Foto: Instagram @audimarissa
Foto: Instagram @audimarissa

Audi Marissa tampaknya sedang menikmati masa-masa bahagianya membesarkan sang anak, Anzel Maverick Xie, yang baru berusia 1 tahun. Meski begitu, setelah punya bayi laki-laki, sebenarnya Audi mendambakan kehadiran seorang bayi perempuan, Bunda.

Meski begitu, istri dari Anthony Xie ini memendam keinginannya tersebut dan memutuskan untuk menundanya. Sebenarnya apa alasannya ya Bunda?

Keinginan menunda momongan itu diutarakan Audi saat menjawab salah satu follower-nya di Instagram, Bunda. Audi ditanya ia memiliki rencana hamil saat Anzel berusia berapa tahun.

"Tadinya kan mau jeda 1 tahun ya. Nah Anzel udh 1 tahun nih tp aku belum mau hamil dulu karena pengen liburan dulu bertiga," jawab Audi melalui akun @audimarissa.

Selain ingin liburan, Audi punya alasan lain untuk menunda kehamilan. Ia ingin sekali terlebih dahulu bertemu dengan keluarga sang suami di Taiwan.

"Terus mau ketemu keluarga suami dulu di Taiwan. Nah kalo udh ke Taiwan kayaknya mau program hamil anak cewe hehe semoga yaaa…. udh konsul juga sama dokter @thomaschayadi wkwkwk," tulisnya.

Pasangan yang menikah pada 12 September 2020 ini memang semula tak berniat menunda momongan Bunda sehingga memutuskan untuk menggunakan KB alami. Meski begitu, keputusan Audi untuk menunda kehamilan tampaknya juga merupakan keputusan bersama. Apalagi sang anak pertama Anzel masih berusia 1 tahun ya Bunda.

Lalu, sebenarnya kapankah waktu paling ideal untuk kembali hamil atau hamil anak kedua?

"Jika ibu memiliki kondisi kesehatan fisik dan emosional yang bagus, disarankan, untuk kembali hamil lagi hingga anak sebelumnya berusia 18 bulan, kata Patrice Harold, OBGYN, dari Detroit Medical Center's Hutzel Women's Hospital.

Organisasi Kesehatan Dunia pun merekomendasikan agar ibu memiliki jeda hingga 2 tahun untuk hamil kembali. "Penelitian menunjukkan interval kehamilan lebih pendek dari 18 bulan terkait dengan risiko kelahiran prematur hingga berat badan bayi lahir yang rendah," jelas Dr Harold.

Lalu, bagaimana untuk tahu apakah Bunda dan Ayah sudah siap untuk merencanakan kehamilan kedua? Simak di halaman berikutnya

Saksikan juga video tentang 5 tips dari obgyn agar Bunda bisa cepat hamil: