Kento Momota. Credit. BWF.
Tim bulu tangkis putra Indonesia akan berhadapan dengan Jepang pada semifinal Piala Thomas hari ini. Simak perbandingan kekuatan kedua tim.

SIAPGRAK.COM, Jakarta - Tim bulu tangkis putra Indonesia akan berhadapan dengan Jepang pada semifinal Piala Thomas (Thomas Cup) 2022 di Bangkok, Jumat, 13 Mei 2022.

Seperti apa peluang Indonesia dalam laga nanti? Bisa dikatakan tak akan semudah saat mengalahkan Cina dengan skor 3-0 pada babak perempat final.

Jepang lolos dengan lebih berkeringat, menang 3-2 atas Tiawan, tapi secara peringkat per pemain mereka bisa jadi lawan sulit bagi Indonesia. Para pemain Jepang memiliki ranking jauh lebih baik dari Cina, yang belakangan seperti kehilangan nama besarnya dan tampil tanpa satu pun pemain di posisi 10 besar dunia.

Jepang justru memiliki Kento Momota yang saat ini menempati peringkat kedua dunia, di bawah Viktor Axelsen (Denmar). Yang sedikit menguntungkan Indonesia, belakangan kondisi Momota belum sepenuhnya prima setelah didera cedera dan sempat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Indonesia juga diuntungkan karena memiliki dua pemain di posisi 10 besar di jajaran tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting (posisi kelima) serta Jonatan Christie (8). Dua tunggal putra Jepang di bawah Momota adalah Kanta Tsuneyama (14) dan Kenta Nishimoto (20). Keduanya unggul dari Hiren Rhustavito (24).

Di sektor ganda, Indonesia unggul dari segi peringkat. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo ada di peringkat pertama, diikuti Hendra Setiawan/Mohmmad Ahsan di peringkat kedua. Namun, Marcus absen karena baru pemulihan usai operasi. Kevin pun dalam dua laga dipasangkan dengan Ahsan.

Secara total ada tiga ganda Indonesia di posisi 10 besar. Sedangkan Jepang memiliki dua wakil. Karena kadang para pemain turun dengan pasangan yang bukan aslinya, peringkat itu pun bisa jadi tak mencerminkan kekuatan sebenarnya. Karena itu sangat menarik untuk melihat aksi para pemain Indonesia dan Jepang dalam duel semifinal Piala Thomas nanti.

Perbandingan peringkat pemain bulu tangkis Indonesia dan Jepang:
Tunggal Putra Indonesia

Pemain Usia Peringkat Anthony Sinisuka Ginting 25 5 Jonatan Christie 24 8 Shesar Hiren Rhustavito 28 24 Tegar Sulistio 19 496 Syabda Perkasa Belawa 20 626

Tunggal Putra Jepang

Pemain Usia Peringkat Kento Momota 27 2 Kanta Tsuneyama 25 14 Kenta Nishimoto 27 20 Kodai Naraoka 20 45 Riku Hatano 20 201

Ganda Putra Indonesia

Pemain Usia Peringkat Kevin Sanjaya Sukamuljo 26 1 Mohammad Ahsan 34 2 Hendra Setiawan 37 2 Fajar Alfian 27 8 Muhammad Rian Ardianto 26 8 Bagas Maulana 23 20 Muhammad Shohibul Fikri 22 20

Ganda Putra Jepang

Pemain Usia Peringkat Takuro Hoki 26 4 Yugo Kobayashi 26 4 Yuta Watanabe 24 5 Akira Koga 28 23 Taichi Saito 29 23 Yoshinori Takeuch i 29 32 Keiichiro Matsui 27 32

Indonesia berstatus juara bertahan dan sudah 14 kali menjadi juara di Piala Thomas. Tim Merah Putih menjadi yang paling sering juara, unggul 4 trofi dari Cina.