YouTube Dapur Bincang Online
Pasangan Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny

SIAPGRAK.COM - Kasus perceraian Vicky Prasetyo dengan Kalina Ocktaranny menyedot perhatian khalayak.

Seperti diketahui, pasangan ini termasuk lumayan sering mengumbar kisah rumah tangganya, dan tidak jarang memunculkan kontroversi di masyarakat.

Tidak hanya kali ini, Vicky Prasetyo terhitung membuat sensasi di tengah masyarakat, seperti pertunangannya yang gagal dengan penyanyi Zaskia Gotik, hingga pernikahan terdahulunya dengan Angel Lelga yang juga ramai diperbincangkan oleh banyak orang.

Tak bisa dipungkiri, kontroversi yang ada akan semakin membuat seseorang diperhatikan oleh publik.

Tidak jarang, kesempatan ini kembali menaikkan popularitas yang tentunya memberikan keuntungan ekonomi dengan datangnya tawaran-tawaran dari berbagai pihak.

Banyak yang menyakini, semakin kontroversi maka akan terbuka juga peluang untuk mendatangkan uang.

 

Terkait kehebohan kontroversi Kalina Oktarani gugat cerai suami, Vicky Prasetyo, Psikolog Klinis Kurniasih Ayu Archentari, M.Psi turut angkat bicara saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Ayu menjelaskan, biasanya orang yang menjual kontroversi adalah orang-orang yang mempunyai kebutuhan akan diperhatikan orang yang cukup besar.

“Karena dengan kontroversi mereka akan semakin banyak diperhatikan,” ujar Ayu.

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan yang bersangkutan mempunyai gangguan kepribadian tertentu, dan juga kontroversi-kontroversi yang diciptakan banyak melanggar norma-norma sosial.

Motif kontroversi Vicky Prasetyo dan Kalina bercerai

Kehebohan dan kontroversi perceraian Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny, Ayu menjelaskan, motif dari pelaku yang menciptakan kontroversi sangat beragam.

Salah satunya, ingin diperhatikan oleh banyak orang tapi kurangnya kontrol diri sehingga membuat skandal yang tidak sesuai norma sosial.

“Bisa juga karena murni mengejar nafsu semata, bisa juga karena iseng, dan lainnya,” tutur Ayu.

Di sisi lain, sering terdengar kabar nikah settingan oleh para artis di Tanah Air.

Untuk hal ini, Ayu menyampaikan bahwa orang yang melakukannya kemungkinan menganggap pernikahan bukanlah sesuatu yang sakral atau tanggung jawab seumur hidup.

“Jadi hanya memikirkan kesenangan diri sendiri dan tidak berpikir jangka panjang,” jelas dia.

 

Dampak kontroversi

Perilaku menciptakan kontroversi lewat kabar nikah settingan, lalu berakhir dengan perceraian, seperti yang sedang dilakukan Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny, ini akan memberikan dampak tertentu.

Salah satunya, apabila kontroversi yang diciptakan mendukung keinginan dari pelaku seperti perhatian, uang, atau kebutuhan-kebutuhan lainnya, maka perilaku cenderung akan berluang.

“Karena seakan-akan mendapat penguatan dari masyarakat bahwa perilaku yang dia lakukan ternyata mendapatkan feedback yang sesuai dengan keinginannya,” tutur Ayu.

Selain itu, dampak membuat kontroversi ini pada orang lain yang mempunyai kebutuhan serupa, dibarengi kurangnya kontrol diri maka berpotensi akan meniru untuk melakukan hal yang sama.

Penulis : Mela Arnani Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas