk bertanding di Piala AFF secara penuh.

Senica diketahui hanya melepas Egy di atas 19 Desember 2021. Itu berarti, pemain asal Medan itu akan absen di babak penyisihan Piala AFF 2020. Pada babak tersebut, Indonesia bakal berhadapan dengan Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia.

FK Senica bukan tanpa alasan tidak memberikan izin kepada Egy. Pasalnya, Piala AFF 2020 itu bukanlah agenda resmi dari FIFA. Klub pun berhak untuk melarang pemainnya tampil dalam situasi tersebut.

Egy sendiri tidak tampak pada laga uji coba terbaru Timnas Indonesia melawan Myanmar Kamis (25/11/2021). Dia diketahui sudah berada di Slovakia untuk melakoni laga di kompetisi domestik. Hal ini membuat pelatih Shin Tae-yong menggunakan servis Irfan Jaya sebagai pengganti Egy.

Di luar dugaan, Irfan tampil bersinar pada laga tersebut. Dia bahkan mencetak satu gol pada menit ke-11. Berawal dari umpan terobosan Alfeandra Dewangga dari tengah lapangan, Irfan Jaya lolos dari jebakan offside dan melakukan penyelesaian gemilang untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Pria berusia 25 tahun itu tampil disiplin dan ngotot di sisi kiri lapangan. Dia dimainkan sebagai starter selama 67 menit, sebelum akhirnya digantikan oleh Ramai Rumakiek.

Melihat performa yang cukup apik, pelatih Shin Tae-yong diyakini tidak perlu kesulitan mencari pengganti Egy jika sang pemain akhirnya harus absen di ajang nanti. Pria asal Korea Selatan itu tinggal memoles Irfan Jaya, terutama terkait fisik dan teknik.

Eks pemain Persebaya itu juga memiliki keunggulan dalam hal kecepatan. Performa Irfan di klub PSS Sleman pun terbilang sedang on fire. Sepanjang gelaran Liga 1 2021-2022, Irfan sudah melesakkan enam gol dan tiga assist dari 10 kali bertanding.