6 Artis Korea Utara di Drakor, Bagaimana Nasib Mereka?
Artis Korea Utara di drakor ternyata tidak kalah berbakat dalam keahlian aktingnya dengan deretan artis negara tetangganya Korsel. Walaupun industri musik dan hiburan adalah hal yang cukup tabu di Korea Utara, namun para seniman dan artis disana tidak kehilangan akal untuk bisa hidup di ranah tersebut.

JAKARTA, SIAPGRAK.COM - Artis Korea Utara di drakor ternyata tidak kalah berbakat dalam keahlian aktingnya dengan deretan artis negara tetangganya Korsel.

Walaupun industri musik dan hiburan adalah hal yang cukup tabu di Korea Utara, namun para seniman dan artis disana tidak kehilangan akal untuk bisa hidup di ranah tersebut.

Aturan negara Korea Utara yang ketat juga cukup menahan para artis untuk berkembang pada dunia luar sebab hiburan seperti musik dan film hanya bisa dimainkan atas persetujuan dari pemerintah.

Adanya beberapa kepentingan politik luar negeri, akhirnya membuat Korea Selatan dan Korea Utara terpecah menjadi dua negara dengan ideologi politik yang berbeda. Korea Utara dengan ideologi komunis dan Korea Selatan dengan ideologi liberalis.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2022) SIAPGRAK.COM telah merangkum artis Korea Utara di drakor, sebagai berikut.

Artis Korea Utara di Drakor

1. Pak Mi Hyang

Schoolgirl's Diary adalah salah satu drama Korea yang pernah dibintangi oleh Pak Mi Hyang. Kemampuan akting Pak Mi Hyang pun dalam film ini benar-benar diuji sebab pertama kalinya dalam sejarah, film Korea Utara diputar pada festival film internasional Cannes kala itu.

Memerankan tokoh Su Ryeon pada film Schoolgirl's Diary, Mi Hyang sangat dipercaya oleh sutradara film ini bernama Jang In Hak. Selain ditayangkan di Cannes, film ini juga hadir pada Pyongyang International Film Festival 2006.

2. Jeon Hye Sung

Jeon terkenal di Korea Selatan setelah muncul di acara talk show Moranbong Club. Namanya juga makin naik saat mengisi acara reality show berjudul South Korean Men and North Korean Women.

Dirinya merupakan perempuan kelahiran Korea Utara yang sempat mengasingkan diri ke Korea Selatan karena kebutuhan ekonomi di 2014. Pernah mengisi beberapa drama dan serial TV Korea, namun akhirnya dirinya kembali ke negaranya karena rindu akan orang tuanya.

3. Hong Yong Hui

Yong Hui merupakan seorang aktris asal Korea Utara yang terkenal berkat drama filmnya yang bertajuk The Flower Girl. Film tersebut menceritakan tentang tokoh Kotpun (Hong Yong Hui) seorang gadis pedesaan yang hidup di bawah kesulitan ekonomi karena pendudukan Jepang. Kotpun menjual azalea liar untuk membeli obat ibunya yang sakit parah.

Pada film ini, dirinya debut ketika berusia 17 tahun. Peran ini juga membuatnya mendapatkan penghargaan, membuatnya menjadi bintang nasional. Dirinya juga sempat memperoleh gelar Aktris Rakyat pada 1980 dan memenangkan beberapa medali termasuk Bendera Nasional Kelas Satu.

4. Kim Ryon Hwa

Aktris kelahiran Pyongyang pada 1973 ini terjun ke dunia akting dan membintangi beberapa peran dalam drama film seperti We Live Here dan Trunks Grow From Roots.

Salah satu aktingnya yang paling diingat adalah ketikan perannya sebagai mata-mata yang sangat terlatih dalam serial Red Balsam.

5. Woo In Hee

Woo In Hee juga salah srtis Korea Utara di drakor yang cukup terkenal. (Foto: SIAPGRAK.COM/WikiAsian)

Aktris asal Korea Utara yang terjun di industri hiburan Korea Selatan ini terkenal pada era 1960-an dan telah berakting di puluhan judul film. Perannya yang paling diingat adalah ketika membintangi drama film The Tale of Chunhyang dan The Girl from Diamond Mountain.

In Hee meninggal mengenaskan pada 1981. Dirinya dieksekusi Kim Jong Il, putra Kim Il Sung yang kala itu memimpin Korea Utara, karena membocorkan hubungan rahasia mereka.

6. Jang Son Hui

Son Hui dikenal saat membintangi film drama Nobody Knows pada 1991. Perannya sebagai seorang wanita patah hati menarik perhatian penonton kala itu. Dirinya lahir pada 1964 di Pyongyang, Korea Utara.

Ternyata, Son Hui sempat bekerja sebagai pramugari setelah lulus sekolah. Karirnya dimulai pada Mei 1983, saat membintangi serial drama Love, Love, My Love.