Permintaan Bardock Beneran Menyelamatkan Goku dan Raditz Dulu?

Salah satu hal menarik dari Dragon Ball Super 83 adalah permintaan Bardock ke Dragon Ball (yang disampaikan Monaito). Pada dasarnya, Bardock meminta anak-anaknya bisa tumbuh dengan baik.

Goku dan Raditz kemudian berujung bisa tumbuh dewasa, meski sebagian besar bangsa Saiyan musnah.

Apakah permintaan Bardock benar-benar mempengaruhi hal itu? Saya awalnya sempat ragu, tapi di bab 84 Vegeta rupanya merasa demikian.

1. Permintaan Bardock

Mari kita mengingat lagi kejadian di Dragon Ball Super 83.

Monaito menggunakan Dragon Ball dari planet Cereal. Awalnya, Monaito ingin menggunakan permintaannya kepada Toronbo, sang dewa naga Cereal, untuk mengirim Bardock pulang. Bardock menolak.

Saat kemudian Monaito menanyakan apa ada permintaan lain yang bisa dia buat untuk Bardock, Bardock hanya meminta supaya anak-anaknya bisa tumbuh dengan baik.

Pertama kali saya membaca permintaan itu, saya bertanya-tanya apakah Goku dan Raditz selamat dari kehancuran planet Vegeta dan bisa tumbuh dewasa karena permintaan itu.

Kemudian Vegeta benar-benar mengatakan itu di bab 84.

2. Vegeta menyorot kalau Goku dan Raditz selamat saat mereka muda karena Dragon Ball

Di Dragon Ball Super 84, Vegeta dengan kesal mengatakan soal Raditz dan Goku selamat saat mereka masih muda karena permintaan Dragon Ball. Vegeta merasa itu tidak adil.

Kalau misalnya ucapan Vegeta ini salah, seharusnya Monaito akan membantahnya. Berhubung Monaito yang menyampaikan permintaan itu ke Dragon Ball.

Tapi Monaito tidak membantah ucapan Vegeta itu. Jadi sepertinya permintaan Bardock, yang disampaikan Monaito, memang menjadi salah satu faktor Raditz dan Goku bisa selamat dari masa anak-anak mereka dan tumbuh dewasa.

3. Dulu, Raditz dan Goku selamat dari kehancuran planet Vegeta

Planet Vegeta dihancurkan oleh Frieza. Bardock dan Gine, ayah dan ibu Goku serta Raditz, termasuk yang jadi korban.

Sebelum kehancuran, Bardock berhasil mengirim Goku ke Bumi.

Sementara itu, ketika planet Vegeta hancur, Raditz tidak di planet. Dia bersama Vegeta dan Nappa.

Dulu sih, keselamatan keduanya terasa karena hasil usaha Bardock (untuk Goku) serta keberuntungan (untuk Raditz). Namun setelah permintaan Bardock di bab 83, serta kemudian ucapan Vegeta di bab 84, saya bertanya-tanya apa permintaan Bardock benar-benar mempengaruhi keselamatan anaknya.

Raditz sih kemudian mati di Saiyan Saga, dan belum dibangkitkan lagi. Jadi kalau Raditz benar-benar dilindungi permintaan itu, maka permintaan itu berhenti membantunya ketika dia dewasa.

Ini mungkin berlaku juga untuk Goku.

Gimana menurut kamu soal permintaan Bardock sepertinya beneran menyelamatkan Goku dan Raditz dulu? Sampaikan di kolom komentar!