kpop-feature.jpg

Demam musik asal Korea Selatan kini tengah melanda banyak remaja. Bukan cuma di negara-negara Asia, popularitas Kpop bahkan sudah diakui di kancah internasional. Sebagian Parentsbarangkali merasakan sendiri bagaimana anak remaja begitu tergila-gila dengan Kpop. Nah, kira-kira, apa, sih alasan remaja suka Kpop?

Kalau menelisik jauh ke dalam, sebenarnya eksistensi Kpop saat ini tak lepas dari campur tangan pemerintah Negeri Ginseng. Menyadari industri hiburan bisa menyumbang angka yang menjanjikan bagi pendapatan negara, maka pemerintah Korea benar-benar menaruh perhatian serius untuk mengembangkan industri tersebut.

Dari segi pengemasan sendiri, Kpop boleh dibilang sangat terkonsep. Didukung oleh penggunaan internet yang semakin masif, para bintang Kpop pada akhirnya mampu menjangkau lebih banyak penikmat musik.

10 Alasan Remaja Suka Kpop

Ada beragam alasan mengapa remaja menyukai Kpop. Mulai dari faktor penampilan fisik, panggung, hingga keterikatan emosional dengan idol. 

1. Wajah dan Fisik yang Menarik

alasan remaja suka kpop

Gambar: Kpop Wiki

Tak dapat dipungkiri, penampilan fisik adalah salah satu faktor kunci mengapa para idol Kpop begitu digandrungi. Banyak remaja menyukai musik Kpop bermula karena jatuh hati pada wajah paramember yang menawan.

Menariknya, berbeda dengan boyband barat era 90an yang cenderung menampilkan image maskulin, banyak member Kpop justru menampilkan kesan androgini. Namun bagi para penikmat Kpop, hal inilah yang justru jadi daya tarik tersendiri.

2. Musik yang Easy Listening dengan Tema Beragam

Gambar: Canva

Lagu-lagu yang dinyanyikan para idol Kpop terbilang enak didengar dan menempel di telinga. Makanya, lirik lagunya mudah dihafal para pencinta genre musik satu ini.

Tak hanya itu, dari segi tema pun musik Kpop berani mengeksplorasi banyak hal.  Lagu Kpop tidak hanya bertema cinta-cintaan, tetapi juga persahabatan, kerja keras, kesehatan mental, dan masih banyak lagi tema yang relevan dengan kehidupan remaja.

3. Dance dan Koreografi yang Seru Jadi Alasan Remaja Suka Kpop

alasan remaja suka kpop

Gambar: Teen Vogue

Untuk urusan yang satu ini Kpop tak perlu diragukan lagi. Para anggotanya benar-benar terdepan dalam menampilkan dancedan koreografi terbaik.

Faktanya, anak remaja tidak cuma menikmati Kpop sebagai musik yang didengarkan, tetapi juga luapan energi yang dialirkan lewat lagu. Remaja sering kali mengikuti danceyang dibawakan grup idola mereka sebagai bentuk ekspresi diri.

Artikel terkait: 7 Artis Kpop yang sudah menikah dan memiliki anak, ada idola Parents tidak?

4. Idol Kpop Multitalenta

alasan remaja suka kpop

Gambar: Wikipedia

Para artis Kpop biasanya tidak hanya punya satu bakat yang menonjol. Selain bisa bernyanyi pop dan jago koreografi, ada pula yang jago nge-rapatau berbakat memainkan alat musik tertentu.

Para idol ini juga punya kemampuan dalam bidang akting. Jangan heran, banyak di antaranya yang ikut mengambil peran dalam proyek film atau drama.

5. Video Musik yang Kreatif, Salah Satu Alasan Remaja Suka Kpop

alasan remaja suka kpop

Gambar: Canva

Salah satu hal yang dilakukan Kpop dengan sangat baik adalah penggunaan kostum dan warna secara kreatif dalam video musik. Ini menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat Kpop sangat disukai.

Sering kali, MV diramu dengan sangat detail dan konsep yang matang. Penggunaan efek, make up, pakaian, dan yang lainnya menghasilkan visual yang mampu menyihir.

6. Makeup dan Fashion yang Stylish Abis

Gambar: Canva

Makeupdan fashionala Korea kini telah menjadi kiblat baru bagi anak muda. Bintang Kpop membawa mode dan gaya berpakaian baru yang orisinalitasnya bahkan mampu melampaui bintang dari negara barat.

Contohnya G-Dragon, anggota boy groupBig Bang yang terkenal dan berprestasi. Tidak hanya dikenal luas karena bakat musiknya yang luar biasa, ia juga sering menjadi trendsetterdan ikon mode, lo, Parents.

7. Multibahasa

Gambar: Canva

Tidak hanya artis yang sangat berbakat dan berpenampilan menarik, atau video musik yang dieksekusi dengan sempurna, mereka juga sering memasukkan budaya lain ke dalam lagu. Misalnya penyanyi Kpop kerap memasukan bahasa Inggris ke dalam lirik lagu mereka. Dengan begitu, lagu Kpop dapat menjangkau lebih banyak remaja non-Korea. 

Artikel terkait: 5 Orang Tua Idol Kpop yang Terkenal, Ada yang Dijuluki Michael Jackson Korea

8. Kepribadian dan Kisah Hidup

alasan remaja suka kpop

Gambar: Soompi

Idol Kpop juga terkenal dengan kepribadiannya yang unik sekaligus memikat. Didukung dengan bakat yang mumpuni, faktor inilah yang membuat para member menonjol dan punya penggemar fanatik masing-masing.

Selain itu, perjuangan para idol tersebut untuk mencapai titik keberhasilan juga patut diacungi jempol. Tidak sedikit dari mereka yang lahir dari keluarga biasa-biasa saja kemudian bertransformasi menjadi bintang.

9. Menginspirasi dan Memotivasi, Alasan Remaja Suka Kpop

Gambar: Canva

Tak ada idol Kpop yang bisa meraih kesuksesan dalam waktu singkat. Mereka harus melalui perjalanan panjang untuk menggapai popularitas, bahkan berjuang sebagai traineeselama bertahun-tahun.

Dari kisah perjuangan itulah, tak sedikit penggemar Kpop yang menjadi termotivasi dan memahami arti kerja keras. Kecintaan Kpopers terhadap idolanya memang bukan melulu didasarkan pada penampilan fisik atau performa di atas panggung.

10. Ikatan Emosi yang Dibangun Melalui Fandom

Gambar: Canva

Sebuah studi tahun 2011 mengamati bagaimana penggemar Kpop mampu membangun jaringan internasional, melalui fandom Kpop yang digerakkan lewat platform media sosial. Lantaran memiliki minat dan semangat yang sama dalam Kpop, para fansini membangun hubungan emosional yang kuat satu sama lain meskipun memiliki latar belakang budaya dan negara yang berbeda. 

Kerja sama yang solid bukan hal baru bagi para Kpopers. Sebut saja, penggemar Kpop dari berbagai negara sering merencanakan dan melaksanakan proyek internasional untuk mendukung bintang favorit mereka. 

Itulah berbagai alasan remaja suka Kpop. Apakah buah hati Parents salah satu yang mengidolakannya?