Kisah Nyata Dr Cline di Film Dokumenter Our Father / Foto: Dok. Netflix
Kisah Nyata Dr Cline di Film Dokumenter Our Father / Foto: Dok. Netflix

Seorang dokter asal Indiana, Amerika Serikat menghebohkan publik dengan perbuatannya yang keji. Dokter spesialis kesuburan itu diam-diam menghamili puluhan pasien lewat proses inseminasi buatan.

Dia adalah Donald Cline, seorang dokter fertilitas yang memiliki reputasi bagus di masyarakat pada tahun 1970-an. Namun tak banyak yang tahu bahwa lebih dari 10 tahun, ia diam-diam melakukan perbuatan jahat.

Dr Cline merupakan dokter fertilitas yang kerap dipercaya oleh pasien yang mendambakan anak. Namun keahliannya itu justru disalahgunakan, Bunda.

Pria tersebut diam-diam menanamkan benih spermanya kepada para pasien melalui proses inseminasi buatan. Padahal, beberapa pasien membawa pasangan sah mereka dan menyerahkan sperma mereka untuk ditanamkan di rahim sang istri.

Akan tetapi, dr Cline secara keji menukar sperma tersebut dengan miliknya sendiri. Hal itu terus dilakukannya hingga memiliki lebih dari 50 anak tanpa sepengetahuan orang tua mereka.

Perbuatan keji itu tak pernah diketahui oleh siapa pun, hingga suatu ketika salah satu korban dr Cline mengetahui asal-usulnya.

Dia adalah Jacoba Ballard, wanita yang menyimpan keraguan di hatinya ketika menyadari perbedaan fisik antara dia dengan ibunda. Jacoba merupakan wanita berambut pirang dan mata biru cerah.

Sedangkan sang Bunda merupakan wanita berambut cokelat tua dan mata gelap. Perbedaan fisik itu membuat Jacoba tumbuh dengan rasa penasaran. Apalagi, sang Bunda pernah mengakui bahwa ia dikaruniai Jacoba dari donor sperma.

Setelah dewasa, ia pun bertekad menjawab rasa penasaran itu dengan menjalani tes DNA. Ternyata, hasil tes DNA mengungkapkan bahwa ia tidak hanya memiliki dua atau tiga saudara yang memiliki DNA sama, melainkan tujuh.

Hal itu membuat Jacoba merasa sangat ganjil, karena bibit sperma dari pendonor idealnya hanya boleh dilakukan maksimal tiga kali dalam proses inseminasi buatan.

Ia pun memutuskan mencari saudara tirinya satu persatu. Setiap penelusuran berujung pada fakta yang semakin besar. Ia menemukan puluhan saudara tiri yang ketika dilacak, berasal dari klinik fertilitas milik dr Cline. Baca di halaman selanjutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang tradisi unik dari berbagai negara untuk menyambut kelahiran bayi: