Ilustrasi sekolah ditutup/ Foto: Getty Images/GlobalStock
Ilustrasi sekolah ditutup/ Foto: Getty Images/GlobalStock

Ada kabar kurang menyenangkan, Bunda. Sejumlah siswa dan guru di sekolah Jakarta baru-baru ini terpapar Corona. Akibatnya, belasan sekolah ditutup atau menyetop sementara pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

Sejauh ini sekolah yang ditutup sementara tersebar di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Total ada 13 siswa dan guru yang kena Corona, satu di antaranya suspek Omicron.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Timur Linda Romauli mengungkapkan, di wilayahnya jenjang sekolah yang ditutup terdiri dari SD hingga SMA.

"Ada enam sekarang berkembang. Semua jenjang kena. SD ada SMP, SMA, SMK ada," kata Linda saat dihubungi, Kamis (13/1/2022).

Ia menuturkan, satu kasus positif COVID-19 suspek Omicron di SMA 71 Jakarta. Pemkot Jaktim langsung menutup sementara enam sekolah tersebut. Selama penutupan, Pemkot melakukan desinfeksi lingkungan sekolah hingga melanjutkan contact tracing.

"Supaya benar-benar steril. Kita lebih mengutamakan keselamatan anak-anak," ujarnya.

Sementara itu, ada lima sekolah di Jakarta Selatan yang juga ditutup karena kasus Corona. Di Jaksel ada tujuh siswa dan guru yang terkonfirmasi positif COVID.

"Ya, betul," ujar Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan, Abdul Rachem, saat dikonfirmasi, Kamis (13/1/2022).

Akibat temuan itu, metode belajar tatap muka dihentikan sementara. Sejumlah sekolah memutuskan untuk mengganti metode belajar secara dari rumah. Pemkot Jaksel melakukan sterilisasi hingga tracking kepada peserta didik yang kontak erat dengan kasus positif.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.