Imelda Marcos/ Foto: Instagram: @imeldaromualdez
Imelda Marcos/ Foto: Instagram: @imeldaromualdez

Imelda Marcos adalah istri dari diktator Ferdinand Marcos yang memimpin Filipina pada 1980-an. Di 1986, di masa kejayaan suaminya berkuasa, Imelda menempati berbagai posisi strategis. Selain itu, ia dikenal sebagai simbol keroyalan, tapi kebanyakan masyarakat malah menilainya sebagai ibu negara yang boros, Bunda. Kenapa?

Ya, Imelda sendiri berusaha menciptakan citranya agar 'sejajar' dengan kaum elite barat. Pada 2 Juli 2021 lalu, Imelda Marcos genap berusia 92 tahun. Di usianya yang senja itu, rupanya masih ada sebagian masyarakat bahkan mantan tahanan militer berharap ia dipenjara.

Mengutip ABS CBN, kelompok mantan tahanan politik selama era darurat militer memberi 'salam' pada Imelda saat berulang tahun. Dalam sebuah pernyataan, Samahan ng Ex-Detainees Laban sa Detensyon at Aresto (SELDA) Filipina mengatakan bahwa mereka ingin Imelda segera ditangkap.

"Satu-satunya ucapan yang akan diterima Imelda Marcos dari kami adalah keinginan kami untuk penangkapannya sesegera mungkin," ucapnya.

"Saat dia berkeliaran dengan bebas di rumahnya yang mewah dan merayakan ulang tahunnya dengan gayanya yang mewah, kami akan selalu diingatkan akan kejahatannya dan keluarganya serta penjarahan kas negara," kata Rosalia Bacarra, sekretaris jenderal SELDA.

"Kami tidak akan pernah goyah untuk menuntut dan memperjuangkan keadilan dan akuntabilitas. Penjara Imelda sekarang."

Pada 2018, Divisi ke-5 Sandiganbayan menyatakan Imelda Marcos bersalah dalam 7 dakwaan korupsi karena menggunakan posisi Kabinetnya untuk mengelola rekening bank Swiss selama kepresidenan dan kediktatoran suaminya dari tahun 1965 hingga 1986.

Imelda pun dijatuhi hukuman penjara tidak kurang dari 42 tahun, di mana ada 6 hingga 11 tahun untuk setiap dakwaan.

Hampir 3 tahun sejak hukumannya, bagaimanapun, Imelda Marcos belum menjalani hukuman penjara setelah Sandiganbayan mengizinkannya untuk mengirim jaminan sambil menunggu bandingnya.

Simak juga fakta di balik wawancara viral Putri Diana sebelum meninggal: