10 Anti-Hero Terbaik di Komik, Ada Black Adam dan Deadpool!

Seperti yang kita tahu, kini dunia komik superhero tidak hanya diisi oleh pahlawan-pahlawan. Ada karakter anti hero yang kehadirannya mewarnai kisah-kisah di komik.

Apa sih anti-hero itu?

Sederhananya, begini. Hero ideal dalam cerita adalah Superman, tokoh yang moralnya luar biasa, dan selalu berusaha tidak membunuh musuhnya.

Sedangkan anti hero adalah orang-orang yang berbeda dari hero ideal dengan moral lebih kelabu dan mereka awamnya tidak ragu membunuh target mereka, meski itu dianggap salah oleh hukum.

Nah, siapa saja anti-hero terbaik di komik? Ini daftarnya!

1. Marv

Komik Sin City karya Frank Miller membawa komik kriminal menjadi populer di tahun 90-an.

Sin City ini menyajikan berbagai cerita terpisah. Marv ini jadi sorotan antara lain di kisah "The Hard Goodbye."

Di situ Marv diperlihatkan sebagai karakter yang sangat kuat, berbahaya, dan tak ragu menghabisi musuh dengan sadis. Meski begitu, jika dihadapkan dengan para penjahat Basin City, Marv tetap terasa sebagai salah satu karakter dengan moral baik.

Dia terasa sebagai gambaran klasik anti-hero. Jenis hero yang mungkin paling tepat untuk Basin City yang korup.

2. Bucky Barnes

Kali ini ada karakter anti hero yang berasal dari komik Marvel, yaitu Bucky Barnes. Karakter yang juga dikenal sebagai Winter Soldier ini menjadi bagian penting dalam keberlangsungan Marvel Cinematic Universe (MCU).

Sempat menjadi karakter yang dibenci karena aksinya sebagai penjahat, namun perlahan Bucky kembali disukai oleh penggemar berkat bantuan Captain America.

Bucky versi MCU bahkan terasa mulai beralih menjadi hero sepenuhnya di The Falcon and The Winter Soldier. Dia bahkan seperti sengaja menahan diri selama seri itu.

3. Red Hood

Selanjutnya ada Red Hood yang merupakan versi buruknya dari karakter Robin. Red Hood digambarkan sebagai karakter yang lebih banyak bicara dan juga kejam. Sempat menjadi pahlawan dan bergabung kembali dengan Bat Family, namun Red Hood tetap mempertahankan metodenya yang sadis.

4. Spawn

Beralih ke anti hero bernuansa horor, kali ini ada Spawn dari komik Image yang terkenal di tahun 1990-an.

Ia merupakan seorang pembunuh yang dibangkitkan dalam kesepakatan dengan iblis Malebolgia. Spawn digambarkan dengan jubah besar, rantai, paku dan juga perangai yang buruk.

Spawn termasuk karakter komik di luar Marvel dan DC yang paling dikenal fans!

5. Deathstroke

Lalu ada Deathstroke, tentara bayaran berkekuatan super yang bertanggung jawab dalam banyak kejahatan.

Awamnya, Deathstroke adalah villain. Sosok yang bisa berbahaya untuk dihadapi oleh Teen Titans atau Justice League.

Namun ada juga skenario dimana Deathstroke berada di sisi "baik." Awamnya, meski berada di sisi "baik" pun Deathstroke masih tak ragu membunuh, membuat dia menjadi anti-hero.

6. The Punisher

Karakter satu ini memulai debutnya sebagai seorang pembunuh bayaran yang disewa untuk memburu Spider-Man. The Punisher menjadi salah satu anti hero terbaik Marvel di komik karena latar belakangnya yang tragis.

Punisher mungkin berada di sisi baik karena targetnya adalah kriminal. Namun berhubung solusinya menyelesaikan kriminal adalah pembunuhan massal, gak diragukan lagi kalau dia itu minimal anti-hero. Bahkan dia sebenarnya hampir bisa disebut villain protagonist.

7. Black Adam

Black Adam menghabiskan waktunya bertahun-tahun sebagai penjahat yang melawan Shazam. Walaupun bertindak sebagai anti hero yang gemar kekerasan, namun karakter satu ini justru disukai banyak penggemar. Hal itu dikarenakan Black Adam memiliki alasan tersendiri dalam melakukan sesuatu dan para penggemar sangat berempati dengan apa yang telah dilalui olehnya.

Seperti Deathstroke, di beberapa skenario, Black Adam adalah villain berbahaya.

Namun ada juga skenario dimana Black Adam berada di sisi hero. Bahkan ada skenario dimana dia gabung Justice League! Meski berada di sisi hero pun biasanya Black Adam masih memiliki sisi kelam, yang membuat dia lebih cocok disebut sebagai anti-hero.

8. Deadpool

Dikenal akan tingkah konyolnya, Deadpool pun tidak butuh waktu lama untuk menarik hati penggemar. Ia awalnya dibuat sebagai tentara bayaran yang digunakan untuk melawan X-Force.

Namun berkat meningkatnya popularitas, Deadpool pun akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi bintang solo.

Sisi komedi Deadpool mungkin lucu, tapi tetap saja dia adalah prajurit bayaran yang tak ragu membunuh musuh.

9. Harley Quinn

Memulai debutnya sebagai kekasih Joker di komik Batman: The Animated Series, Harley Quinn seketika mampu mencuri perhatian penggemar. Tingkahnya yang unik dan kejam membuat penggambaran karakternya disukai oleh banyak orang.

Awalnya, Harley Quinn adalah villain. Namun dia sekarang lebih sering disajikan sebagai anti-hero, dimana meski dia masih tak ragu membunuh, dia berada di sisi baik.

Bahkan karakternya di The Suicide Squad versi film pun bisa disebut begitu.

10. Wolverine

Bagi kalian penggemar Marvel, maka karakter satu ini sudah tidak asing lagi untuk didengar. Ia adalah Wolverine, salah satu anggota dari X-Men yang paling populer.

Wolverine sendiri banyak dianggap sebagai anti hero terbaik di dunia dan berperan penting dalam dunia komik, khususnya Marvel.

Wolverine sendiri disebut anti-hero karena awamnya dia disajikan tidak ragu membunuh musuh dengan cakar-cakar adamantiumnya.

Itulah 10 anti-hero terbaik di komik yang mungkin belum kamu ketahui. Ada karakter favoritmu?